12/19/06

Wawancara CikalMArt di Majalah Pengusaha

Berikut adalah wawancara Ibu desi Marwati dari CikalMArt dengan Majalah Pengusaha mengenai Bisnis Prospekif di tahun 2007.

Selamat Menikmati.

Wass, ardi.
http://www.cikalmart.com
It's all about Retail!
#Belanja Lebih Dekat, Lebih Menyenangkan#
Customer Service CikalMArt:
Kp.Kubang Wuluh Ds.Kebon Dalem RT.03/06 No.38 Cilegon 42433.
Telp./Fax. (0254) 399767 Contact Person: Ibu Desi Marwati

Bergabung dengan Komunitas Retail & Home Business CikalMArt
kirim email ke: cikalmart-subscribe@yahoogroups.com

Sebelumnya perkenalkan saya Fitra Iskandar dari majalah Pengusaha. Sebuah media nasional yang konsern terhadap kemajuan dunia enterpreneur di tanah air yang terbit sejak tahun 2000. pembaca kami datang dari kalangan, khususnya usahawan dan masyarakat luas yang mempunyai ketertarikan mengikuti informasi bisnis yang aktual di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan pembaca akan informasi bisnis, Majalah Pengusaha selalu berupaya untuk menyajikan informasi- informasi peluang usaha. Rubrikasi kami antara lain, franchise, peluang usaha, profil sukses, strategi marketing dllsehubungan dengan penerbitan edisi desember yang mengangkat isu utama bisnis prospektif tahun 2007.

Kami melihat dari sedikit riset yang kami lakukan bahwa bisnis voucher selluler merupakan salah satu bisnis yang termasuk menjanjikan di tahun depan. Sebab itu saya bermaksud meliput Cikalmart untuk kami tampilkan sebagai salah satu narasumber untuk edisi kali ini beberapa informasi kami butuh kan dengan beberapa pertanyaan antara lain, kami berharap tulisan kami nanti mengenai Cikalmart dapat memberikan gambaran yang komperhensif kepada pembaca mengenai keberadaan Cikalmart dan peluang usaha yang ditawarkannya.

[T] Bisa ibu ceritakan secara rinci konsep bisnis CikalMart
[J] Bisnis Retail kami secara offline adalah sebuah toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari dilingkungan terdekat kami di Cilegon. Kami concern dengan home business yaitu usaha yang dilakukan dari atau dekat rumah, sehingga ibu-ibu khususnya ibu-ibu di Indonesia dapat melakukan kegiatan produktif dan berkontribusi terhadap kemandirian keluarga secara mikro dan kemandirian bangsa secara makro. sebenarnya ini tidak hanya ditujukan kepada ibu-ibu dirumah, namun juga bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga dirumah. untuk itu sebagai aktualisasi dari visi dan misi CikalMArt seperti yang disebut diatas, maka sebagai salahsatu distributor voucher elektrik yang langsung bekerjasama dengan operator-operator telekomunikasi seperti Telkomsel dan XL, maka CikalMArt membuka pendaftaran untuk usaha pengisian pulsa elektrik diSeluruh Indonesia. Dengan usaha pulsa elektrik, yang bermodal tidak besar dan dapat dilakukan dimanapun serta kapan pun selama 24 jam, hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi yang ingin berusaha namun tidak memiliki modal yang besar dan bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun, karena dengan SOP (standard of procedure) yang mudah dan sederhana hanya dengan mengirim SMS dengan kode tertentu atau dengan menekan kode-kode tertentu yang cukup sederhana, tentu saja hal ini bisa dilakukan oleh banyak orang dengan sangat mudah.


[T]Konsep bisnis voucher elektrik seperti apa ?
[J]Konsep bisnisnya adalah menjadi distributor bagi agen-agen pengisian pulsa elektrik di seluruh indonesia, dengan menggunakan beberapa layanan yang berbeda dari masing-masing operator telekomunikasi, seperti m-kios khusus pengisian pulsa elektrik simpati dan as, lalu ada dompet pulsa XL khusus pengisian pulsa elektrik XL bebas dan XL jempol, karena ada keterbatasan dari sistem m-kios yang hanya bisa menggunakan chipnya berdasarkan wilayah yang ditentukan oleh Telkomsel, CikalMArt sendiri hanya mengcover wilayah JABOTABEK dan BANTEN sampai dengan Purwakarta untuk M-Kios dari Telkomsel ini, maka CikalMArt membuat sistem baru yaitu sistem grosir pulsa elektrik, dengan sistem baru ini, agen-agen pulsa elektrik diseluruh indonesia, seperti di Kalimantan, Sumatera, sampai dengan Maluku dan Papua, dapat menikmati harga pulsa elektrik semurah seperti harga M-Kios dari Telkomsel.

