2/18/07

Liputan Majalah Pengusaha: Desi Kerja di Rumah Gaji Direktur


Di Majalah Pengusaha edisi bulan februari 2007, liputan kali ini difokuskan seputar kiprah pebisnis wanita yang melakukan kegiatan usaha dan bisnis - nya di rumah : "The Mompreneur".

Di Indonesia, hal ini sebenarnya bukan fenomena baru, di hampir seluruh wilayah di Indonesia, secara kultural ibu-ibu di rumah memiliki fungsi ganda, baik selaku ibu rumah tangga juga sekaligus menjadi roda bagi perekonomian keluarga.

Skala usahanya pun beragam mulai dari skala jutaan rupiah sampai dengan milyaran rupiah. Mulai dari usaha warung makanan, usaha seluler & penjualan pulsa, usaha busana muslim, obat-obat herbal, spa, warnet, wartel, hingga menjadi penulis buku sangat mungkin diusahakan cukup dari rumah.

yang paling penting dalam memulai usaha adalah, "ide-nya", tidak pakai modal uang pun dapat dilakukan bisnis di rumah. Siapa sangka modal yang hanya 100 ribu bisa menghasilkan perputaran uang sampai puluhan bahkan ratusan juta per bulan?

Seperti halnya yang dilakukan Ibu Desi di CikalMArt (http://www.cikalmart.com), yang ditampilkan di edisi bulan februari ini di majalah pengusaha, kiprah Ibu Desi Marwati, Distributor Pulsa Elektrik- CikalMArt, yang memulai usaha dari rumah dengan modal awal hanya 100 ribu untuk pengisian pulsa elektrik, kini memiliki beberapa pelanggan agen-agen penjualan pulsa elektrik di seluruh indonesia dan mengelola perputaran uang sampai puluhan juta hanya dari sebuah rumah.

Ada juga profil ibu lainnya yang cukup sukses melakukan usaha di mulai dari rumah, seperti Dr.Yati Utoyo dengan Leha-Leha Pusat Kecantikan, ada Ibu Suharti Syarief produsen busana muslim dengan merek Sabila, Ibu Fatmah Bahalwan yang merintis bisnis katering juga dari dapur rumahnya, kini dikenal dengan Natural Catering dan komunitas mailing list (milist) yang ia kelola, Natural Cooking Club (NCC), kini beranggotakan lebih dari 3000 member.

Anda tertarik juga ingin berusaha sendiri di rumah?

Berikut adalah beberapa tips atau kiat sukses menjadi pebisnis di rumah (Summary Tips: Idea-Systems-Marketing-Brandwidth-Social) :

1. Temukan 'ide' yang unik.

Anugerah terbesar dalam diri kita adalah keunikan diri kita masing-masing, kadangkala kita terlalu sibuk menjadi orang lain. Ada baiknya cari minat dan bakat yang benar-benar anda kuasai dan menjadi bagian yang sangat unik dari anda, jika diperlukan bahkan tidak ada satu orang pun yang dapat menyamai keunikan ide anda.

2. Kuasai 'Sistem' Produk.

Setelah menemukan ide yang unik tadi, perbanyaklah mengetahui tentang selak beluk produk yang akan dijual tadi. Mulai dari sumber bahan/supplier/vendor/dll, jenis-jenis produk-nya, berbagai karakteristik produk-nya, mencari 'added value' sebuah produk yang tidak ditemukan dari kompetitor (jika produk ada kompetitor-nya), sampai dengan sistem distribusi produk-nya seperti apa.

3. 'Pemasaran'

Gunakan berbagai cara pemasaran yang relatif terjangkau dan cukup efektif untuk mendapatkan banyak pelanggan-pelanggan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat sebuah website dengan kategori yang sangat unik, sehingga pada saat orang membutuhkan sesuatu yang anda jual, website anda masuk ke peringkat 1 (satu) dan dua (dua) dalam pencarian di situs-situs (website) search engine seperti google dan yahoo. Cara ini sangat efektif dan relatif murah, hanya dengan modal 200 rb-an anda sudah bisa mendapatkan domain (alamat website) & hosting (isi website). Dengan website anda seperti memiliki toko (secara online) yang buka selama 24 jam setiap hari setiap bulan sepanjang tahun, dengan demikian usaha anda bisa dikenal oleh banyak orang tanpa anda sadari sendiri.

