7/31/06

[Milist CikalMArt] Usaha Makanan di Bandung

--- In cikalmart@yahoogroups.com, "ardicikalmart" wrote:
>
> selamat ya, semoga sukses dengan usahanya, sedikit saran saja nih,
> -kesan pertama penting, untuk bisa menjaring pelanggan. dibuat
> seoptimal mungkin pada saat pembukaan, tidak perlu tergesa2 untuk
> dibuka. undang teman2 kuliah, tetangga pada saat pembukaan, kalau
> bisa gratis, ya digratisin saja dulu untuk pertama, hitung2 promosi.
> asal jangan kebanyakan gratis nya :) atau dengan sistem voucher
> discount, 50% dll untuk menarik perhatian calon2 pelanggan.
> -dimulai saja dari yang kecil yang paling menjadi keunggulan
> menunya, lambat laun bisa ditambah menu2 lainnya, untuk menghindari
> biaya overhead yang terlalu besar diawal. perlu ketahanan baik dari
> sisi modal, pikiran, tenaga dll untuk bisa survive dan bisa punya
> waktu dan energi untuk selalu memperbaiki yang sudah ada.
>
> sekali lagi sukses ya, bravo buat kotenk di bandung tea, tetap
> semangat!.....
>
> Wass, Ardi
> CikalMArt for Indonesia
> "Belanja lebih dekat, lebih menyenangkan"
> Retail & Voucher Elektrik
> http://www.cikalmart.blogspot.com
> Milist Home Business: cikalmart@yahoogroups.com
> Kp.Kubang Wuluh Ds.Kebon Dalem RT.03/06 No.38 Cilegon 42433.
> Telp/Fax.(0254)399767 contact person: Ibu Desi Marwati
> SMS Centre: 081807493827
>
>
> --- In cikalmart@yahoogroups.com, nopey w wrote:
> >
> > halo semua :) I'm back.. Aku bakal nulis panjang2 lagi nih kynya :D
> >
> > Mengenai rencana saya waktu itu untuk buka tempat makan dekat
> kampus, sekarang lagi dalam proses perencanaan ^_^ Untuk menu, baru
> kepikir 4 macam, 3 menu ikan2an & 1 menu ayam, walo sedikit,
> harapannya kita bisa fokus di menu2 ini, diusahain biar enak dan
> murah. Soalnya saya bandingin dengan stan yg ada di foodcourt, ada
> stan yg cuma jual soto ayam n soto sapi, sama nasi omelette. Dan
> stan itu lakunya setengah mati :)
> >
> > Tempat di foodcourt depan kampus udah ga mgkn diambil lagi
> soalnya dah penuh dan juga kalo belum penuh kita ga sanggup keluar
> modal sebanyak itu. Dan bener sekali saran dari bos ardiansah kmrn,
> untuk awal2 kita mo cari tempat yg ga mahal yg sesuai dgn budget
> kita. Misalkan di halaman rumah yg ga kepake, yg kira2 bakal murah
> kalo disewain. Kemaren pas jalan2 depan kampus, saya lewat di depan
> kos temen, selama ini ga pernah kepikiran tentang kos itu. terus
> temennya temen saya bilang, knapa nggak coba di kos ini aja, di
> halamannya aja..
> >
> > Saya sudah coba masuk ke kos itu dan melihat2 kondisi
> halamannya...Halamannya cukup panjang dan dalam. Ada 2 pintu
> gerbang, pintu gerbang yg aktif dibuka-tutup yg sebelah kiri, untuk
> masuk mobil/motor. Mobil yg ada juga ga banyak, 1-2 mobil. Halaman
> sebelah kanan, yg di daerah pintu gerbang sebelah kanan, gerbang
> kanan selalu digembok dan ga pernah dipake buat keluar masuk.
> Sekeliling halaman dikelilingi tanaman, kalo saya bilang mah
> suasananya enak. Saya langsung senang pas liat tempat di kosan itu,
> cuma masalahnya gimana ya ngmg ke pemiliknya? Apa dia mo kasih
