1/24/07

Apa Arti ' Sukses ' itu ?

ini tulisan-nya abah rama (P'Rama Royani) disalahsatu milist (alumni tf itb) yang saya ikuti yang menjadi salahsatu inspirator awal saya untuk menerjuni dunia entrepreneur...

mudah2an tulisan ini ada manfaatnya buat anda.


Salam,

CikalMArt.
Bergabunglah dengan milist komunitas Retail & Home Business CikalMArt,
kirim email ke: cikalmart-subscribe@yahoogroups.com
Dapatkan sharing info & tanya seputar Retail & Berbisnis di Rumah, kiat bisnis, kiat usaha, peluang usaha, inspirasi bisnis, trend bisnis, dll! di cikalmart@yahoogroups.com

Rama Royani abahrama@... wrote :

bunda Arlinah yang FT banget,
kalau sukses diukur dari Kekayaan atau Pangkat atau Gelar, rasanya belum tentu benar (atau tentu tidak benar).coba saja simak yang dibawah ini.
Kekayaan: dari sekitar 64.000 orang kaya di Indonesia (rata rata punya douit 40 M), mungkin hanya beberapa ratus saja yang patut dibilang sukses
Pangkat : dari 6 Presiden Indonesia, yang sukses yang mana hayooo?
Gelar :yang jelas DR Azhari mah bahkan merugikan
tetapi:
Mahatma Gandi, bunda Teresa, beberapa Sahabat Nabi, mereka kita sebut sebagai orang sukses walaupun miskin raya, gelarnyanya saya kurang tahu.

Akan tetapi yang pasti, dari orang orang yang kita sebut sebagai sukses adalah mereka mereka yang "memberi manfaat pada orang lain dan atau lingkungan". .

Jadi sebagai peneliti, kalau memang itu adalah "misi"nya, maka pelitipun bisa disebut sukses apabila hasil penelitiannya bermanfaat bagi orang lain dan atau lingkungan.

Bahkan adiknya Aa Gym, yang lumpuh dan penyakitanpun, bagi saya merupakan orang sukses karena didalam kapasitas (Qadr) dia mampu memberikan arti yang sangat dalam kepada kakak dengan sikap yang tidak pernah mengeluh dan taqwa, jadi kalau seseorang bisa menjadi "Agent of Change" yang membuat orang lain sukses, juga boleh disebut sukses, makanya seorang Guru yang bisa membentuk murid menjadi orang sukses , juga bisa disebut sukses melalui apa yang sering disebut sebagai Ilmu yang bermanfaat.

Jadi , semua orang , tanpa kecuali, diberi peluang untuk sukses yang diartikan sebagai "keberhasilan menjalankan misinya" sesuai dengan Qadr nya masing masing.

Kalau Qadr nya kecil, maka kewajibannya untuk memberi manfaat juga kecil.
kalau Qadr nya buesar maka kewajibannya juga besar, misinya lebih berat.

Jadi kalau ternyata "Luck" si "A" besar, hati hati lho, itu ada maksud (purpose) Allah dibalik itu yang otomatis merupakan misi si "A" untuk dapat ditunaikan, karena melalui si "A" lah diharapkan agar Luck tersebut menjadi manfaat bagi sebanyak banyaknya orang.
kalau "Luck" si B tidak besar, berbahagialah, karena misi anda lebih mudah ditunaikan.
yang pasti, semua orang, tanpa kecuali diberikan peluang "sukses"

salam sukses

Abah Rama

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home