1/17/07

Kiat Bisnis di Rumah oleh Ibu Rumah Tangga

Ada yang menarik dari artikel tentang wirausaha ala keahlian natural ibu yang saya kutip dari majalah ayah bunda dibawah ini.

Bahwa menjadi Ibu Rumah Tangga, tidak selalu harus menjadi inferior, tidak punya kebanggaan karena tidak berkarir di gedung-gedung pencakar langit di jalan Sudirman atau Kuningan, misalnya.

Menjadi Ibu Rumah Tangga sekaligus menjadi pemilik usaha rumahan bisa menjadi salahsatu alternatif sebagai bentuk aktualisasi diri di dalam komunitas sosial dan masyarakat.

Ada 3 kelebihan menjadi Ibu Rumah Tangga sekaligus menjadi pemilik usaha rumahan, yakni:

1. Usaha di rumah, memberikan banyak waktu memberikan perhatian terhadap perkembangan anak-anak.

2. Usaha di rumah, memberikan tambahan bagi pendapatan keuangan keluarga, bahkan bagi sebagaian orang menjadi sumber pendapatan keluarga yang utama.

3. Usaha di rumah, memberikan kesempatan sebuah usaha dapat berkembang menjadi sebuah perusahaan yang lebih terorganisir dan mapan, memberikan banyak waktu untuk bisa belajar berproses bagaimana mengembangkan usaha yang sedang dirintis. Karena pada umumnya usaha di rumah ini dapat dimulai dari modal yang kecil, biaya operasional yang lebih kecil, dan dapat dimulai saat ini juga.


Coba perhatikan apa yang dilakukan oleh Ibu Malna di http://www.nanaberas.com misalnya atau Ibu Nadia di http://www.bundainbiz.com
atau apa yang dilakukan oleh Ibu Roesmiyati di http://bakmipatriot17.com atau Ibu Yulia di http://moz5salon.blogspot.com/ juga oleh Ibu Desi Marwati di http://www.cikalmart.com

Jadi, Siapa takut berbisnis di Rumah!



Salam,


Moderator CikalMArt

Bergabunglah dengan milist komunitas Retail & Home Business CikalMArt,
kirim email ke: cikalmart-subscribe@yahoogroups.com

Dapatkan sharing info & tanya seputar Retail & Berbisnis di Rumah, kiat bisnis, kiat usaha, peluang usaha, inspirasi bisnis, trend bisnis, dll! di cikalmart@yahoogroups.com


Sumber: http://www.ayahbunda-online.com
Wirausaha ala Keahlian Natural Ibu


Lahir dari keinginan memenuhi kebutuhan si buah hati, usaha 'iseng' itu berkembang pesat. Ibu rumah tangga biasa tiba-tiba “terbelit” bisnis yang mesti dikelola profesional. Ada cara meredam konflik ini.

Pernah dengar nama Julie Aigner-Clark ? Awalnya, ia seorang guru bahasa Inggris biasa yang memutuskan tinggal di rumah mengasuh putrinya yang masih bayi. Rasa frustrasi ketika gagal mencari mainan, buku maupun video yang mendidik, membuat Julie kreatif. Ia mencoba membuat mainan edukatif sederhana, dan dibuatnya video sederhana yang merekam kegiatan Juli sedang bercerita dengan alat bantu gambar-gambar menarik bagi buah hatinya.

Tiba-tiba timbul ide untuk memperbanyak dan menjual video itu bagi ibu-ibu lain dengan keyakinan tidak sedikit ibu butuh mainan, buku maupun video yang mendidik seperti yang ia butuhkan. Mainan dan video yang iseng-iseng ditawarkan dari mulut ke mulut laku cepat.

‘Keisengan' Bu Julie ini berubah jadi usaha yang semakin lama semakin besar. Ia beri brand untuk produknya dengan nama Baby Einstein yang memproduksi ratusan judul buku, video dan mainan anak. Usaha Julie yang kemudian dibeli Walt Disney, di tahun 2001 mengeruk keuntungan 20 juta dolar Amerika. Ia menjadi salah satu milyarder yang cukup top di Amerika Serikat.

