1/23/07

Rama Royani : dari NOL besar sampai 7 perusahaan

Tulisan2 P'Rama Royani adalah salahsatu favorit saya, dan ide-idenya salahsatunya menjadi inspirasi saya sejak beliau ini memberikan kuliah umum (kapita selekta) saat saya di bangku kuliah di ITB sampai dengan sekarang saya selalu mengikuti tulisan2-nya melalui milist alumni tf itb terutama tulisan2 beliau mengenai 'mengenal diri' dan bagaimana 'memanfaatkan'-nya.

berikut adalah salahsatu tulisan-nya tentang auto biografi-nya yang sederhana, membumi, jujur serta terbuka, mudah2an dapat menginspirasi sobat cikalmart lainnya.

Salam,

CikalMArt.

Bergabunglah dengan milist komunitas Retail & Home Business CikalMArt,
kirim email ke: cikalmart-subscribe@yahoogroups.com
Dapatkan sharing info & tanya seputar Retail & Berbisnis di Rumah, kiat bisnis, kiat usaha, peluang usaha, inspirasi bisnis, trend bisnis, dll! di cikalmart@yahoogroups.com


sumber: alumnitfitb@yahoogroups.com
Assalamu 'alaikum Abah Rama,

saya koq jadi kangeeeen dengan tulisan2-nya abah rama lagi, terutamatentang 'mengenal diri' dan bagaimana 'memanfaatkannya'.ngomong2 abah rama sudah mengeluarkan buku belum?

kalau sudah tolong donk judul bukunya apa, pasti saya cari buku-nya.kalau belum, tolong dong abah rama buat buku, barangkali ilmunya bisadiketahui oleh banyak orang, khususnya di Indonesia. buku => jendeladunia, kalau mengutip gola gong, rumahku rumah dunia, kubangun dengankata-kata, jadi saya dan keluarga dirumah menungguuuuu sekali bukukarya-nya abah rama royani, untuk dikoleksi di rumah kami yang sederhana disebuah kampung dicilegon...

saat ini saya sedang asikkkkkk baca buku-nya dr.wang xiang, tentangfeng shui, dan bukunya richard koch, konsep pareto 80/20...saya ingin juga baca buku-nya abah rama iniiii kalau ada...

Wassalamu 'alaikum wr.wb,
ardi

sumber: http://iatf-itb.openesc.com
Rama Royani - dari NOL besar sampai 7 perusahaan

Written by Rama Royani
PERJALANAN HIDUP RAMA ROYANI

PENDAHULUAN:
Belakangan ini banyak pertanyaan mengenai perjalanan karir saya yang sebenarnya saya sendiri tidak begitu perduli , baik karena saya merasa belum ada apa apanya walaupun saya merasa sangat bersyukur bahwa “keberadaan” saya sampai saat ini masih dibutuhkan oleh beberapa orang.Dengan banyaknya pertanyaan ini saya berusaha menggali diri sambil tentunya berharap agar bisa mendapatkan temuan temuan baru mengenai diri saya sendiri dan menyampaikan analisis proses perjalanan hidup ini bagi mereka yang membutuhkannya