4. 'Brandwidth' (Membangun Merek/Nama)

Setelah pemasaran cukup efektif, usaha lainnya yang perlu dilakukan secara kontinu dan konsisten adalah membangun kepercayaan atas produk yang anda jual, bagaimana orang lain dapat percaya dengan apa yang anda jual dan bagaimana orang lain dapat melakukan pembelian secara kontinu dengan volume yang semakin meningkat. Untuk tahap awal, coba buat sample atau contoh produk yang anda jual, setelah pelanggan melakukan pembayaran baik langsung maupun via transfer Bank, segeralah untuk memenuhi permintaan pelanggan tersebut. Kesan pertama, sangat penting untuk bisa dipercaya oleh pelanggan anda, jika kesan pertama baik, maka 99% pelanggan akan melakukan transaksi berikutnya, begitu pun sebaliknya jika kesan pertama jelek maka 99% pelanggan tidak akan melakukan transaksi berikutnya.

5. Community 'Social' Responsibility (Aksi 'Sosial' di Masyarakat)

Bisnis tidak melulu hanya sekedar mengejar margin/keuntungan yang besar setiap harinya, bisnis perlu juga diimbangi dengan kegiatan-kegiatan sosial, seperti membantu tetangga kanan-kiri kita yang sedang mengalami kesulitan, memperbanyak amal/sumbangan terhadap kegiatan-kegiatan memberdayakan umat, perbanyak kegiatan-kegiatan silaturahmi, seperti menjenguk teman lama yang melahirkan, menjenguk tetangga yang sakit, menghadiri acara resepsi pernikahan teman lama, dll. Terkadang hal-hal kecil seperti ini berdampak besar kepada kemajuan usaha anda tanpa anda sadari sendiri, ada 'tangan' lain yang membantu usaha anda.

Jadi tidak ada yang tidak mungkin bukan? 100 ribu bisa menjadi 50 juta atau bahkan milyaran.

Selamat berusaha dirumah!

@rd

Pareto 80/20: Bekerja Lebih Sedikit, Lebih banyak Menghasilkan.

Bergabunglah dengan Komunitas Ritel & Home Business (Bisnis di Rumah), kirim email ke : cikalmart-subscribe@yahoogroups.com

Dapatkan sharing info & tanya seputar Ritel & Bisnis di Rumah, kiat bisnis, kiat usaha, tips bisnis, tips usaha, peluang usaha, peluang bisnis, inspirasi bisnis, trend bisnis, etc.

22 Comments:

Anonymous Lulu said...

Wah bagus bgt nih. Saya memang lg pengen banget usaha dari rumah, cm masih mencari2 bentuk.

10:10 AM  
Anonymous Sani said...

Memang sudah saatnya para ibu bekrja di rumah. Emansipasi tapi tetap di porsi kodrat Wanita sebagai Ibu Rumahtangga. Saliuttttt!

3:19 AM  
Anonymous abu fawwaz said...

Terkait usaha di rumah, sebetulnya saat ini ingin sekali membuat usaha namun terbentur dengan hutang yang besar, bagaimana ya... soalnya gaji sekarang tidak bisa dipakai untuk modal hanya cukup untuk menutupi hutang setiap bulan

8:22 AM  
Blogger imutunik said...

Saya juga sedang merintis usaha di bidang handicraft. Sejauh ini sih saya baru memenuhi permintaan seorang customer di jkt & blm ada lagi. Gimana ya supaya bny pelanggan pdhal saya sudah buat blog & posting iklan

1:25 AM  
Anonymous Lise said...

sy juga pengen usaha di rumah, tapi msh bingung mo di bidang apa, ada yg bisa bantu ga?

7:14 PM  
Anonymous bisnis di rumah said...

Salut untuk para ibu yang luar biasa itu ya, memang wanita Indonesia sebenarnya tangguh2 :-) benar nggak?
Maju trus mompreuner Indonesia !!
Sukses selalu !!

3:42 AM  
Anonymous bisnisanda said...

Salam kenal utk semua

Saya setuju sekali....saya ibu rumah tanga yg dari awal menikah sudah memutuskan utk keluar dari kerja saya di suatu perusahaan dgn tujuan utk mengasuh anak sepenuhnya, tapi utk tetap eksis saya mencoba bisnis online dirmh seperti di
http://www.dbc-network.com/index.php?id=bisnisanda&sp1

Silahkan mencoba..
Dan utk teman2 yg ingin mempromosikan website/blognya silahkan mampir di blog saya

http://menghasilkananaksehatcerdas.blogspot.com

Trims...

