2/15/07

[Inspirasi] Bisnis Migas di Indonesia

Saya jadi ingat dengan p'taufan,
jadi tidak ada yang ga mungkin kan?5 juta => jadi US$ 92 juta

Bisnis Migas di Indonesia masih banyak dikuasai oleh para pemain asing, seperti di sektor hulu (pengeboran minyak mentah) ada Chevron (dulu caltex di riau & unocal di kalimantan timur), ada BP (di west java, dan sekarang di LNG tangguh, Papua), ada Total Indonesie ( dikalimantan timur), Vico (di kalimantan timur), sekarang tambah masuk dari china seperti Petrochina (disumatera bagian selatan), CNOOC (china national oil corporate), Amerada Hess (dijawa timur), ConocoPhillips (di Natuna, Kep.Riau), Exxonmobil (diaceh & cepu), ENI (corporate dari italy, dikaltim), PremierOil (British, di Natuna)...

di hilir memang tidak terlalu banyak, ada Shell & Petronas.
sektor oli, nyaris dikepung oleh produk-produk dari BP (Castrol), Total (Esso), Chevron/Caltex(Havoline, CMIIW), Top One (USA, CMIIW), Shell, etc.

sektor hulu kita hanya punya Pertamina, MedcoEnergi, yang bisa dibanggakan. Pemain baru seperti EMP (Energi Mega Persada), bakrie groups, masih harus banyak belajar dan berhati-hati, karena bisnis di MIGAS, high risk, kasus lapindo adalah contoh kasus-nya.

sektor hilir, kita sudah terbiasa dengan POM bensin Pertamina, kini sudah ada Shell dan Petronas.

Oli kita hanya punya Oli Pertamina. selain itu, industri/bisnis pendukung disektor migas ini cukup banyak, ada supplier/vendor equipment & material, ada engineering consultant, EPC (engineering, procurement & construction) Contractor, ada Fabrikator, bahkan industri jasa SDM pun bermunculan disektor ini ada Man Power Supply (MPS), catering, Maintenance Services, Transportation Services

Jadi? Apakah kita mau menjadi penonton selama-nya?


@rd.


source: http://www.swa.co.id/swamajalah
Perjodohan yang Sukses di Bisnis Migas
Kamis, 01 Februari 2007 Oleh : Eva Martha Rahayu
Bermula dari usaha distributor oli di garasi rumah dengan modal pinjaman Rp 5 juta, Dewo-Agus berhasil menggelindingkan bisnis migas beromset US$ 92 juta lebih.

Bagaimana lika-likunya? Ibarat pasangan suami-istri yang mampu memadukan kekuatan masing-masing, perjodohan antara Pramono Dewo dan Agus Riyanto dalam berbisnis sukses melambungkan Djava Energy. Holding lima perusahaan yang mereka kibarkan akhir 2005 itu mampu membukukan omset di atas US$ 92 juta/tahun atau setara Rp 837,2 miliar (kurs Rp 9.100/US$) dan menghidupi 500 karyawan.

Pramono Dewo sebenarnya telah menggeluti dunia bisnis selama 10 tahun lebih. Ceritanya diawali pada 1993. "Saat itu saya buka usaha distributor oli di garasi rumah orang tua dengan bendera PT Natura Bina Mitra. Modalnya hanya Rp 5 juta dan dibantu seorang karyawan," tutur Dewo, sapaan akrabnya. Boleh dikata ia cukup berani melakukan debut bisnisnya kala itu mengingat ia masih berstatus sebagai profesional di PT Hyundai Heavy Industries (1991-97).

Di perusahaan asing asal Korea Selatan yang membidangi pembuatan rig lepas pantai ini, jabatan terakhirnya adalah vice president. Beruntunglah, Dewo bisa membagi waktu antara perannya sebagai wirausaha dan karyawan. Alhasil, dua peran yang berlawanan itu bisa ia lakoni hingga empat tahun. "Saya berani nyambi karena ingin mengembangkan diri. Sebab, jika saya hanya berpikir jadi karyawan, bisa-bisa jadi karyawan abadi. Apalagi, perusahaan Korea terkenal pelit, licik dan keras.

