12/17/07

Perjalanan ke Samarinda



















Tentang Foto:
(dari kiri ke kanan)
1. Jalanan mulus antara Balikpapan-Samarinda sekitar 130 km, tepatnya di Bukit Suharto.
2. Gerbang Bukit Suharto, di bukit inilah sempat di"heboh"kan dengan Proyek 1 Juta Hektar.
3. Di Depan Kraton atau Kesultanan Kutai Kertanegara.
4. Kira2 Begini, kalau Sultan zaman sekarang :-)
5. Tampak depan Kraton atau Kesultanan Kutai Kertanegara
6. Sepanjang Sungai Mahakam, Samarinda.
7. siap Terjun ke Sungai Mahakam :)


Seperti napak tilas sejarah Kerajaan Pertama di Indonesia yang sebelumnya hanya saya tahu dari Buku-buku sejarah sewaktu kita SD sampai SMA, pasti Anda semua pernah merasakan kan? minimal buat generasi era 80-an dan 90-an, pelajaran yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk bisa kita gali lebih dalam mulai dari asal muasalnya berdiri sebuah Kerajaan, Pencapaian-Pencapaian Prestasi apa yang pernah dulu nenek moyang kita telah lahirkan jika dibandingkan dengan sejarah peradaban manusia dibelahan bumi lain pada saat yang sama, melihat lebih dalam makna-makna dari simbol-simbol tatanan kehidupan masa lalu. Sepertinya itu tidak kita peroleh dari selembar buku yang menceritakan hal yang sama dari zaman SD s/d SMA, hmmmm wasting time kan? untung yah, saya dulu gak mau capek untuk menghapalkan itu semua :-)

Hmmm rasanya saya punya beberapa ide dan inspirasi dari perjalanan ini, mau tahu? coba cari tahu lebih banyak lagi dengan langsung berkunjung ke Tenggarong-Samarinda-Balikpapan, pasti banyak kejutan disana, khususnya di Samarinda. Anda pasti terkejut kalau disana, anda bisa lihat mobil Hummer Kuning berhenti di jalanan atau mobil2 berkelas seperti Mercedes, BMW, sampai kelas Jazz, Innova berkeliaran muter-muter kota, sambil cari2 SPBU untuk isi BBM :-)

- Di Samarinda, berdiri Mall Besar kalau tidak salah eja namanya Lembuswana, disana sudah ada tenant besar Matahari Dept. Store. Yang belum banyak ada di Mall ini misalnya saja jualan khusus Busana Muslim yang super lengkap, padahal masyarakat sekitarnya cukup banyak masyarakat muslimnya. Kalau ada yang mau jualan disini. khususnya untuk Anda yang memang bertempat tinggal di Samarinda, ini potensi besar untuk bisa Anda berjualan disini. Barangnya darimana? Anda bisa lihat-lihat di http://www.cikalmart.com/Busana.htm, disini cukup banyak variasi-variasi produk busana muslim yang bisa anda pilih hanya dengan modal klik saja :)

- Balikpapan, kalau yang pernah ke Balikpapan rasanya pasti tahu istilah BC atau BP, ya! itu Balikpapan Centre atau Balikpapan Plaza biasa orang disini sebutkan. Rasanya hanya satu-satunya Mall yang cukup megah yang berdiri tepat di Jantung Kota Balikpapan, makanya hampir setiap hari terutama after working hours tempat ini selalu dipenuhi pengunjung. Disana sudah ada tenant besar seperti Matahari dan Hero. Nah ini yang menarik, kabarnya disini akan dikembangkan perluasan Mall lebih besar lagi, dengan konservasi pantai menjadi daratan. Kalau di Jakarta, rasanya belum pernah lihat Mall yang berdiri megah disamping bibir Pantai, tanya kenapa? Simple saja, Mall dijamin tenggelam bersama Banjir yang sudah jadi makanan sehari-hari diJakarta :) Ini peluang lagi buat Anda yang ingin memulai usaha disini, dengan tenant besar Hypermart dilantai 2, untuk anda yang mau buka usaha seputar alat-alat Olahraga, Salon, atau Perhiasan, nah anda bisa berdekatan dengan tenant besar yang biasanya banyak sekali dikunjungi oleh Customer. Bagi yang mau buka usaha Handphone & Seluler anda bisa buka dilantai 3. Kalau Anda punya minat, saya malah punya kontak langsung dengan bagian marketingnya.

-Tenggarong atau Kutai Kertanegara
Disini malah saya belum melihat ada Mall besar yang berdiri disini. Entah apa sebabnya, padahal potensi marketnya dimasa yang akan datang akan tumbuh dengan cukup tinggi. Meski barangkali relatif belum seramai Balikpapan atau Samarinda, Tenggarong punya potensi besar untuk berkembang sangat pesat, apalagi konon kabarnya Tenggarong adalah kota terbesar APBD nya di Seluruh Indonesia. Dengan menjadi daerah penghasil minyak dan gas terbesar di wilayah Kalimantan Timur, Tenggarong berhak memperoleh bagi hasil daerah berupa APBD yang lebih besar daripada Daerah Lainnya di Indonesia, ini dampak positif dari adanya Otonomi Daerah. Kita lihat saja nanti, seperti apa kelak Tenggarong adanya.


Salam, ardicikalmart.
www.cikalmart.com