[T] Bagaimana ibu memulai bisnis voucher nya, apa positioningnya?
[J] Kami memulai awalnya dulu dari hanya sebuah counter pulsa fisik, pulsa elektrik dan kartu perdana didepan toko kami dicilegon yang menjual kebutuhan sehari-hari. Usaha ini berkembang sampai sekarang dengan menjadi distributor pulsa elektrik diseluruh Indonesia .

Positioning kami adalah memberikan pelayanan yang memberikan harga yang tidak tinggi, dengan sistem yang lebih stabil dan serta lebih cepat dalam pengisian pulsa elektrik, hal ini yang membedakan kami dari kebanyakan distributor/dealer pulsa elektrik lainnya, yang seringkali mendapat banyak keluhan karena sering kali pulsa elektrik yang dikirim ke pelanggan tidak sesuai dengan laporan yang diterima via SMS ke HP agen pulsa elektrik.

Di CikalMArt sistem pengisian pulsa elektrik langsung mengunakan sistem dari masing-masing operator telekomunikasi yang ada diIndonesia, sehingga sistemnya lebih terjamin kestabilannya, kecepatannya serta keamanannya.


[T] Bagaimana caranya menjalankan bisnis ini mengingat sepertinya CikalMArt siap menjalin kemitraan dengan orang dari luar daerah
[J]Dengan sedikit merubah sistem pengisian pulsa elektrik, khususnya untuk pengisian simpati dan as yang banyak diminati oleh orang-orang diluar daerah seperti kalimatan, sumatera, maluku dll, namun tetap menggunakan sistem langsung dari telkomsel secara base-nya, maka pengisian pulsa elektrik untuk simpati dan as ini pun dapat dilakukan diseluruh Indonesia, dengan harga yang sama seperti harga dari m-kios telkomsel.

yang selama ini berjalan adalah agen-agen pengisian pulsa elektrik melakukan pemesanan sesuai paket-paket grosir pulsa elektrik yang telah ditentukan oleh CikalMArt dan bisa dilihat diwebsite secara online, pemesanan dilakukan dengan mentransfer via BCA atau MANDIRI sesuai paket yang dipilih dan harga yang sudah ditentukan, kemudian agen melakukan konfirmasi pemesanan hanya dengan via SMS sesuai dengan cara yang sudah ditentukan oleh CikalMArt dan bisa dilihat diwebsite secara online, berdasarkan pemesanan ini maka agen-agen mendapatkan stocknya masing-masing untuk bisa melakukan pengisian pulsa elektrik ke masing-masing pelanggan agen-agen tersebut.

Sementara itu ada system lainnya yang bisa dipilih oleh agen-agen pulsa elektrik, seperti m-kios dan dompet pulsa XL, m-kios hanya digunakan untuk pengisian pulsa elektrik simpati dan as dan hanya bisa dilakukan oleh agen-agen diwilayah JABOTABEK dan BANTEN, sementara dompet pulsa XL untuk pengisian pulsa elektrik XL bebas dan jempol, dengan dompet pulsa XL agen mendapatkan 2 keuntungan yaitu discount sekitar 4% dari nilai dompet pulsa XL yang dipilih, misalnya dompet pulsa (baca: pulsa) senilai 300 ribu, hanya dibeli senilai 288 ribu saja, yang kedua agen mendapatkan keutungan dari harga yang lebih murah jika dibandingkan dari harga dari dealer-dealer pulsa elektrik, yaitu harga pulsa XL sesuai dengan nominalnya misalnya pulsa XlL 5000 harga dasarnya hanya 5000, sehingga agen mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar jika agen menjualnya kembali kepada pelanggannya.