Tapi, perusahaan tersebut mengajarkan banyak hal kepada saya, terutama soal kedisiplinan," ungkap pria kelahiran Jakarta, 30 Juni 1967, itu.Seiring dengan perputaran waktu, Natura yang semula menekuni bisnis distributor oli Conoco belakangan lebih mantap menggarap bisnis jasa pendukung minyak bumi dan gas, antara lain pengadaan SDM migas, pipa atau security. Nah, tak puas dengan punya satu perusahaan, 9 tahun kemudian (2002) Dewo membidani kelahiran PT Gas Petroleum Niaganusantara. Gas Petroleum bergerak di transportasi industri perminyakan, seperti truk, tangki dan alat berat. Gas Petroleum ditangani Dewo lebih serius karena ia tidak merangkap lagi sebagai eksekutif perusahaan asing asal Kor-Sel itu.

Rupanya, tanpa disadari Dewo, dalam menapaki hari-hari bisnisnya yang sibuk, ada relasinya yang satu visi dan misi dengannya. Sosok itu adalah Agus Riyanto, pengusaha yang berkecimpung di dunia perminyakan hilir di bawah payung PT Petrolube Niaga Andalas.

"Visi kami membentuk perusahaan energi yang punya reputasi tinggi, komitmen dan reliable," kata Agus, kelahiran Jakarta, 36 tahun lalu. Sementara itu, misi yang mereka emban adalah memiliki organisasi bisnis yang mampu menerjemahkan visi dan disesuaikan dengan kondisi pasar.Tak dinyana, pertemuan keduanya di Singapura itulah yang menjadi tonggak bersejarah menandai niat mereka untuk sepakat menggelindingkan perusahaan baru di bidang migas pula.

Dari perkawinan bisnis Dewo-Agus itulah, lahir dua perusahaan anyar. PT Petromine Energy Trading (Petromine Jakarta) yang berkedudukan di Jakarta lebih dulu ditetaskan, tahun 2005. Perusahaan ini berkutat dalam bisnis perdagangan minyak mentah. "Mungkin Petromine ini perusahaan perdagangan minyak mentah terbesar kedua yang dimiliki orang Indonesia," ujar Dewo mengklaim dengan bangga. Lalu, lahir anak usaha kedua dari hasil perkawinan tadi, yaitu Petromine Energy Trading Pte. Ltd. (Petromine Singapore), di Singapura. "Nah, untuk mewadahi tiga anak perusahaan yang kami miliki sebelum merger sekaligus dengan dua perusahaan baru pascamerger, kami setuju membentuk holding dengan label Djava Energy pada akhir 2005,"

Agus menambahkan.Duet Dewo-Agus merupakan pasangan bisnis yang klop. Dewo dikenal sebagai orang yang lama di bisnis hulu migas (upstream), sedangkan Agus lebih banyak bermain di hilir (downstream). Pembagian tugas keduanya pun saling melengkapi. Dewo yang dipercaya sebagai CEO lebih banyak mengurusi frontliner perusahaan, umpamanya mencari pasokan minyak mentah. Sementara Agus yang didapuk sebagai chairman bertugas mengelola operasional perusahaan, khususnya perencanaan bisnis, strategi dan pemasaran minyak ke luar negeri.

Menurut Dewo, sebelum Agus bergabung, aset perusahaan milik Dewo saja masih Rp 4-5 miliar. Dengan masuknya Agus, terjadi perkawinan perusahaan dan lahir dua perusahaan baru dengan total aset US$ 1,5 juta. Selain di Jakarta, Djava Energy juga memiliki kantor cabang di Bojonegoro, Medan dan Singapura.Kalau dipilah, bisnis Djava Energy di hulu terdiri atas Natura dan Gas Petroluem. Di migas hilir meliputi Petrolube untuk oli, Petromine Jakarta untuk solar plus aspal, serta Petromine Singapore untuk perdagangan minyak mentah. Diakui Dewo, kontribusi pendapatan terbesar dari kelima perusahaan tadi disumbang penjualan minyak mentah di Singapura.

Mengapa? "Karena, nilai kontrak transaksi bisnisnya cukup gede," ujar lulusan MM Universitas Trisakti itu. Mayoritas lokasi sumber minyak yang digarap Djava Energy ada di Jawa Timur, yaitu lapangan Sukowati dan Mudi. "Rencananya, kami juga akan masuk ke Jawa Tengah dan Sumatera Selatan," ujar Dewo. Kini mereka menggarap sumur minyak di Lapangan Waleo, Papua, hasil kerja sama dengan Petrochina.

Pada saat awal menggerakkan roda bisnisnya, Dewo memang mengalami beberapa kendala. "Klien ragu apakah dua anak kecil seperti kami ini bisa membawa minyak senilai puluhan juta dolar. Jadi, memang sulit mendapatkan kepercayaan klien," ungkap Dewo lalu menyambung, klien perdana yang berhasil ditaklukkan adalah Pertamina.

