12/13/06

[Tips How To] Tips Membuat Website Sendiri

[CikalMArt] Tips Membuat Website Sendiri

Terima kasih sebelumnya atas perhatian, kritikan, masukannya.
Tampilan baru dapat diakses di: http://www.cikalmart.com

Atas saran dari P'Ahmad Santosa, saya akan coba sharingkan, mudah2an dapat bermanfaat. Paling tidak dapatdipakai oleh UKM-UKM di Indonesia dengan biaya yang relative terjangkau dan dapat dilakukan sendiri di Rumah atau di WARNETterdekat.

Langkah2 Pembuatan Website:

A. Desain Web di Microsoft Frontpage

1.Buka program Microsoft Frontpage di komputer anda.
(jika belum ada, bisa dinstall terlebih dahulu, umumnya satu paket denganinstaller Microsoft Office)
2.Buat page baru, dengan meng-klik file lalu klik new. Page baruini kita namakan sebagai index, dengan cara meng-klik file lalu klik save-as.
3.File index ini dijadikan sebagai tampilan utama/pertamawebsite kita, seringkali dikenal sebagai home. Pada index dibuatlink-link page lainnya seperti visi&misi, forum, inspirasi dll.
4.Buat page-page lainnya seperti, visi&misi, forum, inspirasi,dll seperti langkah no.2. Agar mudah, kita copy paste-kan saja daripage index, lalu kita edit sesuai kebutuhan.
5.Langkah selanjutnya adalah me-link-kan satu page dengan pagelainnya, caranya drag pada kata seperti misalnya visi&misi, laluklik kanan mouse anda dan pilih hyperlink properties lalu arahkandengan memilih page untuk visi&misi. Demikian seterusnya sampai satupage dengan page lainnya ter-link semua.
6.Untuk tampilan website, anda bisa pilih dan coba-coba menu-menu yang ada pada program Microsoft Frontpage. Misalnya menu themeuntuk tampilan background, menu navigation untuk tampilan tulisanbergerak dll.

B. Daftar Domain & Webhosting

Sebelumnya saya jelaskan sedikit tentang Domain dan Webhosting, domain adalah semacam alamat rumah kita dalam hal ini website kita, misalnya: www.detik.com, www.republika.co.id, www.cikalmart.com dll.

Domain yang sudah diregister oleh orang lain tidak bisa digunakan lagi oleh kita sepanjang domain masih terdaftar, jadi harus betul-betul berbeda, domain kita ini berlaku satu tahun dan harus diregister ulang setiap tahunnya.

Sementara Webhosting adalah semacam berapa luas/besar rumah yang kita akan pakai, artinya berapabesar ukuran/kapasitas megabyte website yang akan kita gunakan. Adaberbagai macam kapasitas mulai dari 1MB sampai dengan Unlimited.

Pilih sesuai kebutuhan, untuk UKM kapasitas/space 25MB bandwidth1.5GB sudah cukup saya pikir.Daftar domain biayanya sebesar Rp.85.000,-(satu tahun), Daftar webhosting untuk space 25MB bandwidth 1.5GB biayanya sebesarRp.15.000,-(per bulan), umumnya dengan kontrak per 6 bulan atau pertahun.

Perusahaan layanan Webhosting dapat dipilih sesuai selera, beberapa contoh bisa dilihat di: http://www.ardhosting.com http://www.techscape.co.id http://www.ukmhosting.com dll.
www.cikalmart.com sendiri menggunakan layanan dari http://www.ardhosting.com

C. Upload File di FTP
Setelah mendaftar domain dan webhosting di perusahaan layananwebhosting, kita akan memperoleh nama login dan password yang telah kita pilih sebelumnya. Login dan Password ini kita gunakan untuk mengakses FTP yang akan kita gunakan sebagai transfer file website kita yang telah dibuat dengan microsoft frontpage sebelumnya, agar tampilannya dapat dilihat pada alamat website kita masing-masing.