PENDIDIKAN :
Dalam hal pendidikan, saya terbilang “orang biasa” yang pernah tidak naik kelas di kelas 2 SMP, karena malas belajar dan kurang motivasi mengingat perhatian dirumah agak kurang (mami meninggal pada saat saya kelas 5 SD dan ayah sibuk mencari sesuap nasi) walaupun IQ nya konon terbilang diatas rata rata.Buktinya setelah digebukin oleh guru Aljabar, saya sempat menjadi juara Aljabar di kelas 3 SMP St. Aloysius .Setelah lulus SMA, satu satu nya pilihan saya adalah masuk ITB karena ITB adalah idaman para lulusan SMA-B (pasti-alam) di Bandung, tanpa ada rasa khawatir kalau tidak diterima di ITB padahal teman lainnya sibuk mendaftar dimana mana dan ini bukan karena Pede melainkan “ignorant”, memang saya termasuk “orang yang tidak memiliki ambisi besar dan cenderung pasrah” saja.Pada awalnya didalam benak saya cuma ada dua jurusan yang pantas dipilih dan pernah didengar yaitu jurusan Elektro dan Jurusan Mesin, cuma saya kurang suka memilih jurusan Mesin bukan karena pelajarannya melainkan karena pernah melihat kakak dari salah satu rekan saya yang menggambar sampai subuh, padahal saya kurang suka tidur terlalu larut malam.Disisi lain saya lihat ada senior saya yang satu klub Basket yang ada di Jurusan Elektro sehingga menit menit terakhir saya memilih jurusan Elektro melulu karena alasan ada teman bermain basket.2 (dua) meter sebelum loket, ada rekan saya dari SMA yang bertanya jurusan apa yang saya pilih, saya bilang “ Elektro ! karena ada teman basket ”“ lho ? kenapa enggak masuk Fisika Teknik ? ”Terus terang saja saya belum pernah mendengar adanya jurusan Fisika Teknik sehingga saya tanya lagi ”apa sih Fisika Teknik itu?” kata teman saya ”itu tuh....yang belajar tentang ROKET !!”Begitu mendengar jawaban ini langsung saya memilih Fisika Teknik karena tahun itu, ROKET merupakan issue yang paling menarik perhatian.Prestasi saya di FisikaTeknik juga terbilang biasa saja, ada beberapa pelajaran yang pernah tidak lulus dan nilai lulusnya pun biasa biasa saja, bahkan saya pernah ikut ujian lalu keluar dari kelas setelah ujian baru berjalan 15 menit, karena soalnya tidak dimengerti. Kesimpulan : prestasi akademik saya terbilang rata rata walaupun kalau di ”ancam” suka keluar kepandaiannya, sehingga boleh dibilang salah satu sebabnya adalah motivasi yang tidak menggebu gebu, ”mungkin karena Bakat atau tidak adanya pengarahan maupun cara belajar yang salah”.

PERJALANAN KARIR :
Sebelum lulus sarjana, pada saat Sarjana Muda, timbul rasa kuatir apabila setelah sarjana nanti tidak mendapatkan pekerjaan sehingga saya mulai sibuk berusaha mencari pekerjaan.Pekerjaan pertama yang saya lakukan adalah berdagang semen (1968) karena kebetulan ada rekan saya yang menjadi distributor di Jakarta dan di Bandung belum ada yang menjadi agennya.Setelah berjalan cukup baik, timbul rasa tidak puas karena pekerjaan saya tidak berkaitan dengan pelajaran yang diberikan.Setelah itu saya bekerja di suatu bengkel kecil (1969) walaupun bisa dibilang ilmu yang didapat di sekolah tidak banyak yang dipakai kecuali kemampuan berpikir logis saja, disini pun karena penghasilan yang kurang dan ada tawaran untuk bekerja di perusahaan paman yang bergerak didalam bidang kimia untuk beton dan rencananya akan membuat pabrik di Jakarta,Kenyataannya perusahaan (1970) ini lebih banyak melakukan kegiatan Sales nya dan tidak ada tanda tanda membuat pabrik sampai akhirnya salah satu rekan senior saya mengajak saya bekerja di ASTRA pada divisi Air Conditioning and Refrigeration (1971), padahal saya tidak pernah bermimpi akan diminta bekerja disana karena saya belum sempat belajar dan tidak mengerti AC khususnya karena di Fisika Teknik saat itu saya memilih Fluidics (Fluid Amplifier).Disini , sambil bekerja saya belajar AC karena ditugaskan sebagai Service Manager dan satu satu nya yang saya gunakan dalam bekerja adalah logika Elektrikal dan Mekanikal, sampai akhirnya saya memilih bidang AC sebagai tugas akhir yang saya kerjakan di Bandung setiap akhir minggunya di Teknik Fisika untuk menyelesaikan sarjana Fisika Teknik pada tahun 1974.Tahun 1978, tanpa direncanakan saya memutuskan untuk ikut mengundurkan diri bersama dua rekan lainnya untuk mendirikan usaha sendiri, tanpa modal kecuali jaringan pelanggan yang berhasil kami bentuk selama 7 tahun dan saya sendiri sebenarnya tidak pernah berpikir untuk memiliki perusahaan sendiri, hanya saja karena rekan saya yang berdua mengajak saya, saya memutuskan untuk ikut karena saat itu ada manager baru yang kurang cocok sama saya.Sejak saat itu perusahaan mulai berkembang dari Bidang HVAC ke Electrical-Mekanikal kemudian menuju ke infrastruktur IT, sehingga menjadi 6 (enam) perusahaan yang bergerak dalam bidangnya masing masing

