12/21/06

Usaha Spesialisasi Retail

Bisnis retail juga perlu tahu berapa jumlah komposisi penduduk disebuah daerah yang akan kita bangun tokonya didaerah tersebut, seingat saya carrefour punya kebijakan bangun di daerah dengan jumlah penduduk tidak kurang dari 500.000 orang, sekarang dengan banyaknya bertumbuhan retail2 besar, saya pikir ini akan jenuh juga, hanya pemain yang benar-benar besar saja yang akan sanggup bertahan.

apalagi dengan trend kenaikan tarif dasar listrik, kenaikan upah akibat semakin tingginya inflasi, dll.

bisnis retail besar ini menurut saya akan masuk ke daerah2, yang selama ini telah berjamuran dijakarta, contoh soal bagaimana superindo di cilegon saya perhatikan sangat berjaya disana, meski di jakarta sendiri ia tidak sanggup menahan gempuran dari carrefour. untuk didaerah hal ini akan memberikan effect negatif pada usaha2 kecil dan menengah yang bergerak disektor ini.

saya pikir trend-nya harus kita ubah kepada spesialisasi2 yang belum ditawarkan oleh para peretail2 besar ini, jika tidak akan sulit untuk kita bisa bertahan diantara gempuran para peretail besar. saya pikir dunia akan terus berputar, jadi saya pikir kita harus tetap optimis di sektor retail ini, bahwa suatu hari akan bergantian masa kejayaannya.

Wass,ardi.
http://www.cikalmart.blogspot.com
Retail is Detail! "if you are not detail, you better step out from retail"
Pulsa Elektrik? Hubungi: (0254)399767

Bergabunglah dengan Komunitas Retail & Home Business CikalMArt
kirim email ke: cikalmart-subscribe@yahoogroups.com

--- In cikalmart@yahoogroups.com,
"Malna R. Syarief" < http://www.nanaberas.com >
wrote:
Ya, sepertinya saya juga baru menyadari jika bisnis ritel adalah benar-benar bisnis serius ketika saya beberapa waktu lalu memperhatikan bisnis ini. Terutama ketika melihat manajemennya yang memiliki standarisasi yang mantap, hingga detil sekecil-kecilnya sangat diperhatikan. Saya kira ini semua pasti bertujuan untuk memuaskan konsumennya. Sampai saya pernah dengar, kalau tak salah untuk menentukan lokasi tokonya, Hero Supermarket menerapkan konsep kiri, artinya letak toko selalu diusahakan di kiri jalan masuk komplek perumahan! Amazing... :-)

Salam manis dari Yogyakarta,

Malna R. Syarief

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home