Selain ketidakkepercayaan pembeli, mereka juga dihadapkan pada masalah yang datang dari pihak bank. Mengapa? "Kalau saya buka letter of credit senilai US$ 25 juta sekali transaksi, misalnya, pihak bank kerap meragukan kami. Mereka tanya apa benar kami punya duit segitu. Jadi, kami juga mesti dapat trust dari pihak bank," ungkapnya. Hambatan lainnya, ketika menjadi importir minyak, mereka sulit memasarkannya di dalam negeri.

Walaupun Djava Energy tergolong perusahaan baru di bisnis migas, omset yang dicetak membuat kita terbelalak. Asal tahu saja, omset setahun dari akhir 2005-06 tercatat US$ 59 juta dan 2007 ditargetkan US$ 200 juta. "Kami optimistis target itu akan tercapai. Sebab, sekarang saya sudah membukukan omset US$ 92 juta," kata Agus, lulusan Teknik Industri Universitas Trisakti. Tentu saja, omset sebesar itu diraih dari kepercayaan klien-kliennya, sebut saja: BP, Exxon, Unipack (Cina) dan Pertamina Trading Oil (Petra), sebagai pelanggan minyak mentahnya.

Bagaimana strategi pemasarannya?
Sejatinya, dikatakan Agus, pola pemasaran Djava Energy tidak ada yang istimewa. "Pokoknya, kami membuka akses ke segala arah pemasaran," katanya. "Biasanya yang ditanyakan calon buyer adalah benar atau tidak kami punya barang. Lalu, kami bisa komit nggak. Untuk membuktikan keraguan itu, tidak ada cara lain kecuali kami bekerja dengan profesionalisme tinggi."

Kendati membukukan omset tinggi, Dewo tak berharap bakal menangguk untung berlimpah. Maklum, menurutnya, margin bisnis migas tipis. "Untuk minyak mentah, nett margin 1%-1,5%.

Padahal, revenue terbesar tetap dari minyak mentah," ujarnya. Sementara itu, Natura yang berkontribusi 25%-30% ke pendapatan, nilai proyeknya kecil, US$ 4,7 juta/tahun. "Tapi, semua harus saya jalani, karena ini bisnis dari hulu ke hilir. Tujuannya, bila ada salah satu perusahaan yang bermasalah, kami tidak terpukul," ungkapnya lagi. Selain bisnis yang bergerak di migas, Dewo juga punya bisnis lain, di antaranya biro perjalanan umroh dan haji serta label musik.

Seperti jamaknya pebisnis, perjalanan Dewo-Agus pun tak luput dari suka dan duka. "Sukanya, kalau banyak dapat kontrak dari klien," kata Dewo. Dukanya? "Rupanya tidak semua perusahaan asing komit terhadap perjanjian yang dibuat. Bisa saja tiba-tiba kantor pusat PMA tadi membatalkan. Ini menyulitkan kami." Risiko rugi juga menjadi masalah biasa bagi Djava Energy.

Dewo mencontohkan, jika pihaknya punya komitmen beli minyak di harga A, tapi kemudian tiba-tiba harga minyak dunia turun di angka B. "Sekarang sulit memprediksi harga minyak karena banyak anomali. Misalnya, biasanya waktu musim dingin harga minyak naik, tapi faktanya beberapa waktu lalu tidak naik," katanya. Belum lagi risiko perubahan rumus Indonesia Growth Price Index yang dilakukan Departemen Energi & Sumber Daya Mineral.

Akibatnya, harga minyak Djava Energy bisa kemahalan atau anjlok.Kendati demikian, tak ada kebimbangan sedikit pun di hati Dewo-Agus untuk terus mengatrol perusahaannya di tengah kompetisi yang sengit dengan perusahaan lama yang telah eksis. "Karena punya komitmen dalam suka dan duka, kami siap menghadapi segala tantangan," ujar Dewo. Sejauh ini, ia mengaku, lebih banyak menjumpai orang yang hanya mau terima enaknya dengan perjanjian bisnis yang telah disepakati. Boleh jadi, itulah secuil rahasia suksesnya. "Aku ini bukan anak siapa-siapa. Bukan turunan orang kaya dan hanya modal dengkul dalam bisnis," ujarnya merendah. Dewo benar, ia membesut usahanya dari nol hingga sukses seperti sekarang.

