2/6/07

Info Franchise di Bandung

Berikut adalah tulisan p'FR, siapa tahu anda jadi lebih tahu tentang seluk beluk franchise.

Dalam memilih franchise saran saya adalah, anda mesti extra hati2 dalam memilih franchise, apakah sistem nya sudah berjalan denganbaik, punya pengalaman yang mumpuni, bukan usaha yang baru sajadibuka, belum memiliki sistem yang baik, sehingga proyeksi keuangan sebagaimana dijanjikan oleh pihak franchisor tdk dapat tercapai.

jangan mudah tergiur dengan 'proyeksi keuangan' pihak franchisor,lebih baik teliti terlebih dahulu, daripada susah dibelakangan hari.

Franchise adalah salahsatu investasi yang menurut saya dapatmemberikan keuntungan bagi kedua pihak seharusnya, buat anda yangingin mengaplikasikan konsep pareto 80/20, "melakukan lebih sedikit,lebih banyak menghasilkan"20% kerja 80% hasil, nah ini jadi salahsatu solusinya.

jadi gunakan modal uang, modal kerja, modal waktu dll anda sebesar20%, untuk menghasilkan 80% hasil kerja.

selamat mencoba.

Salam,


CikalMArt



FR wrote:

Tanggal 2 – 4 Februari yang baru lalu di Bandungberlangsung pameran Info Franchise Expo 2007. Saya menyempatkan hadir, sekalian ingin mengamati daridekat perkembangan dunia franchise di Indonesia saat ini.

Sebagai pameran bisnis yang target nya adalah calon pebisnis/investor, pameran sendiri berjalan denganbaik. Dari segi pengunjung tentu tidak bisa diharapkanseramai pameran buku atau pameran komputer. Namun menurut saya atensi pebisnis Bandung kali ini cukup baik. Dan potensi pebisnis di Bandung sebetulnya cukup dahsyat. Saya melihatnya dari angka-angka saja. Penduduk Bandung hanya sekitar 2.7 juta jiwa. Tapi tabungan nya banyak. Dari laporan Bank Indonesia tahunlalu, saya melihat penempatan dana pihak ketiga diperbankan Bandung yang mencapai sekitar Rp.72 T.Sebagian besar dalam bentuk deposito (45 T) dan sisanya tabungan. Dan ini sebagian besar adalah milikperorangan (hampir 70%), bukan institusional. Dapat dibayangkan betapa besar potensi dana yang masih"parkir" di Bandung. Memang, "orang kaya" Bandung tadimungkin konservatif. Namun franchise bisa menjadi cara yang tepat untuk memancing dana tadi masuk ke sektorbisnis.

Peserta pameran franchise kemaren juga cukup lengkap.Dari sektor makanan ada Jesslyn Cake, Bread Story,Kebab Turki Baba Rafi, Kebab Anya, Pisang Goreng PMan, Buana Burger, Andrew Crepes, Roti Maryam,C'lup-C'lup, Dobbi Burger hingga Es Krim Campina. Yang paling ramai peminatnya saya lihat adalah booth KebabTurki Baba Rafi. Mungkin terbantu oleh figure ownernya yang belakangan sedang ngetop. Yang lain juga sebenarnya tidak kalah potensial. Karena masing-masing booth menyediakan sample makanan, saya, istri dan anak saya yang kebetulan doyan makan semua, langsung mencoba satu persatu. Selain Kebab Turki yang memang mantap, saya lihat Roti Maryam yang enak dan unik(semacam roti cane) punya potensi besar. DisampingC'lup-C'lup sendiri yang membuat kami kaget, karena makanan tusuk ini ternyata lumayan digemari pengunjung.