Ibu, potensi tersembunyi

Seperti Julie, banyak ibu merasa berat meninggalkan buah hatinya di rumah untuk bekerja penuh di kantor. Namun, karena dorongan kebutuhan ekonomi, kebutuhan mengaktualisasikan diri, atau bermula dari iseng-iseng seperti Julie, sebagian ibu memilih menjadi wiraswastawan.

Seorang ibu, menurut Ahmad Gozali , perencana keuangan yang tergabung dalam biro konsultasi perencana keuangan keluarga, Safir Senduk & Rekan, menyimpan banyak potensi tersembunyi. Seorang ibu, misalnya, pasti memiliki bidang yang disukai dan dikuasai secara natural dan menjadi suatu keahlian dasar; seperti merawat, mendidik anak dan mengatur rumah tangga. Keahlian ini merupakan modal dasar.

Pendapat ini didukung pernyataan Dra. Farida Haryoko, M.Psi , staf pengajar di Jurusan Psikologi Industri dan Organisasi, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia yang menempatkan minat dan penguasaan suatu bidang di tempat teratas, sebagai prasyarat jika ingin terjun di dunia usaha.

“Jika seseorang merasa mampu dan suka apa yang dilakukannya, ia tidak cepat merasa lelah atau terbebani ketika melakukannya. Tentu saja ini modal sangat baik jika hal yang disenangi dan dikuasai dikembangkan menjadi suatu bidang usaha,” ujar dosen yang juga sibuk di Bagian Humas Universitas Indonesia.

Prospek cerah, layak dipertimbangkan

Hal sederhana yang tergali dari keseharian seorang ibu dapat dikembangkan menjadi bisnis yang layak diperhitungkan. Simak saja cerita Indira Hadi (40 tahun). Ibu dari Diandra (9 tahun) dan Dianita (5 tahun) ini pada mulanya hanya membuat suatu wadah untuk mengakomodasi kebutuhan kedua putrinya mengembangkan minat dan bakatnya, yaitu menggambar. Ia bersama temannya kemudian mengembangkan tempat ini menjadi suatu tempat kursus pengembangan aneka ekspresi kreatif anak; seperti melukis, membuat berbagai benda kreatif dari benda-benda sederhana, fotografi, mengarang dan sebagainya.

Wadah kreativitas bernama Klub Dino ini sekarang memiliki 10 pegawai dan beberapa guru magang di saat-saat liburan. “Jika dilihat dari grafiknya, muridnya semakin bertambah. Orang tua mulai memahami anak-anak butuh sarana mengekspresikan diri,” ujar Indira optimis.

Tidak jauh beda dari Indira, Rahayu Budihati atau akrab disapa Yayu (37 tahun), ibu dari Annisa (9 tahun), Sultan (7 tahun) dan Salman (5 tahun) yang memiliki usaha antar-jemput anak sekolah, awalnya memulai usaha karena kebutuhan kendaraan yang dapat mengantar dan menjemput ketiga anaknya dengan aman. Ia kemudian menawarkan orang-orang tua lain bergabung dengan harapan meringankan beban mereka. Tawarannya bersambut.

Usahanya berkembang pesat. Yayu yang awalnya hanya punya satu kendaraan, kini berkembang memiliki 10 kendaraan dengan beberapa pengemudi. Armada Buah Hati , begitu nama usaha antar-jemput Yayu, sedang mengembangkan usahanya atas permintaan sekolah lain.

Cerahnya prospek usaha semacam ini diakui Ahmad Gozali. “Jika dilihat dari banyaknya ibu bekerja, kebutuhan jasa yang berhubungan dengan pengasuhan, pendidikan anak dan urusan rumah tangga menjadi tinggi. Usaha-usaha seperti wadah kreativitas dan pendidikan, tempat penitipan anak, menyediakan kebutuhan ibu dan anak, antar-jemput anak sekolah dan sebagainya semakin dicari,” ujar Ahmad Gozali.