Ucapan Agus memperkuat pernyataan Dewo. "Kami berkembang dengan jerih payah dan kerja keras sendiri. Bukan dari fasilitas atau dukungan kroni," katanya.Namun, langkah Dewo menginjakkan kaki di dunia perminyakan sudah diperhitungkan dengan matang. Ia terpincut masuk ke bisnis licin itu karena tiga hal. Pertama, dunia minyak termasuk industri yang paling tahan terhadap perubahan kondisi ekonomi di Indonesia dan bisnisnya berorientasi ekspor. Kedua, pemainnya kebanyakan perusahaan asing. Ketiga, sistem industri perminyakan sudah rapi. "Selain itu, produk turunan bisnis minyak itu banyak yang bisa dikembangkan. Ada solar, gas, bensin, dan sebagainya, sehingga saya percaya bisnis ini akan dapat bertahan lama," Dewo menjelaskan dengan mantap.

Ke depan, sederet rencana bisnis telah diagendakan Dewo-Agus. Tahun 2007 Djava Energy melakukan konsolidasi gas di Petromine Jakarta dan jika sudah mapan, tahun 2008 akan merambah trading gas seperti yang dilakukan Perusahaan Gas Negara. Bahkan, sejumlah klien baru juga diincar. "Untuk minyak mentah dalam negeri, kami ingin masuk ke Newmont, Inco dan PLN. Sebaliknya untuk menjadi importir, kami ingin menembus pasar negara-negara Timur Tengah, Eropa Timur dan Vietnam," ujar Dewo yang mengidolakan Arifin Panigoro.Baik Dewo maupun Agus berobsesi, kelak Djava Energy bisa besar seperti Medco. "Tapi barangkali sulit, ya. Soalnya, dulu support pemerintah terhadap pengusaha dalam negeri sangat kuat dan lebih jelas, misalnya Medco Arifin Panigoro tumbuh bersama Menteri Ginandjar Kartasamita kala Orde Baru. Sekarang, kami dari kalangan pemain bisnis energi hanya mengharapkan adanya kebijakan migas yang solid," ungkap Dewo.

Di mata klien Djava Energy, sosok pemilik ataupun kiprah bisnis perusahaan migas ini patut diacungi jempol. "Meski usia Djava Energy baru dua tahun lebih, kemajuannya sangat pesat. Perusahaan ini dipercaya sebagai distributor bahan bakar minyak yang komit terhadap ketersediaan supply dan ketepatan delivery," kata Eddy Haryono, Manajer Reservoir BP Migas, memuji. "Saya sarankan, nantinya Djava Energy bisa menjaga kondisi yang bagus ini. Apalagi, Djava Energy kan punya hubungan kerja dengan banyak kontraktor asing. Itu sulit jika kualitasnya tidak baik," Eddy menambahkan Edwyn Noor Lodayana. Direktur PT Wahana Griya Nata -- perusahaan rekanan Djava Energy dalam memasarkan solar Petronas di pasar Indonesia, mengungkapkan bahwa figur Dewo di tubuh Djava sangat kuat, ia juga pekerja keras dan pemimpin yang mau terjun langsung ke lapangan. "Hanya saja, figur Pak Dewo yang kuat itu belum merata diikuti level di bawahnya," Edwyn mengkritik.

Kehadiran Djava Energy di kancah bisnis migas direspons manajemen Medco secara positif. "Ini tren yang bagus karena sesuai dengan UU Migas Tahun 2001 untuk menanggulangi krisis ekonomi," ungkap Andy Karamoy, Sekretaris Korporat PT Medco Energi Internasional. Makin banyaknya perusahaan migas, baik itu kecil atau gede, Andy melanjutkan, justru bakal meningkatkan kecukupan persediaan energi nasional. "Jadi, bukan ancaman bagi kami. Apalagi, industri migas di Indonesia telah tumbuh ratusan tahun, sehingga sudah waktunya memiliki banyak perusahaan migas," tuturnya.

32 Comments:

Anonymous Anonymous said...

resume invite cesar emphatically tweet bottle iiwin simplifying charger peeps streaminto
lolikneri havaqatsu

12:41 PM  
Anonymous flytouch 3 said...

This is all erroneous what you're writing.

10:25 AM  
Blogger Unknown said...

Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 430 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

5:33 AM  
Blogger Unknown said...

Halo, aku mr Recardo, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Recardoroland.loanfirm@gmail.com

6:16 PM  
Blogger Oche said...

Salam pembuka!
Nama saya Oche Wirmayaty, saya berasal dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa kreditur di sini tidak mau membantu Anda, yang mereka inginkan hanyalah merobek uang hasil jerih payah Anda. Saya dan suami saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda secara online namun pada akhirnya, kami menipu dan merobek uang kami dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda secara online.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar kreditur ini secara online tapi pada akhirnya, kami tidak mendapatkan apa-apa.

