1/29/07

Sekelumit Perjalanan Hidup Saya

Saya sharingkan sekelumit perjalanan kehidupan saya, yang 'biasa-biasa' saja dan masih mencari dan menemukan 'diri' saya yang sebenarnya. Awalnya saya tidak ingin publish, rasanya 'malu' untuk mem-publish-nya, namun saya ingin sharingkan ke sobat cikalmart tulisan abah rama yang memberikan saya inspirasi dan motivasi yang teramat besar di pagi ini, mudah-mudahan dapat menginspirasi sobat cikalmart lainnya.


Salam,

CikalMArt

Bergabunglah dengan milist komunitas Retail & Home Business CikalMArt,
kirim email ke: cikalmart-subscribe@yahoogroups.com
Dapatkan sharing info & tanya seputar Retail & Berbisnis di Rumah, kiat bisnis, kiat usaha, peluang usaha, inspirasi bisnis, trend bisnis, dll!


Abah Rama Wrote:

Hebat dan salut atas semangat dan tanda tanda keberhasilan Ardi.
Saya jadi flash back, ke kehidupan saya ditahun tahun saya seumur anda dulu yang tidak punya keinginan kedepan kecuali bekerja sesuai dengan harapan perusahaan.

Walaupun dari dahulu, banyak "tanda tanda" dari Allah tentang jalan mana yang harus saya tempuh, saya baru menyadarinya sepuluh tahun terakhir betapa pentingnya "menemukan diri", karena disana banyak informasi entang jalan hidup kita masing masing.

Kalau anda ikut Kapsel tahun 2001/2002, saat itu materi saya masih soal "berpikir strategis" walaupun telah Disebutkan bahwa "Discovering Process" merupakan informasi yang sangat penting dalam menentukan masa depan dan jalan menuju masa depan.

Sejak saya diberi petunjuk oleh Allah melalui buku "Now Discover Your Strength", tiba tiba saja sekarang ini saya sudah berada ditempat yang berbeda dan dikalangan HR di Indonesia dianggap "pakar soal bakat", yang sedang ditunggu tunggu untuk mengadakan workshop terkait dengan aplikasi di Organisasi.

Pada awalnya saya pikir saya ini merupakan "superposisi gelombang kebetulan", akan tetapi kalau kita meyakini bahwa tidak ada yang kebetulan didunia ini kecuali "design yang sangat teliti" dari Sang Pencipta, maka kita tahu bahwa semua ini merupakan "jalan amal" untuk dapat melaksanakan misi kita yaitu "memberi manfaat bagi sebanyak banyak nya orang dan lingkungan".

Kalau Ardi bilang "hobby dan bisa" nya Ritel itu berarti Ardi sudah menemukan tanda tanda potensi yang diberikan Allah kepada Ardi, dan jangan menganggap kecil "hobby dan bisa"nya kita.

Pernahkan Ardi dengar kalau di Bandung ada "Ina Cookies" yang jualannya kueh kering berbasis coklat, pemiliknya terbilang masih muda akan tetapi produksinya sekitar 2000 peles sehari yang harganya 37.500./buah, artinya dagangannya sekitar 75.000.000 perhari atau 2 Milyard sebulan, dengan karyawan 80 sd 150 tergantung musim.

Ardi juga tahu kalau juga di Bandung ada penjual Pisang Bolen yang sanggup membeli rumah di Dago untuk tempat parkir mobil buat toko kuehnya, yang kalau alumni ITB yang kaya biasa biasa saja sih tidak mungkin bisa membeli.

Pesan saya maju terus dan cari terus bisnis bisnis yang sesuai dengan "mau dan bisa"nya
Dan salah satu hal yang penting adalah:
Kalau niat anda dari seluruh usaha ini adalah untuk memberikan manfaat pada sebanyak banyaknya orang dan lingkungan, maka dijamin Allah akan selalu memberikan jalan karena Allah ingin agar kira berhasil menunaikan misi tersebut.

Jangan pernah lupa juga mohon Do'a dari Ibu, karena Do'a ibu merupakan pintu menuju jalan amal tersebut.

Amiin
Salam sukses,
Abah Rama


Ardi CikalMArt wrote:

Assalamu 'alaikum Wr.Wb.

Abah Rama, saya ardi, alumni tf itb angkatan 97, yang tempo hari menanyakan perihal buku abah rama ada ga ya, dimilits alumni tf itb.