Kendala lebih kecil

Berkecimpung di bidang yang tidak jauh dari kebutuhan si buah hati dan keluarga, baik Indira Hadi maupun Yayu tak merasakan terlalu banyak kendala, terutama yang berhubungan dengan keluarga. “Klub Dino bertempat di ruko dekat rumah (hanya 5 menit berjalan kaki). Anak-anak biasanya ikut berkegiatan di sana. Cara ini membuat mereka tidak terlalu kehilangan saya atau bahkan terlantar. Mereka justru dapat menyerap keterampilan dari tempat ini, sehingga keinginan saya untuk dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat namun tidak terlalu merugikan anak-anak tercapai,” jelas Indira Hadi.

Hal serupa diungkapkan Yayu. “Anak-anak senang sekali karena hampir setiap hari ibu ada di rumah. Berbeda dengan pekerjaan saya dulu sebagai pramugari di perusahaan penerbangan asing. Sekarang ini paling-paling saya sendiri menyetir mobil antar-jemput jika diperlukan. Suami saya senang karena usaha saya justru memudahkan anak-anak mendapatkan pendidikan yang baik.”

Menurut Farida, berwirausaha terutama pada bidang-bidang yang tidak jauh dari urusan anak, ibu dan rumah tangga tidak terlalu banyak memunculkan konflik bagi para ibu pelaku usahanya, dibanding bekerja di kantor atau pekerjaan lain yang harus sering meninggalkan anak di rumah. “Usaha jenis ini membuat ibu lebih mudah mengatur waktu dalam menjalankan peran ibu. Ibu pun dapat mengambil manfaat dari usaha ini untuk kepentingan keluarganya. Konflik atau kendala baru muncul jika usaha semakin berkembang, sehingga menyita lebih banyak waktu ibu untuk bermulti peran,” jelas Farida.

Untuk menghindari hal tersebut, Farida menyarankan memikirkan matang-matang berbagai konsekuensi sebelum memutuskan berwirausaha, dan memikirkan berbagai cara mengantisipasi masalah yang mungkin timbul. Keterbukaan terhadap pasangan merupakan salah satu syarat mutlak agar tidak muncul konflik, namun justru mendapat dukungan yang membantu ibu menjalankan usahanya.



Langkah-Langkah Sukses

Ahmad Gozali , ahli perencana keuangan keluarga, memberi tips sebelum memulai usaha:
• Memikirkan untung rugi
Apakah kegiatan usaha atau pekerjaan yang ditekuni justru lebih banyak menghabiskan uang dibandingkan jika tidak bekerja?. Misalnya, wirausaha membuat ibu harus mengeluarkan biaya untuk pemakaian telepon, listrik, biaya transportasi dan sebagainya, sehingga jika dihitung justru mendatangkan kerugian. Selain untung-rugi secara material, untung-rugi nonmaterial juga diperhitungkan. Misalnya, apakah usaha yang dijalankan membuat ibu justru kerap meninggalkan anak-anak?
• Menyiapkan modal usaha
Modal usaha dapat diperoleh melalui sebuah perencanaan matang, yaitu dengan menyisihkan sejumlah uang setiap bulan sehingga pada saat direncanakan, tabungan dapat digunakan sebagai modal. Sebaiknya modal juga merupakan tabungan yang sama sekali tidak dialokasikan untuk biaya tak terduga, dana darurat, maupun tabungan-tabungan bertujuan lain. Untuk ini Anda juga perlu mencermati risiko plus-minus berhutang. Konsultasikan hal ini pada ahli keuangan.
• Sesuai minat .
Bidang usaha yang dikuasai dan diminati dapat mengurangi faktor risiko.
• Melihat kebutuhan pasar
Cermati kompetitor. Apakah ada kompetitor dengan bidang usaha yang sama di lingkungan tempat ibu berusaha? Bagaimana animo masyarakat terhadap bidang usaha tersebut?
• Kreatif mencari diferensiasi usaha
Jika bidang usaha yang akan ibu lakukan banyak dijalankan beberapa kompetitor, cobalah kreatif mencari diferensiasi dari usaha yang sama. Seperti Yayu yang menyediakan buku bacaan bermutu dan alat komunikasi di setiap mobil antar-jemputnya. Atau, Indira yang menyediakan paket kursus spesial liburan.
• Mengantisipasikan berbagai masalah . Siapkan berbagai alternatif cara mengatasi masalah.
• Mulai dari yang kecil dan tidak butuh banyak modal.
Usaha yang dimulai dari rumah biasanya lebih memudahkan ibu menjalankannya dengan risiko relatif lebih kecil dibanding menyewa tempat di luar rumah.



