3/25/07

Simple Business Trend => The Long Tail (Si “Ekor Panjang”)




Ini seperti yang diungkapkan dengan baik di long tail-nya chris anderson, sekarang era-nya 'konsumen' adalah 'produsen', jutaan judul buku, jutaan judul lagu, jutaan judul film, dll. yang diciptakan baik oleh peraih-peraih 'hit' seperti buku2 di gramedia, lagu-lagu ungu, radja, dewa, peterpan, film-film AADC (ada apa dengan cinta), kuntilanak, Jembatan Casablanca, dll. dan jutaan judul buku/lagu/film lainnya yang diciptakan sendiri oleh para 'independent' / 'hobbies' ('konsumen => yang berubah menjadi jutaan 'produsen') yang menciptakan permintaan tak terbatas layaknya sebuah ekor yang panjaaaaang (the long tail).

semua orang bisa menghasilkan buku/lagu/film, semua orang bisa menikmati jutaan pilihan buku/lagu/film. ini yang disebut "bagaimana pilihan tak terbatas menghasilkan permintaan tak terbatas"

ini sudah dilakukan oleh amazon (untuk buku), i-tunes (lagu), google(untuk iklan2 'kecil'), dan lain-lain.

Di CikalMArt sendiri (www.cikalmart.com) sesungguhnya 'pasar the long tail' ini sudah mulai diraih, dengan meng-kualifisasi-kan ke produk2 yang disesuaikan dengan berbagai macam karakter/kepentingan/kebutuhan dari masing-masing konsumen-nya. ada produk yang memang 'hit', ada juga produk yang hanya diminati oleh sekelompok konsumen saja.

Pasar 'the long tail' (si 'ekor panjang') memang menuntut 'kemerdekaan' jalur distribusi, 'kemerdekaan' biaya produksi, 'kemerdekaan' tempat untuk display & stock (gudang), sehingga akan diperoleh harga yang jauh lebih murah dengan sistem yang relatif sama bahkan bisa jauh lebih cepat & efektif dibandingkan dengan jalur dan sistem konvensional yang sudah ada.

Jadi, dimanakah anda atau usaha anda akan berperan?
anda lah yang menentukan!


Wassalam, @rd.
http://www.cikalmart.blogspot.com
Blog komunitas Ritel & Home Business (Usaha di Rumah)
Retail is Detail!
If You're Not Detail Better Step Out From Retail.

--- In anak-cilegon@yahoogroups.com, "Riszaldi" wrote:
Informasi pelaku business yang selalu memantau perkembangan trend kedepan, sangat dicari pebisnis-2 lain, ini salah satu usaha simplikasi informasi melalui perkembangan technology IT saat ini.

Bocorannya, menjelang pasar global pemain bisnis baik kecil, menengah maupun besar, akan mengikuti trend dan business style ini. Yang tidak mengikuti perkembangan, atau tetap dg cara-2 konventional, akan mengalami defisit aset secara perlahan-lahan, dan akhirnya kalah bersaing dipasar.

Tidak bisa dipungkiri, Operational cost mau ngak mau harus ditekan, segala subtitusi material, alat, dan methode harus di cari utk tekan semuanya. mereka-2 inilah yg akan exist di pasar. Kalau perlu, buka usaha ambil yang bagian distribusiatau penjualannya saja dan banyak jenis produknya.Atau Suplier, atau service tertentu, atau produksisaja. Kalau perlu pakai/ nimbrung dg system yang sdh establish, shg bisa focus utk mengelola sesuatu.

Kalau anda mampu, semua anda kelola, buat system sendiri mulai dari manufacturing sampai ke customer, bisa-2 saja, kalau punya modal besar, punya skill, danpunya waktu cukup, namun focusnya akan berkurang. Singapore, Hongkong, muncul trader-2 kecil mulai dari rumah-2, didukung dg technology saat ini. karena disana utk buka lahan bisnis semakin sulit dan mahal sekali.

Semoga bisa bangkitkan ide-2 terpendam anda.tanpa menunggu harus anda yg melakukan semuanya.

" TIDAK AKAN ADA WAKTU YANG TEPAT UNTUK MEMULAI SEBUAH USAHA"

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home