Abah rama, sebenarnya saya sudah lama ingin mengutarakan hal ini kepada abah, hanya saya terkadang tidak 'PD' apakah abah rama kira2 mau dan sudi untuk menerima-nya.

Begini abah rama, saya bersama istri sedang merintis usaha di bidang ritel, mengapa saya pilih ritel? Karena saya hobby dan 'bisa'nya 'hanya' di bidang jualan ritel tidak seperti abah rama dan senior2 serta kawan2 lainnya yang 'jago2' ilmu tf, programming computer, high tech, nanotechnology, linux, dll.

Saya pun masih 'bisa' sangat2 sedikit di ritel ini, dan saya ingin BELAJAR dengan para senior2 seperti abah rama, dll. Abah rama, saya lulus tahun 2002 bulan juli, alhamdulillah langsung dapat kerja di kontraktor kecil2an (indokomas) melalui senior tf 88 p'amirsyah, melalui jalur inilah kemudian mengumpulkan modal sedikit demi sedikit untuk memenuhi kebutuhan keluarga, mulai dari gaji 2 juta kurang, karena dipotong pajak, jamsostek, dll, namun itu tidak mengurangi semangat saya untuk menikah dengan istri saya desi marwati, kawan satu kelas di sma 1 serang (alumni IPB, jurusan Gizi), saat itu saya baru bekerja selama 6 bulan, dari hasil saya sisihkan uang gaji diperolehlah uang 5 juta perak untuk biaya pernikahan, saat itu dibantu sedikit dari mertua dan pinjaman uang dari orangtua, akhirnya kami dapat juga menikah di serang, banten, di tempat kelahiran & dibesarkan saya 28 tahun yang lalu.

Padahal saat itu saya tidak dapat membayangkan bisa dilangsungkan pernikahan dalam waktu yang relative cepat, karena kendala financial. Namun Alloh SWT, memberikan kelapangan buat kami untuk bisa menyegerakannya. Diawal2 saya dan istri tinggal disebuah kamar kost di bilangan johar baru-salemba, karena dengan alasan dekat dengan rumah keluarga mertua. Selama 9 bulan istri hamil, saya sering pulang malam hamper tiap malam saya pulang diatas jam 10 malam, kadang2 saya pulang jam 2 malam, karena mengikuti kegiatan project manager yang melobi para supplier2, dll, saat itu saya sebagai instrument engineer untuk pekerjaan depot pertamina cikampek.

10 desember 2003, puteri saya, Chika, alhamdulillah terlahir dengan kondisi normal, di sebuah rumah sakit di Salemba (RS MH Thamrin). Saat ini Chika berusia 3 tahun, abah rama, belum sekolah, tapi sudah ingin ber-sekolah dan menggendong2 tas mungil-nya :) Sekarang Chika dan istri tinggal di cilegon-banten, senin dan jumat saya tinggal untuk bekerja di Jakarta.
P'Rama singkat cerita, tahun 2004 awal saya pindah ke cilegon s/d dengan sekarang, karena saya harus memilih 'hijrah' dahulu karena kehidupan dijakarta yang kurang nyaman bagi perkembangan puteri kami, karena harus tinggal disebuah kamar kost2an yang sempit dan banyak nyamuk karena kawasan ini cukup padat dan kumuh.

Saat itu saya pindah ke gunanusa di cilegon, grenyang bojonegoro, selang tidak berapa lama saya ditugaskan ke offshore selama 3 bulan, tepatnya ke peciko, senipah, Kalimantan timur (offshore platform total indonesie), saya tidak bertahan lama disini, karena tidak adanya komitmen perusahaan terhadap kondisi pekerja, saat itu saya sempat terkatung2 dibalikpapan, karena tidak adanya tiket penerbangan pulang untuk off kembali ke Jakarta.

Alhamdulillah tidak lama, saya ditawarkan untuk construction supervision di Caltex seconded via Outsourcing Istech Resources Asia, disini saya mendapatkan penghasilan cukup besar untuk ukuran saya sebagai engineer berpengalaman 2 tahun.

