12/20/06

[Buku] Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Wass, Ardi
http://www.cikalmart.blogspot.com
Retail is Detail!
"if you are not detail, you better step out from retail"
Bergabunglah dengan Komunitas #Retail&Home Business#,
kirim email ke : cikalmart-subscribe@yahoogroups.com
Website: http://www.cikalmart.com/

Judul buku : Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut
Penulis : Emanuel Rosen Penerbit : Elex Media Komputindo Halaman : xv + 342 Hal

Media iklan terbesar dan terdasyat adalah suara manusia. Buku Emanuel Rosen merupakan panduan wajib untuk mengoptimalkan metode yang sering diabaikan dalam meraih pelanggan dan prospek." (AL RIES, Chairman, Ries & Ries, Penulis Pendamping Positioning: The Battle for Your Mind)

Sinopsis Dalam buku "Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut" menjelaskan bagaimana kehebatan sebuah mulut dalam proses marketing melalui desas-desus (buzz). Banyak pengalaman positif dan negatif yang melibatkan desas-desus.

ROSEN mencontohkan peluncuran EndNote, sebuah perangkat lunak untuk mahasiswa. EndNote bukanlah produk yang sangat menggiurkan tapi akan sangat berguna bagi penelitian. Alat tersebut baru akan dikeluarkan beberapa bulan lagi, tidak diiklankan. Dan hanya beberapa orang yang mengetahui keberadaannya. Tapi pesanan pertama malah datang dari negara bagian lain.

Ini menunjukkan desas-desus memiliki peranan besar dalam proses penjualan berbagai produk. ROSEN menjelaskan bagaimana proses desas-desus menyebar hingga cara menstimulasi desas-desus.

Iklan juga dibahas habis dalam buku ini. Apakah iklan dapat menstimulasi desas-desus? Kadang-kadang iklan menghasilkan desas-desus karena iklan yang baik dapat membantu membuat orang membicarakannya. Sebuah iklan yang dirasakan baik, dan dikeluarkan tepat pada waktunya dapat menyumbang dalam terjadinya desas-desus.

ROSEN mengharapkan dengan buku ini dapat membantu pembaca untuk mengembangkan pemasaran dengan cara yang berbeda. Di bab terakhir ROSEN menciptakan sebuah workshop guna menuntun pembaca dalam pemasaran produk atau jasa.

Deskripsi EMANUEL ROSEN dalam buku ini menjelaskan realitas tentang bagaimana desas-desus (buzz) dapat diluncurkan dan diatur agar lebih cepat mencapai massa pemakai yang kritis terhadap inovasi.

Desas-desus dapat mengembangkan gagasan baru di pasar, namun juga dapat merusaknya. Kedua akibat itu sudah pernah terjadi dan ditunjukkan Rosen dengan alasan-alasan yang dapat dipahami.

Buku ini patut dibaca oleh siapa saja yang ingin memahami fenomena pemasaran dari mulut ke mulut. Buku ini memberikan pandangan yang sangat menarik mengenai sifat jaringan antarperorangan dan bagaimana sifat-sifat ini dapat digerakkan. Ada berbagai strategi untuk menciptakan desas-desus dan mendiskusikan tekni-teknik yang telah terbukti berhasil dalam merangsang penjualan dari pelanggan-ke-pelanggan. Bagi yang bekerja di bidang advertising, banyak manfaat yang digali dari buku ini. Nah, simak bukunya.