Range nilai investasi di sektor makanan ini cukupbervariasi. Yang paling murah adalah Burger Buana yang hanya sekitar Rp. 2,5 juta. Kebab Turki Baba Rafi mematok range antara 40 juta (gerobak) hingga di atas100 juta (kafe). Yang lain, sekitar Rp.15 juta hinggaRp. 29 juta. Untuk model gerobak, saya perhitungkaninvestasi yang masuk akal adalah Rp. 15 – 17.5 juta. Andrew Crepes cukup berani dengan mematok hingga Rp.29juta. Investasi cukup tinggi pada franchise makananadalah untuk bakery, mengingat tempat yang lebih permanent dan eksklusif, dan nilai stock yang besar. Jesslyn Cake mematok Rp.200 – 600 juta, sementaraBread Story bahkan mencapai lebih dari Rp.1 milyar.Di sektor otomotif yang cukup menarik untuk dicermatiadalah AutoBridal. Bisnis salon mobil ini sebetulnyasaya yakin "gak ada matinya" karena trend kepemilikanmobil yang terus meningkat. Fee franchise yang Rp.75 –150 juta juga masih masuk akal. Hanya range totalinvestasi nya yang berkisar Rp.400 - 900 juta menurutsaya terlalu besar. Meskipun sekarang tersedia paketAutoBridal Ekspress dan Motor yang investasinya bisalebih murah. Autobridal juga terlihat aktif melakukaninovasi. Disaat snow wash sudah mulai umum, merekapunya menu cuci "es krim" yang warna-warni. Tapi apakah itu yang dibutuhkan para pemilik mobil? Jujur saja saya meragukan.

Untuk sektor retail, AlfaMart hadir menawarkan polainvestasi yang menurut saya sangat masuk akal.Investasi nya sekitar Rp.300 juta. Pemilik usaha sudah akan menerima sistem, perlengkapan dan supply barang.Royalti fee berjenjang tergantung omzet. Namun sayasangat tertarik dengan kehadiran K-24. Brand Apoteklokal yang kini sedang naik daun. K-24 ini cukupberani dengan konsep 24 jam nya. Investasi nya juga cukup tinggi, berkisar Rp. 500 juta. Pengalaman saya,margin obat sangat tipis. Sementara banyak item obatjuga sangat terbatas oleh waktu. Dengan bebanoperasional yang tinggi karena buka 24 jam, keberanian ini tentu menuntut kemampuan pengelolaan inventoryyang luar biasa baik untuk menjaga harga pokok penjualan serendah mungkin.

Ada juga franchise sandang seperti Edward Forrer(sepatu) dan Shafira (busana muslim). Kedua-dua nya memiliki nilai investasi yang berkisar Rp.500 juta.Kedua brand yang lahir di Bandung ini sama-sama dikenal memiliki kualitas yang bagus. Kedua-dua nya juga terkenal sebagai innovator di bidang nya. Namun produk Edward Forrer memiliki market yang lebih luas dengan price yang masuk akal di kelas nya. Sementara Shafira dengan price yang cukup tinggi, marketnya lebih sempit (middle up Moslem), yang dewasa ini memiliki pilihan yang sangat luas. Dengan investasi yang sama, pay back period Shafira mungkin akan lebihlama dibanding Edward Forrer.

Yang masuk watch list saya sebenarnya adalah bisnis berteknologi tinggi seperti Multiplus. Multiplus yang menawarkan one stop shopping keperluan office/bisnis ini harus diakui cukup diminati konsumen. Ini sebenarnya meneruskan kesuksesan berbagai pusat "fotocopy" atau solusi dokumen yang selalu laris di kotabesar. Apalagi dengan nilai plus yang demikian banyak,maka Multiplus sangat menjanjikan. Selain itu ada JavaNet yang menawarkan konsep internet café. Ini juga menarik, karena pengunjung tidak hanya disugihikoneksi internet, namun juga menu makanan layaknyacafé. Namun demikian, positioning nya menurut sayamenjadi tidak jelas. Pengunjung warnet dan pengunjungcafé adalah dua komunitas yang berbeda. Pengunjungwarnet atau game center adalah komunitas anak muda yang cuma butuh "minum teh botol" asal ada koneksi cepat dan murah. Sementara pengunjung café yang ingin makan dan minum, tidak butuh-butuh amat dengan koneksi internet. Kalaupun butuh koneski internet, sekarangbanyak café yang menyediakan koneksi wi-fi gratis.Apalagi, nilai investasi yang mencapai Rp.345 (gamecenter) hingga 700 juta (café), cukup besar. Ini berbeda dengan Wiz Game & Internet Center yang fokushanya pada game center. Market online gamers memangsangat menjanjikan, sehingga potensi nya besar. Meskipun investasi awal Wiz Game yang mencapai Rp.350jutaan menurut saya terlalu besar. Mendirikan onlinegame center itu barrier to entry nya rendah, sehingga kompetisi juga akan sangat ketat. Dengan dana yang sama, orang bisa mendirikan game center yang lebihkencang dan lengkap di sebelah game center Anda. Darigroup Java Net, ada peluang juga untuk menjadi outletMicronics – distributor PC Dell. Ini cukup menarik.Dell adalah PC branded yang akhir-akhir ini sangatkompetitif. Investasi nya juga dibawah Rp.200 juta.Selain itu saya tertarik dengan bidang Digital Imagingyang dewasa ini maju pesat. Layanan yang ditawarkanantara lain cetak pada mug, pin, t shirt, hingga photobox. Dimage menawarkan paket-paket investasi yang sangat beragam sehingga kita bisa merancang sendiri layanan apa yang cocok dengan lingkungan kita. Range investasi nya juga cukup ringan, dari Rp. 4 jutaanhingga puluhan juta. Dengan demikian investor mudah untuk memulai usaha dan menambah layanan sesuai perkembangan usaha.