PT.SPARINDO UTAMA Bergerak dalam bidang Elictrcal and Mechanical Contractor
PT.PHOENIX BUMIPUTERA Bergerak dalam bidang Industrial Air Compressor Sales and Services
PT.AQUARINDO UTAMA Bergerak dalam Bidang Central Air Conditioning Distribution
PT.SPARINDO ALFA PERSADA Bergerak dalam bidang Central Air Conditioning Services
PT.LIMAWIRA WISESABergerak dalam bidang I.T.Infrastucture
PT.ELKANUSA SANGGADATA Bergerak dalam bidang Computer Pheriperals (UPS)PT.LIMAWIRA BATAMINDO Bergerak dalam bidang Electrical Mechanical di BATAM

Tahun 1997, hampir 20 tahun kemudian kami mencoba melakukan flash back atas apa yang kami lakukan selama ini dan kami temukan beberapa hal sbb:
1. Kemampuan usaha kami hanya lah perusahaan menengah kebawah
2. Kemungkinan besar kondisi kami akan lebih baik apabila tetap bekerja di Astra melihat bahwa rekan rekan selevel dulu sudah menjadi direktur semuanya
3. Kelompok perusahaaan kami bisa bertahan hidup selama ini dengan core ideology ” customer first” walaupun ini akan ”mengorbankan system and procedure ”
4. Bidang usaha kami umumnya dalam bidang Electrical, Mechanical, Electronics dan Computer yang berada didalam Bangunan. Lebar nya bidang usaha ini menyebabkan saya di nilai sebagai alumni TF yang bergerak dalam bidang yang sesuai dengan ke-TF-an nya
5. Bagi saya ilmu ke Fisikan Teknik an yang sifatnya Horizontal membuat saya tidak canggung untuk melaksanakan pekerjaan yang sifatnya multi disiplin dan dalam prakteknya memang dibutuhkan mereka yang spesialis (vertikal) dan juga dibutuhkan mereka yang generalis (horizontal)

1997 akhir, terjadi krisis yang menyebabkan asset perusahaan menjadi ”NOL BESAR” yaitu tepat 20 tahun sejak kami mulai dengan ”nol kecil” dan hanya atas ijin ALLAH kami dapat bertahan sampai sekarang ini, walaupun didalam mengelolanya tidaklah semudah yang orang pikirkan karena walaupun sekarang ini kelompok perusahaan terdiri dari 7 perusahaan menengah maupun kecil dengan total karyawan 400 orang , tetap saja sewaktu waktu bisa collapse apabila tidak dikelola dengan sungguh sungguh terutama didalam mempertahankan penjualan yang saat ini penuh persaingan.

Pendapat saya :
1. Perjalanan karir saya selama ini sering saya katakan sebagai ”superposisi gelombang kebetulan”, karena semua yang ada sekarang ini tidak pernah direncanakan sebelumnya
2. Melihat dari bakat dominan saya sebenarnya saya tidak terlalu berbakat Entrepreuner , walaupun sekarang ini banyak yang menganggap saya sebagai salah satu entrepreunernya TF yang sering disejajarkan dengan Ahmad Kalla, Fadel Muhammad dan Kusmayanto, yang benar adalah saya mungkin berada 2 atau 3 tingkat dibawah mereka (saya ukur ini dari kemampuan saya menangani besarnya perusahaan dan jumlah karyawan yang masih controllable)
3. Kami bisa mempertahankan perusahaan selama ini ternyata lebih banyak disebabkan karena kami memulai usaha ini bertiga yang apabila bakat dominan masing masing orang digabungkan memang bisa menjadi kelompok sinergi yang memenuhi kriteria Entrepreunera. Saya berbakat dominan Developer, Belief, Analytical, Strategic, Arranger, Responsibilityb. Sudarso Alm. berbakat dominan Activator, Command, Belief, Relator,Empathy, Responsibilityc. Andy Wiguna berbakat dominan Competition, Woo, Achiever, Responsibility
4. Kami mulai dengan modal yang hampir tidak ada (makanya waktu kami dapat proyek yang pertama kami agak kacau sehingga akhirnya mendapat bantuan kredit dari Bank), walaupun demikian karena selama bekerja di PT ASTRA, kami bertiga menunjukkan tanggung jawab yang tinggi maupun terpercaya, sehingga kami mendapatkan kesempatan untuk mengelola seluruh stok barang dari perusahaan yang kami tinggalkan (anak perusahaan Astra) dan ini merupakan modal kerja yang tidak ternilai , begitu juga banyak rekan rekan pelanggan yang menaruh kepercayaan yang begitu tinggi sehingga tidak sedikit mendapatkan pekerjaan dengan Terms Of Payment yang sangat membantu.

