1/17/06

Trend Industri Retail Indonesia

Seperti apa kira-kira masa depan yang akan dilalui oleh retailer di Indonesia ?
Yang pasti masa depan akan lebih keras persaingannya. Untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya, retailer akan beroperasi dengan bentuk organisasi yang lebih ramping dan effisien. Pada masa datang retailer akan beroperasi dengan gross margin yang lebih rendah, biaya operasional yang lebih kecil, lebih sedikit inventori dengan perputaran barang yang lebih cepat.
Trend konsumen masa depan adalah Pay Less, Expect More, Get More. Konsumen masa depan adalah konsumen yang memiliki ekpektasi yang lebih tinggi, meminta lebih banyak, menginginkan kualitas yang lebih tinggi dan konsisten, lebih banyak pilihan, toko yang lebih nyaman dan pelayanan yang lebih bernilai, namun dengan membayar lebih murah, waktu lebih cepat, dengan usaha dan resiko lebih rendah. Dapat diperkirakan, kompetisi selanjutnya, tidak hanya pada harga, namun menyangkut variable lain yang berkaitan dengan value atas pengalaman berbelanja pelanggan.
Dalam millenium baru ini beberapa trend yang sudah dan akan terjadi di Indonesia dan memberikan dampak bagi industri retail diantaranya :

Gelombang masuknya retailer asing.
- Evolusi ke Format Retail Baru
- Meningkatnya keluarga dengan double income (suami-istri bekerja).
- Pertumbuhan kota-kota satelit disekeliling kota besar.
- Mobilitas yang semakin tinggi dan waktu luang yang semakin sedikit.
- Pembantu rumah tangga menjadi semakin mahal.
- Perkembangan pemakaian PC rumah tangga dan internet yang semakin tinggi.
- Perkembangan teknologi dan pemakaian Handphone-PDA.
Evolusi perkembangan format retail di Indonesia dapat di bagi atas beberapa tahapan:

1. Sebelum 1960-an : Era perkembangan retail tradisional berupa retailer atau pedagang-pedagang independen.
2. Tahun 1960-an : Era perkenalan retail modern dengan format Department Store (Mass Merchandiser), ditandai dengan dibukanya gerai retail pertama SARINAH di Jl. MH Thamrin.
3. Tahun 1970-1980-an: Era perkembangan retail modern dengan format Supermarket dan Department Store, ditandai dengan berkembangnya retailer modern (Mass Merchandiser dan Grocery) seperti Matahari, Hero, Golden Truly, Pasar Raya dan Ramayana. Pada masa ini juga berkembang format Drug Store, yang lebih dikenal dengan nama apotik.
4. Tahun 1990-an : Era perkembangan Convenience Store (C-Store), High Class Departmet Store, Branded Boutique (High Fashion) dan Cash and Carry. Perkembangan C-store ditandai dengan maraknya pertumbuhan Indomaret dan AMPM. Perkembangan High Class department Store dan High Fashion Outlet, ditandai dengan masuknya SOGO, Metro, Seibu,Yaohan, Mark & Spencer dan berbagai outlet high fashion lainnya. Pekembangan format Cash and Carry ditandai dengan berdirinya Makro, diikuti oleh retailer lokal dengan format serupa misalnya GORO, Indogrosir dan Alfa.
5. Tahun 2000 - 2010 : Era perkembangan Hypermarket, Factory Outlet, Category Killer dan perkenalan dengan e-retailing. Era Hypermarket ditandai dengan berdirinya Continent Hypermarket dan Paserba Carrefour di tahun 1998. Pada tahun 2002 akan dibuka Hypermarket GIANT, dan beberapa gerai hypermarket lainnya. Adanya kebutuhan akan barang bagus/bermerek dengan harga miring akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan mendorong perkembangan Category Killer dan Factory Oulet. Di beberapa tahun ke depan, akan bermunculan category killer di berbagai kategori produk seperti Family Apparel, Consumer Electronic, Auto Aftermarket, Home/Bed/Bath, Home Improvement, Pet Supply, Craft/Hobby, Computer, Sporting Goods, melengkapi category killer yang telah berkembang saat ini seperti Department Store, Book Stores, Electronic, Office Supply dan Toy Stores. Berbagai factory outlet kini mulai menjamur di kota Bandung dan Jakarta, misalnya Millenia dan Metro Factory Outlet. Multipolar Group dengan LIPPOSHOP-nya berjasa dalam memperkenalkan e-retailing di Indonesia, contoh retailer yang berbasis internet misalnya sanur, click and drag dan gramedia on-line.
6. Tahun 2010-2020 : Era perkembangan Hard Discounter Store dan Catalog Services. Persaingan harga yang semakin sengit akan mengarahkan retailer mencari alternatif format retail yang lebih effisien. Sehingga pada masa ini akan menjamur format Hard Discounter menggantikan format Hypermarket. Format hardiscounter menawarkan produk sejenis dengan harga 15-30% lebih murah dibandingkan format retail lainnya. Pada masa ini private label akan semakin populer. Selain itu untuk barang-barang tahan lama misalnya pakaian, appliances dan elektonik, akan berkembang melalui format Catalog Services. Format ini memungkinkan retailer untuk menjual dengan harga lebih murah karena tidak mengeluarkan biaya investasi dan operasional toko secara fisik. Semakin memasyarakatnya kepemilikan PC dan akses internet akan mendorong pertumbuhan format catalog melalui e-retailing.
7. Setelah tahun 2020 : Era perkembangan e-retailing dan Toko Spesialisasi. Tingkat kepemilikan PC dan akses internet akan semakin merata di Indonesia, sehingga mendorong ke arah perkembangan e-retailing yang sesungguhnya. Pemesanan dan pembayaran produk dilakukan melalui internet, bahkan pada masa tersebut kita dapat menggunakan handphone-PDA atau handheld terminal yang disediakan retailer untuk melakukan pembelian produk saat berkunjung ke supermarket. Cukup scan barang yang akan kita beli dengan Handphone-PDA atau handheld, selanjutnya kita boleh langsung membayar dengan credit card secara on-line lewat peralatan tersebut atau dengan cash di cashier. Kecenderungan berikutnya yang mungkin terjadi adalah toko spesialisasi akan menjamur, sehingga untuk membeli rokok misalnya, orang lebih senang pergi ke toko khusus yang menjual berbagai jenis rokok (Ciggarette Outlet), dengan harga yang tentu saja lebih bersaing.