Jangan Lakukan!

Jangan mencampur aduk keuangan keluarga atau pribadi dengan keuangan usaha. Pisahkan secara tegas urusan rumah tangga dan urusan usaha. Misalnya, seorang ibu memasukkan anak ke TPA (Tempat Penitipan Anak) yang dikelolanya, ia harus memperlakukan si anak sama dengan anak lain. Anak harus dicatat sebagai konsumen yang juga dianggap membayar.



Kiat-kiat Bagi Pemula
Yayu:
• Jangan punya usaha yang hanya bertarget semata-mata demi keuntungan.
• Terbuka terhadap saran dan kritik konsumen.

Indira Hadi:
• Keseriusan merupakan modal utama dalam berusaha, sekecil apa pun usaha tersebut.
• Manajemen waktu yang baik merupakan kunci sukses sehingga ibu sebaiknya menyeimbangkan waktu dalam mengurusi usaha, mengurus rumah tangga dan memenuhi kebutuhan pribadi, seperti bersosialisasi.


Bisnis dan Rumah Tangga Harus Seimbang

Dra. Farida Haryoko, M.Psi
S taf pengajar Jurusan Psikologi Industri dan Organisasi, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia

Kesempatan terjun di dunia usaha bagi seorang ibu memang terbuka lebar, dan semakin menggiurkan. Apalagi ada kemungkinan dapat melakukan usaha dari rumah, sehingga dapat sambil mengatur rumah tangga dan mengawasi anak-anak. Namun, bagi ibu pelaku usaha, bukan berarti jika bekerja di rumah waktu kerja semakin sedikit. Justru waktunya dapat tersita tanpa disadari karena komitmen menjalankan usahanya. Bukankah usaha itu milik sendiri sehingga hidup-mati usaha sangat tergantung pada tanggung jawab ibu sebagai pelaku usaha?

Tentunya ada waktu untuk keluarga yang dikorbankan. Untuk itu pelaku usaha harus pintar-pintar mengatur waktu untuk mengurus usaha dan waktu untuk mengurus rumah tangga. Selain itu, ibu juga harus mengkomunikasikan secara terbuka pada pasangan. Untungnya bersikap terbuka ini, ibu mendapat dukungan suami, sehingga bisa bertukar pikiran atau bahkan suami bisa turut berperan saat dibutuhkan.

Lebih dari itu, sebelum memulai usaha ibu harus benar-benar memikirkan tujuannya berwirausaha dan segala konsekuensinya. Semua ini perlu dilakukan untuk mengurangi konflik yang mungkin timbul saat menjalankan usaha.

31 Comments:

Blogger Informasi Peluang Bisnis (Franchise) said...

Informasi Peluang Bisnis QI GROUP


Sifat Dasar Usaha : Franchise


Sistem Usaha : FLAT Marketing


Divisi Usaha :
1. Telekomunikasi
2. Pariwisata
3. Kesehatan
4. Perhiasan
5. Tiket & Tour
6. Otomotif


Penjelasan Ringkas :
Baru ingin berbisnis atau Anda memang ingin menjadi pengusaha muda (Entrepreneur)? Tapi tidak ingin repot dengan segala urusan stok barang, pengiriman, sewa toko, gaji pegawai, dan lain2. Maka Peluang Bisnis QI Group tepat untuk Anda! Bisnis QI menerapkan peluang bisnis E-Commerce sama halnya seperti Amazon.com yang merupakan Toko Online terbesar di dunia. Bisnis QI pun membuka Toko Online yang dapat di akses hingga ke 180 negara di dunia, dengan memfokuskan bisnis pada 5 divisi usaha yaitu ; Telekomunikasi, Pariwisata, Kesehatan, Perhiasan, Tiket & Tour. Anda berkesempatan untuk mempromosikan produk – produk QI, dengan potensi penghasilan US$ 250 – US$ 15,000/Week (Komisi per-produk adalah US$ 42/Unit).