Contoh caranya adalah sebagai berikut:
Misal: Alamat Website: http://www.cikalmart.com login: cikal, password:pass789
Ketik ftp://cikal@cikalmart.com pada bar internet explorer, lalu akan muncul tampilan untuk masukan password pada layer monitor anda.Masukan passwordnya, pass789 lalu klik OK.
Lalu akan muncul folder-folder dan file-file default pada layar FTP kita. Pilih folder public html.Buka windows explorer anda, lalu copy file website yang telah dibuatsebelumnya dan paste kan ke folder public html di FTP anda.Tunggu beberapa saat, sampai transfer file selesai dilakukan.

Setelah transfer file berhasil dilakukan, coba anda browsing alamatwebsite anda, misalnya http://www.cikalmart.com Maka tampilan yang anda buat sebelumnya dimicrosoft frontpage akan sama dengan tampilan pada website anda.

Note: ada satu tips lagi, jika hosting yang kita gunakan adalah LINUX base bukan WINDOWS base, maka kita harus mengubah nama folder index kita yang menggunakan underline dengan tidak menggunakanunderline misalnya index_files diganti dengan indexfiles. Lalu padawebsite kita klik kanan dan pilih view source lalu kita edit setiap kata index_files diganti dengan indexfiles dengan mengunakan menuedit lalu pilih replace. Jika kita tidak melakukan hal diatas, maka gambar-gambar yang ada, tidak dapat tampil dilayar website kita.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda untuk membuat website sendiri. Anda ingin dibantu untuk pembuatan blog/website? Silahkan hubungi saya, dengan senang hati saya membantu anda.

Wass, ardi.
http://www.cikalmart.com
Distributor Online::Belanja Lebih Hemat, Lebih Menyenangkan
Customer Service:
Jl.Tanjung Blok H1/16 BSD Tangerang
Telp./Fax. (021) 4269822
Contact Person: Ibu Desi Marwati
SMS Centre (24 jam): 085920118306 (attn.Bpk. ardi)


kirim email ke: cikalmart-subscribe@yahoogroups.com

To: "'Cikalmart'" <cikalmart@yahoogroups.com>
From: "Ahmad Santosa" <lelaki_gigih@>
Subject: [cikalmart] Re : Website CikalMArt & Testimonial

Dear P'Ardi, Boleh juga disharing ke milis ini proses pembuatan homepage Cikalmartnya, sebagai sarana pembelajaran bagi rekan2yg ingin jugamem-publish usahanya via internet. Mulai dari filosofidesain, daftardomain, pemilihan hosting dan biayanya sampe prosesupload. Eh, btw skrg ini saya dengar sdh ada software utk membuat website dengan software CMS(Content management system) seperti Mambo atau Joomla,untuk mempermudahproses update isi website.
Thx

5 Comments:

Blogger rosi said...

Hey.......now only I hear about these things regarding webhosting......thanks....keep it up....

10:10 PM  
Anonymous bisnis online said...

thank sharingnya mas.....nanti akan saya coba semua tipsnya ...inilah yang saya cari-cari ....

8:31 PM  
Anonymous tipsbisnis.web.id said...

wah tips yang sangat bagus, salam kenal ya...http://tipsbisnis.web.id

2:04 AM  
Anonymous Bisnis Faisal said...

Infonya sangat bermanfaat dan memang sangat diperlukan buat pemula yang masih bingung bagaimana memulai bisnis lewat internet terutama membangun alat bisnis utamanya yaitu website,

sedikit tambahan saja mungkin sebelum anda membangun website pertama anda perhatikan hal berikut ini :

1. apa tujuan anda membangun website,

2. apa manfaat yang akan anda dapat dari website yang anda bangun,

3.apa manfaat website yang anda bangun buat pengunjung anda,

4.apa target bisnis anda,

salam kenal dari pemula di bisnis online , ...sukses

Blog Bisnis Online | Bisnis Internet | Internet Marketing

7:30 AM  
Anonymous www.usahacerdas.info said...

bagus banget tipsnya semoga bisa menjadi pencerahan buat semua....salam kenal dari saya usahacerdas.info

8:41 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home