Dari hasil ini saya memulai usaha sendiri yang saya sudah CITA-CITA-kan sebelumnya, hasil dari renungan dan diskusi dengan istri, maka kami putuskan untuk memulai bisnis ritel di awal bulan maret 2005, awal usaha kecil kami ini tidaklah menggembirakan, karena kami miskin ilmu dan pengalaman, satu tahun kami menyewa sebuah kios kecil di cilegon untuk menjual barang2 kebutuhan sehari2, lalu dikembangkan dengan menjual pulsa. Satu tahun berlalu, kami memutuskan untuk 'hijrah' dengan membuka toko di rumah kami disebuah kampung di cilegon, alhamdulillah dengan 'hijrah' ini usaha kecil kami mulai mengalami perkembangan, karena mulai ada pelanggan2 yang kebetulan tetangga2 kami terdekat.

Sebagai usaha kami mengembangkan usaha dan ingin turut mengembangkan kesadaran berusaha mandiri yang dapat di mulai dari rumah, dengan modal yang tidak besar yang dapat dilakukan siapapun oleh keluarga2 di Indonesia, maka dibuatlah website kami di http://www.cikalmart.com

Website ini saya desain dengan sangat2 sederhana, hanya menggunakan frontpage, saya memang tidak jago dibidang2 teknologi seperti umumnya alumni TF ITB lainnya, barangkali saya tidak berbakat maka saat tugas akhir di TF ITB saya berulang kali pindah topic, karena saya begitu 'sederhana'nya untuk bisa memahami teknologi sensor, atau tomography atau programming C dll...

P'Rama,
Alhamdulillah dari usaha ini sudah bisa dimulai dengan berbagai pelanggan mulai dari medan, riau, lampung, Balikpapan, kutaikertanegara, Maluku, samarinda, NTB, dll diseluruh Indonesia.
Meski disani sini masih banyak kekurangannya karena bersaing dengan distributor 2 besar di Jakarta, dan dengan resources yang sangat terbatas, operasional hanya dilakukan oleh istri saya sendiri, sementara saya membuka pasar, melakukan pemasaran via website, milist dll. Hanya dilakukan dengan yang gratisan saja p'rama.

Namun sampai dengan sekarang kami masih diberikan kepercayaan oleh pelanggan2 untuk stock pulsa ke Cikalmart, alhamdulillah dari awal pelanggan hanya order 100.000-an kini sudah order diatas 1 juta-an per pelanggan.

P'Rama,
Saat ini saya akan merintis dengan kakak ipar saya, bang andri wijaya seorang staff hrd ditakaful, alumni UI FISIP, karena kedekatan kami secara emosionil dan kesamaan visi selama ini, saya coba tawarkan untuk bersama2 membangun usaha di bidang busana muslim, saat ini kami berdua sedang 'menggodok' produk yang akan dikeluarkan dengan segmentasi ke remaja, 'anak MTV', usia 15 s/d 25 tahun, yang muda, cantik, percaya diri, ingin tampil beda, dan energik.
Saya akan branding dengan nama depan puteri saya maisya s chika kusumah MAisZA, mengambil dari bahasa arab maisya=wanita yang berjalan penuh percaya diri.

Saat ini saya sedang membuat website-nya, belum jadi full, juga sudah meng-kontak supplier pengrajin dari tasikmalaya untuk pengerjaanya, dan sudah dikirimkan sample2 produk-nya ke cilegon, saya mulai siapkan rak2 dan sudah dimulai dari rumah. Saya ada sewa toko di Metro Tanah Abah dilantai Lower Ground Blok A/62, yang belum saya isi 4 bulan terakhir ini, lantaran saya saat itu kekurangan modal dan belum mendapatkan 'produk' yang tepat untuk dijual di tanah abang, saat ini saya serahkan ke partner yang menjual sepatu2 khusus remaja dari bandung.

Demikian sekelumit cerita dari saya p'rama, mudah2an p'rama bersedia memberikan ilmu2, pencerahan2 dalam berusaha dan menjalani kehidupan agar kita bisa lebih bijaksana.
Telah sekian lama saya ingin mengutarakan pada p'rama yang menjadi salahsatu inspirator saya mulai dari p'rama memberikan kuliah kapita selekta, kalau tidak salah tahun 2001/2002, s/d artikel2, tulisan2 p'rama di milist, saya sering ikuti.

Mudah2an tidak kepanjangan emailnya :) hatur nuhun abah....


Wassalamu 'alaikum Wr.Wb.

Ardi.

1 Comments:

Anonymous flytouch 3 said...

The guy is definitely right, and there's no question.

5:47 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home