1. Biaya Investasi relatif terjangkau (mulai Rp.100ribu s/d Rp.2,9Jt), sudah termasuk Virtual Office (Toko Online Pribadi)
2. Komisi Flat (sama rata) US$ 42/Unit
3. Kantor perwakilan QI berlokasi di pusat bisnis WTC Sudirman Jakarta, melayani Customer Service 24 Jam
4. Kantor bisnis QI menyediakan exclusive room untuk meeting & presentasi
5. Tingkat resiko bisnis yang rendah
6. Tersedia mentor pembimbing


Info lebih lanjut : http://infofranchise.blogspot.com
Contact person : 0856.9922.596 (Benny Wicaksono)

8:04 AM  
Blogger Gozali said...

Assalamu'alaikum wr wb
Salam kenal, saya Ahmad Gozali.
Senang sekali atas appresiasi terhadap tulisan saya di media masa. Silakan kunjungi www.cashflow4muslim.blogspot.com untuk share lebih lanjut mengenai materi pengelolaan keuangan secara islami.

7:41 AM  
Anonymous ekonomi said...

ass wr.wb
saya juga merasa bahwa dengan internet,seorang wanita bisa menjadi ibu dan istri yang seutuhnya juga tetap dapat membantu suami dan mengembangkan diri.
saya punya website yanng berisi tentang berita2 ekonomi.mungkin teman2 mau lihat dan berkenan untuk memasang link ke erbsite tersebut..websitenya adalah http://vibiznews.com

2:34 AM  
Anonymous keuangankeluarga said...

Ass.Wr.Wb.,
Website ini sangat impressive sekali karena bercerita tentang kegigihan dan kesuksesan seorang Ibu Rumah tangga yang penuh semangat merealisasikan Financial Freedomnya dari rumah. Patut untuk ditiru. Selamat yah Bu.

9:38 AM  
Blogger Unknown said...

saya seorang karyawan,saya mhon bimbingannya untuk memulai suatu usaha rumah tangga,karena saya baru lulus SMA blm punya pglamn.mhon bimbingannnya.trimakasih seblumnya,roby

11:29 PM  
Anonymous Novara said...

Ass. Wr. Wb
Seneng sekali menemukan blog ini. Perkenalkan, saya seorang karyawan yang sedang merintis bisnis rumahan. Yang iAllah ingin menjadi ibu yang bekerja dari rumah suatu saat nanti. Saya sedang merintis bisnis online yang bisa dikerjakan offline juga. Cocok utk para wanita, meskipun tak menutup kemungkinan utk para kaum adam.
Untuk yang ingin info lebih lanjut, silahkan hub saya di YM/sanvara_amgani@yahoo.co.id atau klik aja..http://www.dbc-network.com/?id=nova82.
Terima Kasih

11:28 PM  
Anonymous bisnisanda said...

Salam kenal..
Trims ya...artikel sangat memberikan motivasi utk saya, ibu rumah tangga yg dari awal menikah sudah berniat utk menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya dgn keluar dari pekerjaan kantoran.

Ini blog saya, utk orang tua dan ibu rumah tangga..
http://menghasilkananaksehatcerdas.blogspot.com

10:22 AM  
Anonymous Ayu said...

Senang sekali bisa membaca kisah sukses ibu rumah tangga.... saya juga sedang merintis ke arah yang sama...pasti berhasil kalau giat dan tetap rendah hati menjadi ibu dan istri :)

9:52 PM  
Blogger Loesiana d' Yudhistira said...