Kesimpulan :
1. Jejaring teman ( network) merupakan salah satu yang sangat penting untuk dirintis sejak awal,rekan di SMP. SMA dan Universitas merupakan aset yang penting untuk dibina karena bukan tidak mungkin mereka akan menjadi supplier, rekan kerja maupun pembeli
2. Modal, bukan hanya berupa uang akan tetapi juga a. hubungan dengan supplier yang mempercayai kita untuk menjual barangnya merupakan modal yang sangat berhargab. hubungan dengan pembeli yang mau membayar kita sebelum barang/pekerjaan dikirim atau selesai merupakan modal yang sangat berharga juga (Terms Of Payment yang baik)
3. Untuk itu kita harus memiliki komitmen dan tanggung jawab yang agar kita mendapatkan ”trust” dari semua pihak yang berkepentingan atas adanya kita.
4. Ada ”invisible hand” yang seringkali tidak kita mengerti, bagaimana di saat saat kritis kita diberikan jalan yang terbaik dan hal ini saya yakin sangat tergantung dari keseriusan orang tua kita (khususnya ibu) yang tiada hentinya mendoakan anaknya, maupun niat baik dan doa kita sendiri.
5. Kerja keras merupakan bagian yang tak terpisahkan didalam mencari jalan yang benar dan agar kerja keras tersebut efektif, pemahaman kita tentang bakat dan kekuatan kita merupakan hal yang sangat penting agar kerja keras kita dapat diarahkan kepada bidang dan peran yang sesuai.
6. Ada banyak jalan menjadi entrepreuner, kalau ternyata bakat dominan anda tidak cukup untuk menjadi entrepreuner asal saja ada beberapa bakat yang yang masuk persyaratan, anda bisa mencari partner yang memiliki bakat dominan yang bisa mengisi kelemahan anda, hanya tentunya kerjasama bisa dilakukan apabila kita bisa menghargai kekuatan rekan kerjanya.
7. khusus mengenai kerjasama :
a. kerjasama bisa langgeng apabila rekan kita memiliki tatanilai inti (values) yang sama , kalau values-nya tidak sama maka sulit akan menghasilkan sinergi
b. Dengan values yang sama maka pendapat maupun bakat yang berbeda sangat diperlukan untuk menghasilkan sinergi.
c. Untuk menunjang sinergi tersebut diperlukan sikap keterbukaan dan mau menghargai kelebihan orang lain dan menerima adanya perbedaan.

6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just curious if you get a lot of spam feedback?
If so how do you stop it, any plugin or anything you can suggest?
I get so much lately it's driving me crazy so any help is very much appreciated.

12:22 PM  
Blogger John said...

coach factory outlet
toms shoes
jordan 6
jordan 11s
coach outlet
coach outlet
louis vuitton outlet
christian louboutin outlet
ugg boots
coach factory outlet
true religion outlet
louboutin pas cher
coach outlet store online
rolex watches outlet
cheap oakley sunglasses
michael kors outlet
ray bans
nike air huarache
coach factorty outlet
lebron james shoes 12
louis vuitton
cheap oakley sunglasses
ralph lauren polo outlet
louis vuitton outlet
gucci shoes
coach factorty outlet
louis vuitton bags
jordans
tory burch outlet
ralph lauren outlet
polo ralph lauren outlet
uggs outlet
gucci
tiffany and co
ray ban sunglasses
oakley sunglasses
replica watches
michael kors outlet
louis vuitton
christian louboutin outlet
2016319yuanyuan

7:24 PM  
Blogger Unknown said...

www0710

bvlgari jewelry
lebron james shoes
oakley sunglasses
canada goose outlet
coach outlet online
jack wolfskin
bulgari jewelry
bulls jerseys
yeezy boost
cheap jordans




12:47 AM  
Blogger Unknown said...

qzz0725
miu miu handbags
pandora outlet
oakley sunglasses
cheap jordans
longchamp solde
oakley sunglasses
futbol baratas
chrome hearts outlet
jordan shoes
champion clothing

7:17 PM  
Blogger Unknown said...

ugg boots
michael kors outlet online
canada goose jackets
ultra boost 3.0
ralph lauren uk
mlb shop
oakley sunglasses
canada goose outlet
ugg boots clearance
moncler outlet

5:53 PM  
Blogger Rizal said...

thats great

12:34 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home