Masih banyak lagi yang sebetulnya bisa di bahas. Disektor pendidikan hadir ILP, iTutor Net, Interkatif,dsb. Saya tertarik dengan Interaktif kursus komputeranak, yang menawarkan investasi franchise yang rendah(total investasi di bawah Rp.50 juta). Di sektor spaada Leha-Leha dan Nakamura. Leha-Leha menawarkan konsep yang lebih lengkap, mencakup spa dan klinik kecantikan. Sementara Nakamura hanya pijat refleksi.Investasi Nakamura yang mencapai Rp.250 juta menurutsaya terlalu tinggi untuk usaha pijat refleksi.Demikian sekilas info dari pameran franchise diBandung yang baru lalu. Semoga bermanfaat.(FR)

6 Comments:

Blogger John said...

coach factory outlet
toms shoes
jordan 6
jordan 11s
coach outlet
coach outlet
louis vuitton outlet
christian louboutin outlet
ugg boots
coach factory outlet
true religion outlet
louboutin pas cher
coach outlet store online
rolex watches outlet
cheap oakley sunglasses
michael kors outlet
ray bans
nike air huarache
coach factorty outlet
lebron james shoes 12
louis vuitton
cheap oakley sunglasses
ralph lauren polo outlet
louis vuitton outlet
gucci shoes
coach factorty outlet
louis vuitton bags
jordans
tory burch outlet
ralph lauren outlet
polo ralph lauren outlet
uggs outlet
gucci
tiffany and co
ray ban sunglasses
oakley sunglasses
replica watches
michael kors outlet
louis vuitton
christian louboutin outlet
2016319yuanyuan

7:24 PM  
Blogger Unknown said...

Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 430 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

12:42 PM  
Blogger Dr Purva Pius said...

Hello Everybody,
My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

BORROWERS APPLICATION DETAILS


1. Name Of Applicant in Full:……..
2. Telephone Numbers:……….
3. Address and Location:…….
4. Amount in request………..
5. Repayment Period:………..
6. Purpose Of Loan………….
7. country…………………
8. phone…………………..
9. occupation………………
10.age/sex…………………
11.Monthly Income…………..
12.Email……………..

Regards.
Managements
Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

4:08 PM  
Anonymous Anonymous said...


Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia
BBM INVITE:{D8980E0B}

6:23 PM  
Blogger Unknown said...

www0710

fitflops
canada goose outlet
christian louboutin outlet
nike roshe one
polo ralph lauren
coach outlet online
tory burch outlet
michael kors outlet
michael kors handbags
san francisco 49ers jerseys




12:48 AM  
Blogger Unknown said...

ugg boots
michael kors outlet online
canada goose jackets
ultra boost 3.0
ralph lauren uk
mlb shop
oakley sunglasses
canada goose outlet
ugg boots clearance
moncler outlet

5:54 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home