> halamannya buat disewain? Kalo dikasih pun, dia bakal pasang harga
> berapa? Akhirnya saya tanya ke temen sy yg ngekos di situ, saya
> tanya gimana menghubungi pemilik kos. tnyata kt teman saya, pemilik
> kosnya ga tinggal di indo, tinggalnya di belanda, dan biasanya
> pulang 2x setahun. Biasanya yg mengurus masalah administrasi ada 2
> orang, dia kasih tau saya nama dan no hp bapak itu.
> >
> > Besoknya siang2 saya ke kos itu lagi, bapak surani (yg ngurus
> adm kos itu) pas lagi ngejaga di pos depan. Lalu saya tanyain, apa
> tempat parkir di daerah gerbang kanan itu bisa disewain? Ptama si
> bapak teh ngmg kayanya ga disewain sama yg punya, trs saya minta
> tolong ke bapak itu buat nanyain langsung ke pemilik kos, saya
> bilang, "Cuma halaman yang bagian situ aja kok Pak, depanan ma
> gerbang itu aja". Lalu bapak itu mengangguk2, akhirnya saya
> ninggalin no HP ke si bapak. Si bapak keliatan baik, cuma saya ga
> tau apa bakal beneran ditanyain ke pemilik kos. Saya suka banget
> tempat itu, kalo sampe ga dapet sayang sekali, mana lokasinya depan
> kampus banget lagi.
> >
> > Yang kedua masalah persiapan menunya. Rencananya bulan agustus &
> september ini, sambil nanyain masalah tempat tadi, kita bakal
> memperdalam resep bikin makanannya, trus minta temen2 nyobain, enak
> pa nggak, byk yg suka apa ngga. Trus kalo responnya byk yg positif,
> kita bakal ngitung berapa harga modal buat 1 porsinya, dan berapa
> harga yang bakal kita pasang. Trus ntar ditanyain lagi ke
> temen, "kalo menu ikan ini dijual 7000 per porsi (misalkan), kamu
> mau beli?". Setelah masalah cara bikin makanannya dan penentuan
> harga sudah selesai. Apalagi kalo masalah tempat tadi beres,
> wah...setidaknya keberanian udah terkumpul 50%.
> >
> > Kita bagi2 tugas (saya & temen joinan bertiga), selama bulan
> agustus september ini, kita juga bakal ngitung2 buat peralatan2 yg
> dibutuhin, mulai dari kulkas, kompor, piring2, trus buat dekorasi
> tempat, meja2 dan bangkunya. Rencananya sih beli kayu aja trus bikin
> sendiri meja kursinya, biar murah. Soalnya ada tmpt mkn deket kos
> saya pernah liat dulu juga meja n kursinya dibikin sendiri.
> >
> > Kalo bener2 itu semua bisa jalan lancar, paling cepet oktober
> MUNGKIN udah bisa mulai jualan. Cuma setelah dipikir2, bulan
> november nanti ada lebaran, lalu desember ada natalan. Takut sepi,
> cuma setau saya biasanya pas lebaran (karena biasanya lebaran saya
> ga pulang kampung) memang sebagian besar tempat makan tutup, tapi
> masih ada yg buka dan bahkan harganya dinaikin. Jadi saya berpikir
> mgkn masih bisa survire di bulan itu.
> >
> > Baru sejauh ini yg saya lakuin. Saya merasa sepertinya masih
> banyak hal yg terlewat dan lupa saya masukkan ke perencanaan ini
> (mengingat saya belum pengalaman ^_^), dan seandainya temen2 ada yg
> teringat sesuatu yg terlewat oleh saya & bisa memberi tahu, saya
> akan senang sekali :)
> >
> > Sori, lagi2 tulisannya panjang banget ya :) Ya moga2 enak dibaca
> aja..
> >
> > Salam sukses buat semua!
> >
> > -kotenk-

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home