10/31/06

Bekerja Jadi PILIHAN bukan KEWAJIBAN

Berikut artikel menarik dari salah seorang member milist cikalmart@yahoogroups.com , p'budi rachmat, amat lugas dan sederhana penyampaiannya mengenai kisah usahanya yang mengimplementasikan kebebasan finansial ala Robert T. Kiyosaki yang dikenal dengan bukunya Rich Dad Poor Dad, Cashflow Quadrant, etc.

Semoga kita bisa memetik hal yang positif dari uraian dan pengalamannya p'budi ini.

Wass,
http://www.cikalmart.com
Retail & Voucher Elektrik
#Belanja Lebih Dekat, Lebih Menyenangkan#


Budi Rachmat: "BEKERJA JADI PILIHAN, BUKAN KEWAJIBAN".
Ternyata, pilihan lulusan Sastra Cina Universitas Indonesia ini tak salah. Kini, penghasilannya sudah mencapai 6 kali lipat darisemula dan Budi telah memasuki tahapan pencapaian kebebasan finansial ala Robert T.Kiyosaki.

Duabuah minimarket di Bendungan Jago dan Kedung Halang,Bogor menjadi sumber pemasukan utamanya.Namun sosoknya tetap sederhana. Saat 'Inview' bertandang ke salah satu toko miliknya di Bendungan Jago, Kemayoran, Jakarta, ia memberikan kartu nama dan berujar singkat: "Ini alamat rumah saya, soalnya kini saya banyak bekerja dirumah".

Berikut perbincangannya:
APA PERTIMBANGAN ANDA SAAT KELUAR DARI PEKERJAAN DANTERJUN BERBISNIS?Sebetulnya sejak 2002 saya sudah punya keinginan keluar, saat anak saya lahir. Usia saya waktu itu 40 tahun dan usia pensiun di perusahaan saya adalah 55 tahun. Artinya, ketika saya pensiun, usia anak saya baru 15 tahun, padahal dia baru selesai sekolah pada usia 25 tahun. Jadi, saya harus membiayai minimal 10 tahun lagi sejak saya pensiunnanti. Harus dibayar darimana sisa 10 tahun? Karena kalau sudah pensiun 'income' akan turun. Akhirnya saya niat berbisnis.

LALU KENAPA MEMILIH WARALABA MINIMARKET?
Karena saya tidak bisa bisnis maka saya carinyawaralaba. Ada pameran waralaba saya datang, sampai akhirnya saya putuskan ambil yang ritel saja karena tahun lama. Saat itu ada dua besar pilihan minimarket dan sebenarnya keduannya sama saja. Tetapi yang satu responnya kurang cepat. Saya mau jadiinvestor dan datang ke sana minta data, tapi respon dia lama. Sedangkan diminimarket satunya cepat sekali, bahkan sampai level direktur ketemu juga. Akhirnya saya ambil.

LALU MODEL KERJASAMA SEPERTI APA YANG ANDA PILIH?
Sebenarnya saya mengikuti Robert T.Kiyosaki dengan membaca buku-bukunya.Menurut Kiyosaki, ambil bisnis harus hasilnya'cashflow' kalau 'paper asset'baru hasilnya 'capital gain'. Kalau saya, bila saya ambil sekarang maka bulan depan saya dapat berapa duitnya. Ketika saya investasi di sini maka bulan depan saya sudah tahu akan dapat berapa. Jadi, saya ambil model yang 'take over'.

KENAPA?
Tadinya toko ini milik Alfamart sudah selama satutahun. Sewaktu saya ambil saya sudah tahun berapa pemasukan selama tiga bulan sebelumnya. Sesudah saya komit mau ambil, pihak mereka secara terbuka memberikan laporan keuangannya.Saat itu saya sudah tahu bahwa bulan depan saya akan mendapat Rp.13jt bersih seperti dalam laporan tiga bulan terakhirnya. Waktu itu omzetnya sekitarRp.325 juta/bulan dan kini omzetnya antara Rp.375 juta sampai Rp.400juta/bulan.

SAAT INI, BERAPA PENDAPATAN BERSIH TOKO DI BENDUNGANJAGO?
Rata-rata Rp.17-18 juta per bulan. Sedang yang diKedung Halang sekitarRp.13 jutaan.

DARI MANA DANA UNTUK MEMBELI WARALABA INI?
Dari tabungan saya selama bekerja. Saya juga pernah bekerja di Singapura dengan gaji yang besar dan utuh.Pada bulan Mei 2003, Budi sudah memiliki Alfamart Bendungan Jago. Menurut suami Dini Anggraini yang dikarunia tiga orang putri ini, biaya 'take over'ini adalah Rp.450 juta dengan luas 120 m2 dan 45 rak."Ketika sudah berjalan setahun lebih dua bulan, saya baru berani minta kreditke Bank Bukopin untuk'take over' toko di Kedung Halang dengan biaya Rp.550juta dengan luas 70 m2dan 36 rak. Memang lebih mahal karena beda tahun belinya," papar Budi. Saatitu, toko di Kedung Halang dapat menghasilkan penghasilan bersih Rp.11juta/bulan. Kini ia sedang mengincar kepemilikan minimarket yang sama untuk ketiga kalinya.