Ass.
Saya ibu rumah tangga, yang memutuskan untuk tidak meninggalkan dua jagoan saya dibawah pengasuhan orang lain. Saat ini saya menjalankan bisnis online dan offline yang tidak mengganggu kebersamaan saya dan anak-anak. berikut link saya http://www.dbc-network.com/home.php?id=ibuwanbad

selain itu, kegemaran membaca juga masih bisa saya lakukan. banyak pengetahuan yang saya daptkan dari membaca, walaupun sekedar resensi. beberapa resume saya bisa dilihat di http://www.shvoong.com/writers/LDewiYudhistira

terima kasih

4:23 AM  
Anonymous memulai bisnis di rumah said...

saat ini saya menjalankan bisnis di rumah dengan berjualan pulsa, memang keuangan bisnis harus dipisahkan dari keuangan keluarga agar terlihat untung dan ruginya....

saya setuju sekali dengan artikel ini

5:51 PM  
Anonymous Hurama Arifin said...

Selamat malam bu, Nama Saya Hurama Arifin. Cerita ibu benar2 memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat indonesia untuk terus mengembangkan usahanya :) Sangat bagus. Mungkin bisa mampir ke website saya Perencanaan Keuangan dan memberikan masukanya

5:34 AM  
Anonymous OBAT HERBAL BIKIN VAGINA PERAWAN said...

Sekedar kasih info...
Kini telah hadir obat herbal berkualitas tanpa efek samping, terbukti mampu bikin vagina peret, berdenyut kembali seperti perawan.

10:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

Usaha Ibu Rumah Tangga - Kalau kita bicara tentang hobby maka yang terbesit di dalam hati kita adalah suatu tindakan yang kita gemari, dan tidak ada beban bagi kita sedikitpun ketika melakukan kegiatan tersebut itulah yang dinamakan Hobby, yang mana kita nyaman ketika melakukan segiatan tersebut. Kebanyakan usaha bermula dari hobby, yang mulanya melakukan sebuah hobby yang tidak ada unsur ketersengajaan dan lama kelamaan akan menghasilkan sedikit demi sedikit pendapatan dari hobby yang dilakukan itu, pada dasarnya usaha yang didasari oleh bobby ini sangat mudah dilakukan tetapi yang menjadi permasalan adalah adakah peluang yang tepat untuk menjadikan hobby sebagai bisnis kita

Selanjutnya : http://www.usahadirumah.web.id/usaha-ibu-rumah-tangga/

1:49 AM  
Blogger Grosir dan Retail said...

Salam sejahtera semuanya...

Sedikit promo saja...kami dari Toko Tirta Jaya ingin memperkenalkan produk2 mulai dari perlengkapan rumah tangga s/d kecantikan.
langsung sj di kli http://tokotirtajaya.blogspot.com

Terima kasih dan kami tunggu kunjungannya.

9:20 PM  
Anonymous baju dan perlengkapan bayi said...

Perkenalkan,kami adalah On Line Store penjual eceran dan grosir baju bayi/anak dan perlengkapannya.
Silahkan pelajari katalog dan price list produk kami melalui situs-situs kami di:
http://bajubajubayi.indonetwork.co.id (produk baju dan perlengkapan bayi)
http://bajubajuanak.indonetwork.co.id (produk baju branded sisa eksport)
www.bajubajubayi.blogspot.com
fb:bajubajubayi

6:02 AM  
Anonymous yudha said...

jiwa bisnis memang harus selalu dipupuk dan dikembangkan. blog ini benar-benar bagus dan bermanfaat untuk memberi encerahan bagi indonesia.semoga terus menginspirasi indonesia.

9:30 AM  
Anonymous Tips Keuangan said...

luar bisa, banyak sekali peluang untuk memulai usaha

7:37 PM  
Anonymous melia propolis said...

.. sebenarnya kalau kita sungguh sungguh.. banyak cara untuk mencari rezeki... yang penting halal

9:33 PM  
Anonymous ulva said...

karena lahan rumah belakang masih sgd luaz,,jd sy manfaatkan utk biznis ternak ayam sj.. doain brhasil y.. cm kendalan susah cari bibit n nanti pemasarannya bgmn.. klo bisnis diambil dari hobby.. hobby sy apa y.. blum trdeteksi..

7:03 AM  
Anonymous kta bank dbs cepat said...

Salut untuk ibu wiraswasta, semakin banyak wiraswata akan semakin maju negeriku

8:02 PM  
Anonymous Pembalut Anion said...