Suami saya dan saya berhutang, dan bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya harian sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory pinjaman perusahaan, yang telah membantu kami dengan menawarkan kepada kami. Jumlah pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta tanpa agunan,Tidak ada biaya pendaftaran, tidak ada pajak dan tidak ada asuransi biaya.

Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di USA, Eropa dan seluruh Asia dan komitmen kepada Anda. Glory Pinjaman Perusahaan didedikasikan untuk memfasilitasi impian dan membantu kita semua yang telah Tertipu dan ditipu dan curang dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda layanan kelas dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana menghubungi Mrs. Glory atau mengikuti prosedur pemberian pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: (aisyahyu7@gmail.com)
Atau Anda bisa mengirim email ke Ibu Glory ke: (gloryloanfirm@gmail.com) Tuhan memberkati kita semua..

2:20 AM  
Blogger Unknown said...

Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
 
Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
 
Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

7:31 AM  
Blogger Herman Kamil said...

Assalamu'alaikum wr wb,

Jika bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

Wassalamu alaikum wr wb.

6:31 AM  
Blogger Dina Rofiq said...

Anda benar Herman, apa yang anda katakan adalah benar, saya juga mendapat pinjaman dari organisasi Islam, Pemberdayaan, mereka benar-benar memberikan pinjaman asli. Mereka tidak seperti yang lain palsu pemberi pinjaman pinjaman di internet. Saya juga mendapat pinjaman sebesar Rp500.000.000.00 dari mereka beberapa bulan yang lalu. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang saya lihat di internet dalam kehidupan saya. Mereka genuines dan sah. Sebagai Herman mengatakan, orang-orang yang mencari pinjaman mendesak untuk menghubungi mereka melalui Email (islamicloanempowerment@gmail.com) dan anda akan senang anda lakukan. Sekali lagi, Herman terima kasih untuk berbagi informasi ini kepada orang-orang kami.

10:19 PM  
Blogger Widya Okta said...

Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

5:46 AM  
Blogger Unknown said...

Aku adalah Mrs. Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah dibodohi oleh banyak pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu Amal meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah (Rp750 juta) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan tingkat bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan jumlah yang saya ajukan Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya. Itu

5:10 PM  
Blogger Credit Financial Group said...

“Bismillah, ar-Rahman, ar-Rahim”.


Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP
E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
BBM INVITES: {DDA46523}


Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP Dari meja kerja dan kantor CREDIT FINANCIAL GROUP tahun ini berjanji akan menjadi tahun lebih banyak uang di rekening bank Anda, hal ini karena kami mengelola CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan pinjaman kepada semua orang yang memiliki kebutuhan finansial besar tahun baru ini untuk memulai bisnis satu atau dua bahkan untuk merenovasi rumah mereka juga untuk menghidupkan kembali bisnis mereka dan jangan takut pada pemasangan bulanan Anda karena kami memiliki paket khusus untuk mempersiapkan Anda atau bahkan memberi kuliah tentang bagaimana menginvestasikan uang Anda dengan sumber daya yang sangat tinggi. bisnis jadi tolong jangan hanya duduk di sana dan kemudian membiarkan orang lain untuk maju secara finansial mengatakan tidak pada kemiskinan tahun ini mengatakan tidak kepada hutang tahun ini tahun ini adalah tahun yang luar biasa yang bisa membawa kemasyhuran Allah tidak menyangka kita menjadi miskin ketimbang kita menjadi bijak dalam menghasilkan uang dan kemudian menginvestasikan uangnya dalam bisnis yang sangat menggiurkan sehingga melalui ini kita di sini untuk meminjamkan Anda karena CREDIT FINANCIAL GROUP dipenuhi dengan dana yang telah Anda cari anda bisa menghubungi kami melalui detil kontak di bawah ini

E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
BBM INVITES: {DDA46523}

8:17 AM  
Blogger Queen Lisa Efendi said...

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk memabi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com

6:02 AM  
Blogger Queen Lisa Efendi said...

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk memabi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com

5:21 PM  
Blogger mrs stella said...

Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan finansial Anda? Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5.000,00 hingga 250.000.000,00. Max, kami memiliki layanan yang andal, efisien, cepat, dan dinamis tanpa pemeriksaan kredit dan menawarkan 100% jaminan pinjaman luar negeri selama periode ini semua ada di sini. Kami juga mengambil pinjaman dalam euro, sterling dan nilai tukar dolar dari semua pinjaman adalah 2% jika Anda tertarik untuk menghubungi kami kembali. stellajamesloanscompany@gmail.com dengan informasi berikut:
Syarat Penggunaan
Nama:
Negara:
Kota:
Alamat:
Jumlah yang diminta:
Waktu:
Usia:
Jenis kelamin:
Pendudukan:
No Telepon:
Terima kasih
Nyonya Stella

12:39 PM  
Blogger mrs stella said...

Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan finansial Anda? Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5.000,00 hingga 250.000.000,00. Max, kami memiliki layanan yang andal, efisien, cepat, dan dinamis tanpa pemeriksaan kredit dan menawarkan 100% jaminan pinjaman luar negeri selama periode ini semua ada di sini. Kami juga mengambil pinjaman dalam euro, sterling dan nilai tukar dolar dari semua pinjaman adalah 2% jika Anda tertarik untuk menghubungi kami kembali. stellajamesloanscompany@gmail.com dengan informasi berikut:
Syarat Penggunaan
Nama:
Negara:
Kota:
Alamat:
Jumlah yang diminta:
Waktu:
Usia:
Jenis kelamin:
Pendudukan:
No Telepon:
Terima kasih
Nyonya Stella

12:40 PM  
Blogger charity white said...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

5:32 AM  
Blogger Unknown said...

Apakah Anda membutuhkan Pinjaman? Apakah Anda memiliki masalah keuangan? Kami adalah Peminjam Pinjaman swasta bersertifikat yang berbasis di Amerika Serikat. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai bisnis atau membayar tagihan Anda? Kami dapat memenuhi kebutuhan keuangan Anda. kami memberikan Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Bisnis e.t.c. apa keadaan Anda, wiraswasta, pensiun, memiliki peringkat kredit yang lemah, kami dapat membantu. Pembayaran fleksibel lebih dari 1 hingga 20 tahun. Kami juga menawarkan semua jenis Pinjaman.

Apply Now By Email: capitalsourcefinancellny@gmail.com

8:40 PM  
Blogger Lia Alhabsyi said...

Halo, saya Lia Alhabsyi, saya sangat bahagia hari ini karena semua keinginan hati saya baru saja terjadi. Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan pinjaman online, semua karena saya ingin melunasi hutang saya dan merawat penyakit ayah saya, akhirnya saya mendapat pinjaman dari sumber yang benar, siapa namanya, Nyonya Mariam Farid, yang membantu saya mengamankan pinjaman tanpa jaminan. Jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu orang Indonesia bahwa ada banyak pemberi pinjaman palsu.

Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman yang mendesak dan aman, maka hubungi Nyonya Mariam Farid, dia adalah orang yang saya percaya Tuhan telah mengirim untuk menyelamatkan dan membantu kami. Saya benar-benar ingin Anda semua bergabung dengan saya untuk berterima kasih kepada Ibu Mariam dan jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menulis email perusahaannya: mariamfaridfinancialservices@gmail.com. Dan jika Anda memiliki masalah menghubungi dia, maka Anda dapat menghubungi saya dengan email ini: liaalhabsyi750@gmail.com untuk instruksi lebih lanjut.
Tuhan memberkati kalian semua.

5:43 AM  
Blogger Siti Aminah said...

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

5:19 AM  
Blogger OKTA MIRA said...

Nama saya adalah Okta Mira Anda dipersilakan untuk ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah defisit keuangan menjadi individu yang kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang bertekad dan memiliki sumber daya keuangan yang baik tempat berselingkuh atau merampok Orang-orang dari uang mereka adalah tabu tempat di mana Anda dilengkapi secara finansial untuk mengatasi kekurangan keuangan saya telah mengulurnya itulah sebabnya saya datang ke sini untuk memberi tahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY adalah untuk menyediakan dana dalam mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:
✓ Tagihan Rumah Sakit
✓ Renovasi Rumah
✓ Pembesaran Bisnis
✓ Refinancing Ekstensi Pertanian
✓ Penambangan Emas
✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
  Semua ini dan banyak lagi
Gmail:{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
         ➡ {WhatsApp Only:{+33753893351}
        ➡  BBM INVITES:{D8980E0B} {4424A}

4:52 AM  
Blogger SIDIK ARROZI said...