BAGAIMANA STRATEGI ANDA SAAT MULAI BERBISNIS?
Waktu keluar dari pekerjaan, saya adalah pengangguran. Lalu saya bikin PT.Tiga Bintang dan di PT ini saya direktur. Tapi sebenarnya semuanya yang mengerjakan adalah Alfamart seperti pembukuan,training dan orang-orangnya karena dia sudah memiliki sistem. Kecuali orang kesatu dan kedua adalah dari saya. Jadi, ini adalah "passive income' saya.

APA PERAN ANDA SEBAGAI INVESTOR?
Sebetulnya saya cuma mengawasi saja bahkan saya bisahanya mengawasi dari pembukuan saja. Setiap bulan saya terima pembukuanlengkap. Saya juga alokasikan waktu saya minimal dua minggu sekali untuk datang ke toko.Bagaimana pun mereka juga karyawan saya, kalau saya datang mereka merasa di perhatikan.

APA OBSESI ANDA KE DEPAN?
Waktu keluar dari pekerjaan saya pada Mei 2003, target pertama adalah dibulan Mei 2005 pendapatan saya tiga kali lipat dari'expenses' saya. Target itu tercapai. Target kedua adalah Mei 2008 saya harus punya 'passive income'tiga kali lipat dari 'expenses'. Target selanjutnya adalah bulan Mei 2010 sudah 'sustainable'.

BUKANKAN BISNIS JUGA AKAN MENGALAMI NAIK TURUN?
Benar, oleh sebab itu sewaktu menjalankan bisnis kita tahu kenapa harus tigakali lipat, karena bisnis bisa naik turun. Sekarang saya dapatnya gede, tapi kadang turun. Kalau saya sudah dapat tiga gali lipat,kalau turun maka turunnya tidak lebih rendah dari satu kali lipat. Pada 2010 itulah saya harapkan 'sustainable', tidak bakal turun tapi tetap naik. Lebih aman.'Passive income' artinya tanpa bekerja 'income' sudah masuk. Bekerja pun jadi pilihan, bukan kewajiban.

5 Comments:

Blogger bekti said...

Saya mendapat tawaran untu men take over salah satu mini market di daerah jagakarsa yag memang kepemilikannya adalah sudah franchise, artinya owner dari mini marker ini berniat untuk menjual tokonya dan kebetulan saya mendapatkan tawarannya.Kendalanya adalah sewa toko tersebut sudah berjalan 2 tahun sehingga kalau saya jadi membeli toko tersebut maka saya hanya dapat menikmati keuntungan toko tersebut hanya tiga tahun, sedangkan pada proposal normalnya investasi mini market tersebut baru bisa balik modal sesudah 39 bulan, artinya kalau saya jadi ambil toko tersebut maka saya tidak akan mendapat kesempatan untuk menikmati keuntungannya karena belum balik modal, bila bapak menghadapi tawaran ini kira-kira apa yg akan menjadi bahan pertimbangan bapak?. Yang kedua kalaupun harga toko tersebut bisa di nego, saya tetap butuh modal dari bank agar bisa membayar harga yg ditawarkan. Apakah bapak punya referensi bank yg dapat saya jadikan pertimbangan. terima kasih

9:03 AM  
Blogger Unknown said...

La Germania si è sempre qualificata per la fase a eliminazione diretta degli ultimi due Mondiali e gli ultimi due Europei, fallendo l’ultima volta a Euro 2004.anna maglie italia,maglia serie a italia, Maglia Athletic Bilbao online
http://segoviaformacion.com/maglie.asp?calcio=index,
http://viveroshontoria.com/maglie.asp?calcio=index,
http://www.smiolesa.com/maglie.asp?prezzo=index,
silicesgomezvallejo.com/maglie.asp?prezzo=index,
www.globales.es/maglie.asp?magliette=index,
http://hermanoscristobal.com/maglie.asp?maglietta=index

9:21 PM  
Blogger Unknown said...

La Germania ha vinto 13 delle ultime 16 partite giocate tra Mondiali e Europei (2N 1P).Solo uno dei 44 tiri fatti dalla Germania nelle ultime due partite della fase a gironi di questo Europeo ha trovato la rete. Camisetas de futbol 2017,camisetas AC Milan,
camisetas As Roma baratas,

9:22 PM  
Blogger Unknown said...

so what can he do? All he can do is say, “Yeah, that was a mistake, sorry,” and move on with his life. His life that includes being 1/3 of a WWE pay-per-view main-event for the WWE World Heavyweight Championship with no assumption that a first-offense Wellness Policy violation is going to affect his future.Baltimore Ravens flags usa,nfl sports flags,Los Angeles Dodgers banners usa

9:23 PM  
Blogger Unknown said...

Our 2015 Super Bowl Dueling Team Pennant is perfect for wholesale flags showing your NFL team allegiance in any room of the house. The 2015 Super Bowl Dueling Team Pennant is full size (12x30 inches) and sports flags sale is single-sided screen printed with the Seattle Seahawks and New England Patriots officially licensed logos as shown. Our pennants are made of Miami wholesale Minnesota Vikings banners Dolphins banners felt and provide a pennant sleeve Los Angeles Dodgers banners usa for insertion of a pennant stick, if desired.

Accessorize your pennant with our Pennant Sticks,buy Jacksonville Jaguars flags Pennant Frames, Kansas City Chiefs bannersor buy one of your favorite NFL Pennant Sets.

5:12 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home