[T]Bisa disebutkan keunggulan "produk" yang di tawarkan
[J]Keunggulan produk CikalMArt adalah system yang lebih stabil, lebih cepat, lebih terjangkau, aman dan terjamin,

Lebih Stabil: pengiriman pulsa langsung ke pelanggan dari server Telkomsel (M-Kios), XL (Dompet Pulsa), Satelindo (M-tronik), dll, untuk menghindari banyaknya gangguan atau proses refund seperti banyak terjadi pada banyak dealer voucher elektrik lainnya.

Lebih Cepat: penerimaan pulsa di HP pelanggan lebih cepat, karena dikirim langsung dari server Telkomsel (M-Kios), XL (Dompet Pulsa), Satelindo (M-Tronik), dll. Berbeda dari dealer voucher elektrik lainnya yang menggunakan server tersendiri untuk sub dealer-sub dealer voucher elektrik, yang diteruskan kepada agen-agen voucher elektrik dibawahnya, proses ini akan menyebabkan kelambatan penerimaan pulsa di HP pelanggan.

Lebih Murah: harga langsung dari Telkomsel (Simpati dan Kartu AS ), XL (XL Bebas dan Jempol), Satelindo (Mentari dan IM3), dll, harga lebih murah karena dengan sistem grosir.

Lebih Terjamin: Stock selalu terjamin ada untuk semua produk Simpati, Kartu AS , XL, Mentari, IM3 dll.


[T]bagaimana cara cikalmart menambah dan memperluas pelanggan? apa strateginya, dan bagaimana mempertahankannya
[J]selama ini CikalMArt melakukannya dengan promosi baik secara eksplisit maupun implisit melalui berbagai milist di tanah air, juga promosi dengan media iklan di internet, yang paling banyak adalah dari website CikalMArt yang bisa dicari dengan keyword – keyword seperti pulsa elektrik, voucher elektrik, dll melalui search engine seperti goggle dan yahoo.

Selama ini pelanggan dipertahankan dengan cara memberikan pelayanan yang lebih dekat, pelayanan dari hati yang selalu mendengarkan apa kata pelanggan dan memberikan apa yang sangat diinginkan oleh pelanggan. CikalMArt memberikan layanan sms centre, fax, email, call centre dll untuk kemudahan hubungan dengan para pelanggan, CikalMArt menggunakan dan memberikan tips kepada pelanggan untuk menggunakan jasa perbankan seperti m-banking dan internet banking untuk kemudahan melakukan transaksi dan mengecek setiap transaksi yang masuk dari masing-masing pelanggan CikalMArt.


[T]Sudah berapa banyak pelanggannya
[J]ini menjadi rahasia kami sendiri, agar competitor tidak mengetahui kekuatan kami sebenarnya, mohon maaf. Yang pasti adalah pelanggan CikalMArt sudah tersebar mulai dari wilayah Sumatera seperti medan, riau, sampai ke lampung, wilayah Kalimantan seperti Balikpapan, Kutaikertanegara, sampai dengan Banjarmasin, paling timur sampai dengan wilayah Maluku. Di Jabotabek dan Banten menjadi wilayah yang menjadi basis pelanggan CikalMArt khususnya untuk produk m-kios telkomsel dan dompet pulsa XL.


[T]Dari mana saja pelanggannya
[J] seperti yang sudah disebutkan diatas, mulai dari sumatera di bagian barat Indonesia sampai dengan Maluku di wilayah paling timur Indonesia .


[T]sistem bisnis dengan pelanggannya bagaimana
[J] system bisnis dengan pelanggan sudah disinggung sebelumnya, yaitu melalui pemesanan paket-paket pulsa elektrik yang diinginkan oleh pelanggan via sms, pelanggan melakukan transfer berdasarkan pemesanan, CikalMArt akan menyediakan atau mengirimkan stock pulsa elektrik sesuai dengan pemesanan dari masing-masing pelanggan.


[T]Bagaimana secara rinci perkembangan usaha saat ini dari omset sampai jumlah pelanggan...mungkin bisa gambarkan secara nominal jumlah pemasukan omset perbulannya
[J]untuk omset per bulannya diatas 50 juta, hal ini hanya dari pelanggan-pelanggan rutin yang aktif melakukan pemesanan setiap hari dan minggunya.


[T]berapa modal yang dibutuhkan anda memulai usaha ini
[J]Modal off the record, mohon maaf.