5 Comments:

Blogger Unknown said...

2015-7-18 xiaozhengm
ed hardy clothing
mont blanc pen
pandora rings
fitflops outlet
true religion outlet
prada outlet
polo ralph lauren
soccer jerseys wholesale
coach outlet store online
cheap ray ban sunglasses
kate spade
coach factory outlet
ralph lauren
hollister clothing
chanel outlet
oakley sunglasses
nike tn pas cher
oakley store
ed hardy
air force 1
fitflops sale clearance
abercrombie outlet
michael kors handbags
longchamp handbags
ralph lauren uk
longchamp pas cher
christian louboutin outlet
michael kors bag
borse gucci
coach factory outlet
mcm outlet
ray ban wayfarer
coach outlet
cheap jerseys
tory burch outlet online
true religion
chaussure louboutin
true religion jeans
oakley sunglass
chanel bags

8:44 PM  
Blogger Unknown said...

ninest123 16.03
burberry outlet, longchamp outlet, burberry factory outlet, ray ban sunglasses, cheap oakley sunglasses, michael kors handbags, replica watches, louis vuitton outlet, ralph lauren outlet, uggs on sale, prada handbags, louis vuitton outlet online, uggs on sale, christian louboutin, nike free, nike air max, oakley sunglasses, nike air max, oakley sunglasses, ralph lauren polo, christian louboutin, ray ban sunglasses, nike outlet, tiffany jewelry, tiffany jewelry, oakley sunglasses, michael kors outlet online, longchamp bags, michael kors outlet online, louboutin shoes, louboutin uk, prada outlet, uggs outlet, uggs on sale, ray ban sunglasses, michael kors outlet online, tory burch outlet, uggs outlet, gucci handbags, louis vuitton, longchamp outlet, cheap jordans, michael kors outlet, louis vuitton handbags, replica watches, oakley sunglasses, michael kors, louis vuitton outlet

7:19 PM  
Blogger Unknown said...

nike blazer pas cher, nike air max uk, polo ralph lauren uk, new balance, ralph lauren pas cher, michael kors, lululemon outlet, jordan pas cher, sac guess pas cher, nike free, burberry pas cher, michael kors uk, nike roshe run pas cher, hermes pas cher, coach outlet store online, coach purses, true religion outlet, replica handbags, north face uk, hogan sito ufficiale, timberland pas cher, north face pas cher, longchamp pas cher, true religion outlet, louboutin pas cher, polo lacoste pas cher, nike air max pas cher, nike air max, mulberry uk, hollister uk, ray ban uk, vanessa bruno pas cher, nike trainers uk, nike air force, lunette oakley pas cher, vans pas cher, michael kors, abercrombie and fitch UK, nike tn pas cher, longchamp soldes, lunette ray ban pas cher, converse, nike air max uk, nike free pas cher, abercrombie and fitch, true religion jeans, michael kors outlet online, nike roshe uk, true religion outlet

7:20 PM  
Blogger Unknown said...

ugg,ugg australia,ugg italia, karen millen uk, hollister, pandora jewelry, thomas sabo uk, ugg,uggs,uggs canada, canada goose jackets, pandora uk, canada goose uk, canada goose, canada goose pas cher, ugg uk, sac louis vuitton, canada goose, swarovski uk, swarovski jewelry, canada goose outlet, ray ban, replica watches, louis vuitton, louis vuitton, moncler, canada goose jackets, moncler jackets, pandora jewelry, links of london uk, marc jacobs, barbour jackets uk, moncler outlet, converse shoes outlet, canada goose outlet, coach outlet, ugg pas cher, juicy couture outlet, moncler uk, lancel, moncler, wedding dresses uk, barbour, louis vuitton uk, toms shoes, moncler, bottes ugg pas cher, sac louis vuitton, pandora charms, juicy couture outlet, moncler, moncler pas cher, montre pas cher, supra shoes
ninest123 16.03

7:25 PM  
Blogger RIANA RIANA said...

ايجيبت كلينيك افضل مراكز التجميل التى تهتم بعملائها وتقدم خدماتها بعناية فائقه فخدماتنا تشمل شد ونحت وتخسيس الجسم وحقن البلازما لنضارة الوجه وازالة شعر الجسم بالليزر وزراعة الشعر.
للاستفسار والتواصل:
01025873723-01550057331
01550057332-01016363128
https://9551.home.blog/
https://clinic144.blogspot.com/
https://clinic111.weebly.com/
https://www.instagram.com/egypt__clinics/

9:21 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home