7/31/06

[Share CikalMArt] Bagaimana membangun kepercayaan&brandwidth

--- In http://finance.groups.yahoo.com/group/cikalmart/post?postID=7kfOzZTnqn9jhwdV5JFn3VGmgpwRZE8VyUIYI63D2lnJf6cj85z88AxEBllHrLZq1TY3YIOlB0HQaLVXS8SRG_qM9A, "ardicikalmart" cikalmart@yahoo.comwrote:

Salam kenal bu malna (maaf jika salah sebut ya :) ), saya sudah lihat website-nya, sudah cukup bagus. Mungkin bisa ditambah dengan adanya testimonial atau ungkapan2 dari pelanggan2yang sudah ada tentang nanaberas ini, kalau ada dari kalanganselebriti atau public figure lainnya itu akan lebih dahsyattt lagi efeknya, namun jangan sekali2 pernah mencoba untuk membohongi calon pelanggan dengan membuat testimoni yang dikarang2 sendiri ya :).

Lalu bisa dibuat semacam forum diskusi 2 arah dengan pelanggan/calonpelanggan, misalnya dengan adanya buku tamu, shoutbox, fasilitaschatting,dll untuk membangun kepercayaan khususnya kepada calonpelanggan.Untuk membangun kepercayaan via online, diIndonesia masih belum efektif menggunakan konsep B (Business) to C (Consument), seperti halnya amazon.com untuk penjualan buku secara online atau dell untukpenjualan komputer dan lain sebagainya. Ada baiknya ibumenelurkan konsep B (Business) to B (Business), artinya ibu membuat sistem penjualan kepada para agen/minimarket/warung dan lain sebagainya, dengan sistem harga yang bersaing agar mereka mau membelinya dari nanaberas, umumnya selisih 10%-20% dari harga eceranke konsumen dipasaran.

Seperti halnya didalam penjualan secara offline, penjualan secaraonline pun membutuhkan usaha untuk membangun brandwidth, bagaimanananaberas dapat mencreate value atau nilainya sendiri yang menjadipembeda dari nilai yang diberikan oleh pesaing atau usaha lainnya.
ada 5 dimensi kunci untuk mengembangkan merek yang kuat:
1. Kehadiran
Kehadiran dipasar adalah cara merek apapun untuk memperolehkesadaran dan diterima oleh konsumen.Apakah nanaberas sudah memiliki kemasan sendiri? untuk barang yangmempunyai kemasan, kehadiran dipasar biasanya dicapai lewatdistribusi. Melihat produk dirak, konsumen mempunyaipemikiran, "Bila terdistribusikan secara luas, pasti barangnya okenih"
2. Relevansi
Relevansi merek merupakan cara merek nanaberas cocok dalam hidup pelanggan dan bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.Semakin diarahkan pada kebutuhan dan keinginan dari pemakainya,brandwidth nanaberas akan semakin berkembang.
3. Pembedaan
Miliki posisi pembedaan yang relevan dipasar, nanaberas harusmemiliki arti dalam kehidupan pelanggan dan harus dianggap berbedadari semua pesaing.
4. Kredibilitas
Setiap merek adalah suatu janji. Didalamnya terdapat set harapanyang ditetapkan oleh pengalaman pemakai dan oleh pernyataanpemesaran nanaberas. Kredibiltas merek bertambah dengan menyampaikanjanji tadi.
5. Citra
Citra merek adalah mudah dibayangkan untuk merek seperti Coca Cola,dengan bulatan berwarna merah, beruang kutub, Santa dll.McDonald'slengkungan emas dan arsitektur pemberian nam "Mc" untuksetiap produknya. Nike dengan air jordannya. Microsoft dengan BillGates, Michael Jordan dari revolusi informasi. Merek yang baikmembentuk citra itu menjadi arti dan pembedaan.

Mudah2an 5 dimensi kunci ini kita dapat bangun dan kembangkan, untukmembangun merek yang mempunyai nilai tersendiri dan tidak mudahlekang oleh waktu. Sukses dengan nanaberas-nya!

Semoga terinspirasi.

Wass, Ardi
CikalMArt for Indonesia
"Belanja lebih dekat, lebih menyenangkan"
Retail & Voucher Elektrik
http://www.cikalmart.blogspot.com
Milist Home Business: cikalmart@yahoogroups.com
Kp.Kubang Wuluh Ds.Kebon Dalem RT.03/06 No.38 Cilegon 42433.
Telp/Fax.(0254)399767 contact person: Ibu Desi Marwati
SMS Centre: 081807493827

--- In http://finance.groups.yahoo.com/group/cikalmart/post?postID=7kfOzZTnqn9jhwdV5JFn3VGmgpwRZE8VyUIYI63D2lnJf6cj85z88AxEBllHrLZq1TY3YIOlB0HQaLVXS8SRG_qM9A, "Malna R. Syarief" wrote:
>> Perkenalkan nama saya Malna, saat ini sedang mulaiberbisnis/berdagang beras dan hasil bumi di Yogyakarta. Mohon maaf bila hal ini pernah dibahas... Saat ini saya berusahamengembangkan usaha saya untuk pasar diluar daerah, tetapi yangmenjadi kendala adalah saya belum mengerti bagaimana sebenarnyasistem perdagangan jarak jauh itu bekerja. Misalnya, bagaimana sayabisa membuat calon pelanggan saya percaya untuk menyetor uangpembayaran/uang muka sebelum barang dikirim atau sebaliknya,bagaimana saya harus mempercayai calon pelanggan bahwa dia akanmelunasi tagihan saat barang sudah saya kirimkan.>> Saya pernah mendengar apa yang disebut dengan Letter of Credit(L/C) atau SKBDN, tapi saya makin tidak mengerti mekanismenya dantentu itu digunakan untuk perdagangan skala besar.
Saya tanyakan kepada milis ini, apakah mungkin ada surat semacamitu untuk pedagang kecil seperti saya supaya saya maupun calonpembeli terlindungi dan saling percaya atau adakah sistem lain untukmembangun saling kepercayaan ini? Terima kasih atas perhatiannya.
Salam manis, Malna R. Syarief
--> www.nanaberas.com - Menyemai tradisi, menuai masa depan> Jl. Jae Sumantoro 38, Pasar Godean> Sleman, Yogyakarta 55564> Telp. (0274) 797026

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home