10:34 AM  
Blogger Bunda Lulik said...

Thanks, saya memang lagi pengen punya usaha, punya banyak ketrampilan tapi masih bingung cara memulainya.....dapat sedikit pencerahan......!!!!

12:16 AM  
Anonymous yuni said...

buat ibu-ibu yang pengen nambah penghasilan gabung aja ama dbc-network, bisa dikerjakan di rumah tanpa harus ninggalin anak..
kunjungi web aku ya.. www.orizbiz.blogspot.com

7:52 AM  
Anonymous bisnis di rumah said...

manteb deh, pembelajaran yang penuh dengan prinsip-prinsip dasar ilmu internet marketing ...wah..saya sangat beruntung sekali ke blog ini..trims yah

8:53 PM  
Blogger Bang Ucup said...

bagus deh infonya.Tp pada kenyataanya kadang modal yang menjadi kendala paling utama...gimana kalo begitu ?

salam
http://o-begitu.blogspot.com/2010/07/bukti-saya-di-bayar-oleh-investamabiz.html

9:10 PM  
Anonymous Hendri said...

Gmana memulai nya

9:32 AM  
Blogger lina said...

ada yang mau buka usaha jual tiket online modal cukup murah??cb klik ke:

http://www.tiket88.net/?id=clementina
atau http://www.tiket88.com/clementina/

thx

5:54 AM  
Blogger grettawulandari said...

waaah... ibu yang hebat!!, pengen juga ikutan jadi sukses ;)..
Bisnis online juga saya lakukan dirumah, karena setelah menikah dan resign, ga tau kenapa (mungkin allah yang berkehendak) sudah ngelamar kerja tapi ga juga ketrima :P.

Pengen tau bisnis online saya dan suami, yang Murah Meriah juga, yuks mampir ke website saya http://www.bossluarbiasa.com/?id=grettawulandari
atau ke Blog saya www.beautyandbizz.blogspot.com

makasih :)

10:41 PM  
Anonymous usaha dari rumah said...

Temukan 4 Langkah Rahasia Bagaimana Anda Dapat Bekerja Dari Rumah!
FREE!

http://tinyurl.com/langkahrahasia

7:39 AM  
Anonymous indri said...

hebat ya para ibu, makanya sebelum keluar jurus of kepepet, alangkah baiknya kita pikirkan dr skrg bisnis apa yg indah & bs dilakukan di rumah, simak saja di http://www.bossluarbiasa.com/?id=virgojebbing
semoga bermafaat

7:26 PM  
Blogger Rairenzo Corporation said...

PELUANG USAHA

Miliki sekarang juga DVD Kreasi Usaha yang berisi 400 lebih template untuk stiker label nama anak, disertai juga frame photo, wallpaper, backgroun dan bonus menarik lainnya berupa software2 yang dapat membuat anda sudah dapat membuka usaha mini digital printing dirumah.

Boleh di coba....peluang usaha yang dapat dikerjakan dari rumah atau darimana saja dan oleh siapapun...

Yang sedang mencari dan menunggu panggilan kerja........bisa
Ibu Rumah Tangga ..........bisa.
Mahasiswa/i.....................bisa
Anak sekolahan.................bisa
Pengangguran...................bisa,...bangeet...
Anggota Karang Taruna......bisa
Penjaga Warnet..................bisa

Hanya dengan bermodal dan memaksimalkan manfaat fungsi Komputer/ Laptop dan Printer rumahan ataupun toko atau warnet Anda.

Proses mudah, semua dipaparkan didalam DVD ini
pangsa pasar masih sangat luas....bangeet....

Selebihnya....???
kemauan,
kerja keras, dan
do'a

Harga istimewa saat ini hanya Rp. 80.000,-/ DVD (sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia).
Ayo pesan sekarang juga.

Mungkin info ini tidak/ belum bermanfaat untuk Agan dan Aganita (Mas dan Mba), semoga bisa bermanfaat untuk saudara kita yang lain disekitar kita....

Pelajari lebih lanjut disini Brother Agan...:

http://rairenzo-corp.blogspot.com/2013/04/blog-post_27.html#more

4:39 AM  
Blogger Xiaozhengmm 123 said...