.... sambil bekerja...anak anak tetap dalam pengawasan ...

11:35 PM  
Anonymous peluang usaha said...

sanagt inspiratif saya sanagt suka dengan bisnis seperti ini kunjungi juga blog saya

12:32 PM  
Blogger Unknown said...

Banyak yang belum tau, bahwa hampir 80% brand parfum terkenal di dunia mengambil fragrancenya dari DROM (Jerman, sejak 1911), seperti : Hugo Boss, Armani, Gucci, Azzaro, Pacorabanne, Dolce & Gabanna, dll.. Tidak banyak yg mengetahui kalau DROM juga yang memasok Fragrance ke FM Group World (Polandia) yang membuat parfum dgn lebih dari 200 jenis aroma (100 di Indonesia). Tidak heran kalau banyak aromanya memiliki kemiripan dgn merk-merk yang sudah terkenal di atas. *kok SAMA?Apa Palsu?Tidak Palsu. Karena pencipta AROMAnya DROM, maka terserah DROM mau di jual kesiapa. FM tidak meng-KLAIM AROMA mereka mirip merk lain, para USER (Pemakai) di seluruh dunialah yang mengatakan hal tersebut. kalau fragrance dan sumbernya sama, secara logika, aroma parfum yg dihasilkan sulit dibedakan. Tenang, FM diakui ORIGINAL di seluruh dunia, termasuk Indonesia dengan disahkannya produk FM oleh BPOM. Dan jg telah mendapatkan sertifikat PUREGANIC dari Departemen Pertanian Amerika, ini artinya parfum FM terbuat 100% dari tumbuh-tumbuhan organik, jadi aman di kulit bahkan untuk yg alergi sekalipun.. Hal-hal inilah yg membuat parfum FM menjadi parfum terlaris di Eropa (50 ribu botol/hari terjual) dengan aroma sama dan harga lebih murah utk kualitas EDP & PERFUME, langsung hrga pabrik. harga jual hanya 165rb s/d 380rb per product. Import langsung dari Polandia.

WHY FEDERICO MAHORA (FM) parfum ?

☑ Organic parfum(sertifikat USDA)

☑ Best seller 50negara+5 benua

☑ ORI import eropa

☑ Aman(POM)

☑ TIDAK ADA Sistim Hangus Untuk Jaringan NEtwork nya

☑ Pilihan para Artis indonesia

☑ NO competitors

☑ NO Stok(dropsiping) -

F A K T A :

 Hanya segelintir orang di dunia yg mengetahui sumber Uang ada di industri parfum…spt Hugo Boss, Armani, Kenzo, Escada, dll…

 Potensi Penghasilan 4 -130 – 1M Dgn MODAL hanya 1 juta keuntungan Retail + Komisi Bulanan.

 Parfum ORI Eropa berkualitas Jerman by Federico Mahora, dengan harga lebih murah sampai 70% dari yg ada di Mal.

 Perusahaan Parfum terbesar dengan 100 aroma padanan Merk2 Branded.

 Kantor di 50 negara: amerika, perancis, italy, Inggris, Jerman, Australia, dll.

 Satu-satunya perusahaan Parfum IINTERNASIONAL dunia dengan strategi network marketing TANPA SAINGAN.

 Keuntungan pemakai: pilihan aroma banyak+kualitas eropa+MURAH.

 Keuntungan reseller: 30%+ tdk perlu stok barang, kantor yg kirim ke seluruh indonesia Mau Wangi yang AMAN dan MURAH? (*) PARFUM ORI IMPORT EROPA, LANGSUNG PABRIK (HARGA MURAH), AMAN (ada POM dari dept KESEHATAN). (*) Sebagai perbandingan: Harga di MAL, 50 ml, EDP merek Designer, harga min Rp. 900.000 Harga PARFUM FM? Rp. 257.000,- (HARGA PABRIK !!, kualitas dan aroma sulit dibedakan) (*) BISNIS yg TIDAK ADA SAINGAN NYA utk PARFUM ORI EROPA dan MURAH (krn langsung Pabrik)

3:46 AM  
Anonymous Grosir Boneka Murah said...

salut untuk bunda-bunda disini yang punya semangat tinggi untuk kreatif mendapatkan penghasilan tanpa meninggalkan tugas utama sebagai ibu ...Saya faisal, punya usaha grosir boneka murah , membuka peluang buat bunda dan temen-temen disini untuk gabung di bisnis ini boneka murah dengan modal yang sangat kecil, Sekali lagi salut buat bunda-bunda dan temen-temen....salam sukses

6:40 PM  
Blogger Unknown said...