Semoga ALLAH yang Mahabesar dipuji ..... Nama saya SIDIK ARROZI saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan ALLAH dalam hidup saya, sungguh, ia adalah Tuhan yang berbelaskasih. Tuhan telah memberi saya rahmat untuk menemukan Petugas Rekening Pinjaman Komersial dan Konsumer yang dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan tersertifikasi, Rebecca Walker, dia adalah seorang wanita yang sangat berpengalaman dan pemberi pinjaman yang sah dan juga memberikan nasihat yang memadai tentang pinjaman dan investasi bisnis ... Setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, dan juga manajer akun yang tidak berpengalaman, saya bangkrut, tak berdaya, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus percaya lagi, saya melihat kesaksian kliennya yang mendapat beban dari bank dunia melalui petugas bagian pinjamannya yaitu Ny. Rebecca Walker, Setelah menghubungi Ny. Rebecca Walker, dia mengubah keadaan saya dan tersenyum lebar dan juga menghapus air mata saya di masa lalu dan dengan rasa sakit ... Dalam kejutan terbesar saya, yang saya inginkan pinjaman dibayarkan kepada saya begitu cepat dan saya seorang bos dalam bisnis saya dan saya bahagia karena petugas pinjaman saya, Rebecca Walker. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai adalah Mrs. Rebecca Walker ... Dia telah membantu saya dan banyak orang di Indonesia , Asia Tengah dan Eropa ...

Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidup saya mendapat giliran baru terima kasih kepada ibu baru saya yang dikirim oleh Allah dan dia adalah Rebecca Walker ... Ya Anda mungkin takut karena kesaksian palsu yang telah Anda dengar tetapi saya seorang saksi dan jika saya berbohong mungkin ALLAH ambil hidupku dan hidup keluargaku, orang-orang desa tercinta jika kau menginginkan pinjaman asli, dia satu-satunya yang bisa kau percayai ...

Untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda, Anda dapat menghubungi Mrs Rebecca Walker melalui email (rebeccawalker700@gmail.com) dan juga atau di whatsapp ... Anda juga dapat menulis saya melalui email saya (sidikarrozl850@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut informasi juga .., saya ingin mendengar kabar baik Anda sendiri tentang perubahan situasi .., Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

6:15 AM  
Blogger "ISKANDAR LENDERS" said...

Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
Tel .... (+ 44) 7480 729811
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

5:57 AM  
Blogger Mariam Farid said...

Saya Mrs. Mariam Farid, pemberi pinjaman pinjaman swasta, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan keuangan Anda, seperti membayar tagihan, mengembangkan bisnis, atau melunasi hutang? Kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta atau pekerja pemerintah dengan tingkat bunga rendah 2% untuk jumlah yang diminta dan tanpa banyak tekanan atau pekerjaan kertas dan dengan jadwal cicilan bulanan yang nyaman. Hubungi kami melalui email: (mariamfaridfinancialservices@gmail.com) datang dan bagikan kebesaran perusahaan dan penuhi impian Anda.

12:25 AM  
Blogger alida said...

Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

10:14 AM  
Blogger Mariam Farid said...

Saya Mrs. Mariam Farid, pemberi pinjaman pinjaman swasta, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan keuangan Anda, seperti membayar tagihan, mengembangkan bisnis, atau melunasi hutang? Kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta atau pekerja pemerintah dengan tingkat bunga rendah 2% untuk jumlah yang diminta dan tanpa banyak tekanan atau pekerjaan kertas dan dengan jadwal cicilan bulanan yang nyaman. Hubungi kami melalui email: (mariamfaridfinancialservices@gmail.com) datang dan bagikan kebesaran perusahaan dan penuhi impian Anda.

10:25 AM  
Blogger RASHID HUSAEN said...

Selamat siang semuanya !!!
Nama saya Tn. Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia. dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya bergantung pada saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal semakin sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya

Sampai saya melihat posting ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : (mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via


email: (mariaalexander818@gmail.com)
whatsapp: (+1 651-243-8090)
Viber; (+1 651-243-8090)

Anda dapat menghubungi saya Ny. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

Allah Maha Besar
Terima kasih semuanya

1:37 PM  
Blogger FATIMAH HASAN (fatimahhasan91@gmail.com) said...

SELAMAT DATANG DI 100% GARANSI FATIMAH HASAN.

Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda? Apakah Anda membutuhkan dana untuk melunasi hutang Anda? Apakah Anda mencari modal awal? Atau Anda ingin memperluas bisnis Anda yang sudah ada, silakan cari lebih banyak karena kami menawarkan pinjaman sebesar {Rp20.000.000,00 hingga Rp50, triliunan maksimum}, kami dapat diandalkan, kasual, wajar dan dinamis, dengan Jaminan 100% Kami juga menyediakan a {Rp, £, €, IDR dan $} Bagian yang paling menarik adalah pinjaman kami ditawarkan dengan suku bunga yang sangat rendah, silakan hubungi kami di alamat kontak berikut


OFFICER EKSEKUTIF CHEIF: FATIMAH HASAN
E-MAIL: [fatimahhasan91@gmail.com]
HANGOUT: [fatimahhasan91@gmail.com]

8:16 AM  
Blogger Edwin Schafer said...

BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN UANG SAYA KEMBALI DARI PEMBERI PINJAMAN PALSU.
 Aku hanya ingin saran semua orang di sini untuk berhati-hati ini mengambil lender mengaku memberikan pinjaman. Saya mendapat ditipu oleh mereka beberapa kali. Mereka akan memberitahu saya untuk membayar uang lagi dan lagi dan saya tidak pernah mendapatkan pinjaman. Saya sangat hancur Ans hampir bunuh diri. Tapi teman saya saran saya untuk mengeluh kepada lembaga tertentu yang bekerja dengan Amerika Serikat Interpol untuk menangkap penipu dan pemberi pinjaman palsu. Dia meyakinkan saya bahwa mereka akan membantu saya mendapatkan kembali uang saya dan bahkan mendapatkan kompensasi. Dia mengatakan mereka telah membantunya juga. Tapi pada awalnya, saya tidak percaya padanya. Tapi aku memutuskan untuk mencoba mereka dan saya terkejut saya mendapat uang saya kembali dalam waktu satu minggu. Mereka kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman asli di mana saya akhirnya mendapat pinjaman.  Jadi jika Anda adalah korban penipuan atau Anda telah ditipu oleh pemberi pinjaman palsu ini dan Anda ingin uang Anda kembali, hanya menghubungi email saya di edwinschafer75@gmail.com atau WhatsApp saya melalui + 16312129029 saya akan mengarahkan Anda ke lembaga yang membantu saya. Jika Anda juga memerlukan pinjaman, saya dapat mengarahkan Anda ke perusahaan pinjaman asli di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman cepat tanpa ditipu. Waspadalah terhadap lender palsu secara online 

6:59 PM  
Blogger FATIMAH HASAN (fatimahhasan91@gmail.com) said...

SELAMAT DATANG DI 100% GARANSI FATIMAH HASAN.

Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda? Apakah Anda membutuhkan dana untuk melunasi hutang Anda? Apakah Anda mencari modal awal? Atau Anda ingin memperluas bisnis Anda yang sudah ada, silakan cari lebih banyak karena kami menawarkan pinjaman sebesar {Rp20.000.000,00 hingga Rp50, triliunan maksimum}, kami dapat diandalkan, kasual, wajar dan dinamis, dengan Jaminan 100% Kami juga menyediakan a {Rp, £, €, IDR dan $} Bagian yang paling menarik adalah pinjaman kami ditawarkan dengan suku bunga yang sangat rendah, silakan hubungi kami di alamat kontak berikut


C.E.O: FATIMAH HASAN
E-mail: [fatimahhasan91@gmail.com]
HANGOUT: [fatimahhasan91@gmail.com]

9:44 PM  
Blogger FATIMAH HASAN (fatimahhasan91@gmail.com) said...

SELAMAT DATANG DI 100% GARANSI FATIMAH HASAN.

Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda? Apakah Anda membutuhkan dana untuk melunasi hutang Anda? Apakah Anda mencari modal awal? Atau Anda ingin memperluas bisnis Anda yang sudah ada, silakan cari lebih banyak karena kami menawarkan pinjaman sebesar {Rp20.000.000,00 hingga Rp50, triliunan maksimum}, kami dapat diandalkan, kasual, wajar dan dinamis, dengan Jaminan 100% Kami juga menyediakan a {Rp, £, €, IDR dan $} Bagian yang paling menarik adalah pinjaman kami ditawarkan dengan suku bunga yang sangat rendah, silakan hubungi kami di alamat kontak berikut


C.E.O: FATIMAH HASAN
E-mail: [fatimahhasan91@gmail.com]
HANGOUT: [fatimahhasan91@gmail.com]

9:44 PM  
Blogger Ny. SISKA WIBOWO said...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

8:49 PM  
Blogger AMISHA CHAHAYA (amishachahaya8@gmail.com) said...

HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

Nama saya Amisha Chahaya Saya dari Indonesia Saya telah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis. Semua yang saya dapatkan adalah banyak penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka. dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya imbalan apa pun,

Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya lakukan, Jadi, berhubunganlah dengan cepat (mariaalexander818@gmail.com) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.

MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
WHATSAPP: +1 (651) 243-8090

Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

9:10 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home