2/6/07

Ah, Teori! (Artikel 1)

Kadang-kadang ada yang berpikir apa, sih perlunya teori matematika, logika, statistika dll yang njelimet itu, toh nanti di dunia bisnis/kerja, praktiknya lah yang penting. Kita lalu malas-malasan mengikuti kelas teori.

Padahal untuk menjadi pebisnis handal, saat ini tidak hanya dengan mengandalkan insting, naluri, bakat atau keberuntungan saja tapi juga perlu landasan berpikir yang matang agar tidak tertinggal dengan yang lain.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang supply atau demand? Misalnya, saat tingkat harga komoditi Anda naik, maka Anda akan menaikan jumlah komoditas jika Anda bertujuan untuk memaksimumkan keuntungan.

Saya kira dibangku sekolah Anda pernah mempelajarinya atau mungkin lupa? Benar, itu adalah teori supply dan merupakan teori ekonomi standar yaitu prinsip keuntungan maksimum!

Nah, itu baru satu saja teori yang terpakai, kan? Lalu bagaimana jika komoditi yang kita adalah komoditi dinamis seperti produk beras? Bagaimana Anda akan menganalisisnya menggunakan teori yang tersedia?

Dalam hal ini penawaran tidak hanya ditentukan oleh variabel ekonomi yang sama. Dalam sektor pertanian terdapat time lag antara pengambilan keputusan produksi dengan realisasi produksi, keputusan produksi harus dibuat satu periode sebelum realisasi penjualan.

Misalnya saya mengambil keputusan produksi saat ini berdasarkan harga pada saat ini. Tapi karena produk tidak terealisasi saat ini(menunggu panen dll) maka harga sekarang tidak mempengaruhi produksi tahun ini melainkan pada tahun berikutnya dan pada kenyataannya penawaran juga dipengaruhi oleh penawaran dan faktor produksi tahun sebelumnya.

Begitu juga dengan permintaan tahun ini ditentukan oleh permintaan tahun sebelumnya, harga padi tahun ini, pendapatan perkapita tahun ini serta jumlah penduduk tahun ini.

Bagaimana saya harus menganalisis ini semua? Tunggu sebentar, saya akan ke instansi terdekat, dalam hal ini Bulog untuk mendapatkan datanya...

Salam manis dari Yogyakarta,

Malna R. Syarief

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home