2015-7-18 xiaozhengm
burberry scarf
oakley sunglasses
coach outlet store online
mcm handbags
longchamp soldes
borse louis vuitton
cheap beats headphones
burberry outlet online
nike blazer
louis vuitton
true religion outlet
ray ban glasses
jordan shoes
pandora charms
oakley sunglasses outlet
coach outlet
ray ban sunglasses
cheap ray ban sunglasses
ralph lauren outlet
pandora charms 2015
jordan homme
burberry sale
soccer jerseys
pandora jewelry
ray ban sunglasses
coach outlet
cheap beats
prada handbags
longchamp outlet
chaussure louboutin
tory burch shoes
michael kors
ray ban sunglasses
nike tn
michael kors uk
michael kors
gucci outlet
cheap oakley sunglasses
snapback hats wholesale

8:50 PM  
Blogger chenlina said...

chenlina20160426
oakley sunglasses
ray ban sunglasses discount
christian louboutin outlet
coach factory outlet online
nike store outlet
cheap nfl jerseys
cheap jerseys
true religion outlet
true religion jeans
burberry outlet
celine outlet
toms shoes
hollister
nike air max 90
insanity workout
nike air huarache
marc jacobs handbags
basketball shoes
michael kors outlet
jordan 4 toro
michael kors handbags
lebron 11
fitflops sale clearance
fitflops
adidas originals store
kate spade
nike roshe runs
michael kors purses
nike uk
ray ban sunglasses
hollister outlet
ralph lauren outlet
timberland outlet
nike air jordan
michael kors outlet
supra sneakers
juicy couture
adidas superstars
nike trainers
michael kors purses
as

7:25 PM  
Blogger 柯云 said...

2016-06-22keyun
louis vuitton handbags
louis vuitton handbags
michael kors outlet online
coach outlet online
michael kors outlet
louis vuitton purses
michael kors handbags
cheap ray ban sunglasses
air jordan 4
cheap jordans
louis vuitton handbags
jordan 3s
true religion jeans
air force 1 trainers
retro 11
adidas originals store
louis vuitton
marc jacobs outlet
louis vuitton outlet
polo outlet
michael kors outlet clearance
louis vuitton purses
air jordan femme
ralph lauren outlet
air jordan shoes
supra footwear
hollister clearance
tory burch shoes
louis vuitton outlet online
oakley sunglasses
the north face jackets
toms outlet
cheap jerseys
michael kors outlet online sale
adidas outlet store
louis vuitton purses
louis vuitton bags
michael kors outlet clearance
nike store

1:12 AM  
Blogger Unknown said...

https://www.blogger.com/comment.g?blogID=10316397&postID=647097012339135159&page=1&token=1513103002902

10:26 AM  
Blogger بروكر said...


I definitely love this site.
https://prokr2020.hatenablog.com/
https://www.docdroid.net/5yTgOQE/shrkat-nkl-athath-oaafsh-balmdyn-almnor.docx
http://site-2059150-8715-900.mystrikingly.com/#blog
https://www.prokr.net/ksa/jeddah-water-leaks-detection-isolate-companies/

2:53 AM  
Blogger rehab gad said...

Good write-up. I definitely love this site. Keep it up

http://prokr114.bravesites.com/
https://slashdot.org/~rehabgad/firehose
https://rehabgad.livejournal.com/
http://l-ibda3.net/
https://www.prokr.net/ksa/jeddah-water-leaks-detection-isolate-companies/

1:32 PM  
Blogger jobnewsbd24.com said...

GST Eligible List has been publihsed very soon from their official website otherwise visit to our website to view Guccho Primary Application Result our website available

5:07 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home