2015-7-18 xiaozhengm
hollister clothing store
burberry handbags
polo ralph lauren outlet
toms outlet
coach outlet
kate spade bags
ray ban outlet
michael kors handbag
louboutin pas cher
nike air max
true religion jeans
ray ban sunglass
abercrombie
burberry outlet
air max 95
pandora outlet
michael kors
tory burch outlet
coach outlet online
michael kors outlet online
mont blanc pens
oakley sunglasses discount
cheap soccer shoes
cheap oakleys
michael kors bags
tory burch handbags
michael kors outlet online
oakley sunglasses outlet
michael kors
cheap true religion jeans
jordan pas cher
soccer shoes
cheap jordans for sale
gucci outlet
toms shoes
oakley sunglasses
ray bans
jordan uk
kate spade outlet online
gucci outlet online

8:58 PM  
Blogger John said...

coach factory outlet
toms shoes
jordan 6
jordan 11s
coach outlet
coach outlet
louis vuitton outlet
christian louboutin outlet
ugg boots
coach factory outlet
true religion outlet
louboutin pas cher
coach outlet store online
rolex watches outlet
cheap oakley sunglasses
michael kors outlet
ray bans
nike air huarache
coach factorty outlet
lebron james shoes 12
louis vuitton
cheap oakley sunglasses
ralph lauren polo outlet
louis vuitton outlet
gucci shoes
coach factorty outlet
louis vuitton bags
jordans
tory burch outlet
ralph lauren outlet
polo ralph lauren outlet
uggs outlet
gucci
tiffany and co
ray ban sunglasses
oakley sunglasses
replica watches
michael kors outlet
louis vuitton
christian louboutin outlet
2016319yuanyuan

7:24 PM  
Blogger dong dong23 said...

kobe bryant shoes
air jordan retro
michael kors handbags
michael kors outlet
toms
louis vuitton handbags
louis vuitton outlet
coach factory outlet
toms outlet
mont blanc pens
oakley sunglasses
michael kors outlet online
toms shoes
coach factory outlet
coach outlet
tiffany and co
gucci shoes
michael kors outlet
polo ralph lauren
coach outlet
gucci outlet
jordans
michael kors outlet
abercrombie & fitch
nike trainers
tods outlet
nike huarache
coach outlet store online
cheap jordan shoes
tory burch outlet
nike free run 2
true religion outlet
rolex watches
insanity workout
michael kors outlet online
michael kors uk
ugg outlet
ray ban sunglasses
asics running shoes
michael kors handbags
20164.20wengdongdong

2:52 AM  
Blogger dong dong23 said...

nike free run
coach outlet
pandora jewelry
coach factory outlet
adidas trainers
cheap oakleys
insanity workout
hollister clothing
true religion
nike air max
true religion shorts
toms shoes outlet online
louis vuitton
nike air max
michael kors outlet online
kobe 11
michael kors outlet
michael kors purses
cheap jordan shoes
beats headphones
nike uk
air jordan 13
coach outlet
coach outlet
louis vuitton bags
oakley sunglasses
designer handbags
ralph lauren outlet
hollister outlet
coach outlet online
christian louboutin outlet
michael kors bags
coach factory outlet
nike free run
michael kors outlet online
giuseppe zanotti
michael kors
coach outlet online
oakley outlet
nike trainers
20166.8wengdongdong

7:49 PM  
Blogger 柯云 said...

2016-06-22keyun
louis vuitton handbags
louis vuitton handbags
michael kors outlet online
coach outlet online
michael kors outlet
louis vuitton purses
michael kors handbags
cheap ray ban sunglasses
air jordan 4
cheap jordans
louis vuitton handbags
jordan 3s
true religion jeans
air force 1 trainers
retro 11
adidas originals store
louis vuitton
marc jacobs outlet
louis vuitton outlet
polo outlet
michael kors outlet clearance
louis vuitton purses
air jordan femme
ralph lauren outlet
air jordan shoes
supra footwear
hollister clearance
tory burch shoes
louis vuitton outlet online
oakley sunglasses
the north face jackets
toms outlet
cheap jerseys
michael kors outlet online sale
adidas outlet store
louis vuitton purses
louis vuitton bags
michael kors outlet clearance
nike store

1:12 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home