[T]Dengan jumlah modal itu untuk ( membeli ) apa saja
[J] Modal tetap digunakan seperti untuk pembelian beberapa handphone, untuk computer & internet. Sementara modal berjalan, lebih banyak untuk pembelian stok pulsa elektrik ke telkomsel dan XL serta operator telekomunikasi lainnya.


[T]Bagaimana internet memberikan keuntungan pada bisnis anda...
[J]Dengan internet, promosi dapat dilakukan dengan cara yang lebih murah, dapat diakses selama 24 jam, dapat diakses dimanapun diseluruh nusantara bahkan dunia, dengan internet juga kami dapat memberikan penjelasan produk tanpa kehadiran kami selama 24 jam dan sampai sejauh ini berjalan dengan baik.


[T]Apakah blog cikal mart merupakan bagian dari strategi bisnis anda
[J]Blog CikalMArt merupakan salahsatu bagian strategi pemasaran kami, dengan adanya blog ini, diharapkan menjadi wadah sumber inspirasi bagi banyak orang untuk dapat berusaha sendiri dengan modal yang terjangkau oleh banyak orang dan dapat dilakukan dimanapun termasuk di rumah sendiri, salahsatunya usaha pengisian pulsa elektrik ini. Blog CikalMArt pun ingin berkontribusi kepada masyarakat luas sebagai social responsibility usaha kami, seperti memberikan berbagai tips dalam berusaha dan tips untuk kemudahan berusaha.


[T]Apa yang dilakukan agar blog cikalmart bisa memberikan sumbangan optimal bagi pembacanya khususnya pelanggannya dan terutama bagi anda
[J]Dengan memberikan berbagai inspirasi dalam berusaha mudah-mudahan dengan inspirasi-inspirasi ini salahsatunya ada kesesuaian dengan masing-masing orang yang berkunjung ke blog CikalMArt, inspirasi-inspirasi ini tidak melulu harus mengenai usaha pulsa elektrik saja, bagi kami yang terpenting adalah mereleasasikan Visi dan Misi CikalMArt yaitu mendorong kemandirian keluarga-keluarga di Indonesia, salahsatunya dengan berusaha sendiri, bisa dimulai dari modal kecil, bisa dilakukan di rumah sendiri, dan bisa dilakukan hari ini juga, dengan begitu berusaha bukan menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat kita di Indonesia, namun menjadi sebuah kemudahan dengan memulainya dari yang kecil, dimulai dari sekarang dan dapat belajar berusaha sambil bekerja (learning by doing)


[T]Bagaimana menurut anda pangsa pasar bisnis ini di tahun mendatang
[J]Pangsa pasarnya masih terbuka sangat luas, penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta, pengguna handphone yang berbasis pra bayar masih sangat tinggi, kami ambil contoh dari salahsatu operator telekomunikasi seperti simpati dengan jumlah pelanggan sampai dengan hari ini sebesar 32 juta pelanggan, bahkan telkomsel mencanangkan pertumbuhan pada 2010 sebesar 160 juta pelanggan. Sementara yang berusaha dibidang pengisian pulsa elektrik masih jarang terutama didaerah-daerah, memang untuk sebagian wilayah usaha-usaha sejenis tumbuh bak jamur dimusim hujan, masing-masing bersaing sangat ketat terutama disisi harga yang ditawarkan ke pelanggan dan disisi system pengisian yang lebih cepat serta aman dan terjamin, pada umumnya dua hal inilah yang menjadi alasan kuat pelanggan memilih pengisian pulsa elektriknya di tempat usaha masing-masing agen pengisian pulsa elektrik. Meski berdekatan sekalipun pelanggan akan tetap ke tempat agen/toko pengisian pulsa elektrik yang dapat memberikan kedua hal diatas.


[T] Apa rencana cikal mart di tahun depan 2007, mungkin menyangkut perluasan usaha dan strategi bisnis anda kedepannya
[J] Rencana CikalMArt tahun depan masih menjadi rahasia kami, yang pasti kami akan memunculkan produk-produk lainnya selain pulsa elektrik yang dapat dipesan hanya via sms/fax/email dan produk-produk nya dapat dilihat langsung via website CikalMArt secara on line. CikalMArt akan terus memperluas pangsa pasar dan produk secara online di Internet, ini salahsatu yang menjadi strategi bisnis yang akan dilakukan CikalMArt dalam waktu dekat.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home