1/16/06

Berbisnis Tanpa Meninggalkan Keluarga


Disarikan dari : Republika Online : http://www.Republika.co.id
Dimuat di harian Republika hari Senin, Tanggal 11 April 2005


Berbisnis Tanpa Meninggalkan Keluarga
Siapa bilang wanita tidak bisa berbisnis sambil tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu? Mari tengok Desi Marwati (26 tahun). Ibu satu anak bernama Chika (satu tahun) itu mampu menjalankan kegiatan usaha sambil mengasuh anak semata wayangnya. ''Saya merintis usaha ritel syariah dengan membuka showroom Foodland Shohib di Cilegon,'' katanya.

Tokonya berlokasi di Jalan Perjuangan Kavling Blok D No 20, Cilegon, Provinsi Banten. Showroom Foodland itu menjual beraneka macam kebutuhan masyarakat, terutama sembako, makanan ringan, air kemasan, dan produk-produk kebutuhan rumah tangga lainnya.

Desi menjaga tokonya bersama dengan seorang karyawan wanita yang merupakan tetangganya. Jarak dari rumahnya ke toko tersebut sekitar 15 menit dengan sepeda motor. ''Saya biasanya membuka toko sekitar pukul sembilan pagi, setelah pekerjaan rumah tangga beres. Anak saya bawa ke toko, sehingga dapat tetap saya urus. Di bagian belakang toko, saya menyiapkan kasur untuk anak, dan sejadah serta mukena untuk keperluan shalat. Pukul tujuh malam toko tutup, sehingga saya dapat segera pulang ke rumah,'' paparnya.

Suami Desi, seorang konsultan migas yang saat ini bertugas di Caltex, Riau, berpesan kepadanya agar jangan ngoyo (memaksakan diri) dalam bisnis. ''Bisnis itu penting dan berguna bagi seorang istri, namun jangan sampai melalaikan tugas mulia sebagai ibu rumah tangga. Itu pesan suami saya yang selalu saya pegang teguh,'' tuturnya. Menurutnya, berbisnis atau berusaha itu mempunyai arti penting bagi seorang istri. ''Dengan berbisnis kita mempunyai kegiatan positif, terhindar dari kejenuhan, dan memiliki uang sendiri yang antara lain dapat kita gunakan untuk bersedekah atau menolong kerabat dan saudara yang mengalami kesulitan,'' paparnya.

Selain itu, tambah Desi, berbisnis bagi seorang istri juga penting sebagai back-up sumber pendapatan keluarga. ''Ini sangat berguna untuk berjaga-jaga kalau-kalau suami sebagai motor ekonomi keluarga menghadapi masalah, misalnya pemutusan hubungan kerja (PHK),'' ungkapnya. Presiden Direktur/CEO Foodland, Novian Mas'ud mengatakan kini tren bisnis, khususnya di negara-negara maju, mengarah ke bisnis yang dikerjakan di rumah. ''Di era moderen saat ini, makin banyak jenis bisnis yang dapat dikerjakan di rumah atau dari rumah tanpa harus kehilangan waktu untuk keluarga. Makin banyak pengusaha yang berkantor di rumah. Hal ini pun mulai banyak kita jumpai di Indonesia,'' ujarnya.

Lelaki yang sembilan tahun bermukim di Amerika Serikat itu mencontohkan sebuah kasus di Seattle, AS. Pada tahun 1994 ada seorang wanita beranak tiga yang terkena PHK di perusahaan tempatnya bekerja. Untuk menghidupi keluarganya, wanita berstatus janda itu kemudian membuat dan menjual jus buah dalam kemasan. Namanya Owala. Mula-mula ia menjual produknya di daerah sekitar tempat tinggalnya. Ternyata usahanya maju. Usaha bisnis rumahan itu berkembang menjadi bisnis yang besar. ''Kini ia menjadi salah seorang milioner di AS,'' kata Novian.

Novian menambahkan, salah satu jenis bisnis yang dapat digarap di rumah atau dekat rumah adalah ritel, khususnya toko atau minimarket. ''Salah satu alasan kami mengembangkan showroom Foodland Shohib adalah untuk menyediakan jenis bisnis yang dapat dikelola oleh keluarga, baik suami, istri maupun anak-anak,'' tandasnya. ika ( )

5 Comments:

Blogger Unknown said...

2015-7-18 xiaozhengm
ed hardy clothing
mont blanc pen
pandora rings
fitflops outlet
true religion outlet
prada outlet
polo ralph lauren
soccer jerseys wholesale
coach outlet store online
cheap ray ban sunglasses
kate spade
coach factory outlet
ralph lauren
hollister clothing
chanel outlet
oakley sunglasses
nike tn pas cher
oakley store
ed hardy
air force 1
fitflops sale clearance
abercrombie outlet
michael kors handbags
longchamp handbags
ralph lauren uk
longchamp pas cher
christian louboutin outlet
michael kors bag
borse gucci
coach factory outlet
mcm outlet
ray ban wayfarer
coach outlet
cheap jerseys
tory burch outlet online
true religion
chaussure louboutin
true religion jeans
oakley sunglass
chanel bags

8:44 PM  
Blogger Unknown said...

qzz0725
stuart weitzman shoes
real madrid jersey
christian louboutin outlet
cheap jordans
coach outlet online
gucci outlet
longchamp handbags
a bathing ape
armani exchange
oakley sunglasses

7:12 PM  
Blogger Unknown said...

true religion outlet
coach outlet
red bottom
off white
ray ban sunglasses
issey miyake
christian louboutin outlet
ralph lauren uk
converse shoes
ray ban sunglasses

5:48 PM  
Anonymous Cara Membersihkan Flek di Paru-paru said...


Thanks for the information, this is very useful. Allow me to share a health article here, which gods are beneficial to us. Thank you :)

Obat Pelancar Haid paling Ampuh
Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

7:00 PM  
Anonymous mens gold chains wholesale canada said...

Kuchi Jewels is a project of Gem & Gems which is a leading exporter since 2005 to onwards in all over the world. tiffany necklace wholesale uk , charm bracelet canada , Our company has experienced, educated and motivated staff. Our main goal is to meet the international standard B2C and B2B export target with competitive prices and high quality products.

4:17 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home