2/15/07

Pareto 80/20: Fokus & Memilih

kurang lebih begitu bu malna,
saya sedang belajar melakukan action kepada yang 20 (penting-pentingsaja) untuk menghasilkan yang 80 (paling penting).

contohnya apa?
saya mengerjakan sesuatu yang saya anggap benar2 sesuai dengan minat saya, saya memilih dan fokus serta intens menjalin hubungan yang benar-benar dekat dengan istri, keluarga, teman dekat, sahabat, dan salah satunya saya mendapatkan teman-teman yang dekat dihati di forum ini.

saya fokus kepada goal yang saya ingin-kan, bukan goal/mimpi orang lain, bukan juga pada sesuatu yang tidak saya inginkan.

sedikit mungkin saya tidak berhubungan dengan sesuatu atau seseorangyang tidak terlalu penting buat saya, kejam ga ya? :-)

faktanya? hidup kadang harus memilih!


"Lebih Sedikit, Menghasilkan Lebih Banyak"

@rd.


Re: [cikalmart] What Is The 80/20 Rule And Why It Will Change Your Life
Apakah saya bisa 'menerjemahkan' rule ini sebagai efisiensi, pak?

Klien saya yang pertama adalah sebuah divisi penagihan dari sebuah perusahaan leasing. Mengeluhkan tingkat bad debt atau tagihan yang tertunggak semakin meningkat.

Saya konsentrasikan pada efisiensi kerja divisi ini, yang menurut saya sangat tidak efisien. Walaupun komputer tidak 100% mampu mengatasi ini tapi saya yakin dengan program sederhana, bahkan sebuah spreadsheet, akan mampu mengorganisasi database debitur daripada tumpukan kertas dan kwitansi yang simpang siur dimeja setiap karyawannya.

Demikian juga dengan kolektor, yang meskipun dengan tenaga muda yang fresh, tapi tidak menguasai medan. Jadilah mereka hanya berputar-putar mencari alamat yang tiada kunjung ketemu.

Sarana komunikasi yang sebenarnya sederhana seperti telepon, malah jarang dimanfaatkan untuk membuat janji pertemuan debitur dengan kolektor. Akibatnya bisa dilihat, kolektor dan debitur bermain kucing-kucingan...

Salam manis dari Yogyakarta,

Malna R. Syarief

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home