3/7/07

[Kiat Bisnis] The Long Tail: "Mencari yang Unik"

kalau saya melihatnya, produk yang disebut dalam the long tail nya chris anderson, adalah produk yang secara varian sangat banyak bahkan unlimited (tak terbatas), untuk satu kategori misalnya pupuk.ada pupuk A, pupuk B, pupuk C, dan seterusnya, ditambah sub-varian nya misalnya pupuk A1, A2, A3, dan seterusnya.

salahsatu contoh kasus yang berhasil adalah penjualan buku di www.amazon.com, amazon menjual berbagai buku, mulai dari yang best seller sampai buku2 lama yang tidak terkenal sekalipun ada, ternyata buku-buku yang sekian banyak jumlahnya tersebut, meski dengan penjualan yang sedikit-sedikit bisa menyamai penjualan best seller-best seller dalam satu rentang waktu.

Tidak seperti halnya di toko tradisional, yang membutuhkan space/ruang untuk memajang stock produk-produknya, membutuhkan banyak orang yang terlibat dalam pengelolaannya, membutuhkan begitu luas ruangan yang harus disewa atau di beli, di dunia online segalanya dapat diminimalkan.

Yang perlu dilakukan adalah bagaimana merebut perhatian banyak pelanggan, mendapatkan kepercayaan & mempertahankan-nya sebaik mungkin, memberikan stimulan-stimulan agar bisa terus melakukan repeat order yang lebih banyak, memperbarui produk-produk agar terus selalu update & selalu punya pasar baru (blue ocean strategy).

Satu lagi yang penting:Teruslah bertanya,
apa yang 'berbeda' dari usaha-usaha sejenis?
apa kelebihan-kelebihan dari usaha-usaha sejenis?
apa yang tidak ada dari usaha-usaha sejenis?
mengapa pelanggan harus berpindah dari usaha-usaha sejenis?

Maka, sampai di titik dimana: ritel2 besar seperti carrefour, wal-mart, indomart, matahari, alfa mart, dll itu, tidak memiliki sesuatu yang 'unik' yang hanya kita yang bisa memberikan itu kepada pelanggan.


Wassalam,@rd.
Retail Is Detail!
If You're No Detail Better Step Out from Retail

Pareto 80/20: Bekerja Lebih Sedikit, Lebih Banyak Menghasilkan.
The Long Tail: Bagaimana Pilihan Tak Terbatas Menghasilkan Permintaan Tak Terbatas.

Pulsa Elektrik? lihat di: www.cikalmart.com
(Isi Pulsa 24 jam, kapanpun & dimanapun Anda berada)

--- In cikalmart@yahoogroups.com, "Malna R. Syarief" wrote:
Ini bukan masalah salah atau benar, tapi jika mampu mengalahkan faktor teknis dan non teknisnya... bukan tidak mungkin akan sukses juga.

Saya selalu tertarik dengan teknologi Internet untuk bisnis. Apa setiap bisnis(baca: barang) bisa dijual melalui Internet? Jika barang tersebut bisa didapat orang dengan mudah di warung, di Indomaret, di Alfamart... apa yang menarik orang untuk membeli melalui Internet? Seperti misalnya, pupuk cair yang ditawarkan pak Anung...

silakan search di google dengan keyword 'pupuk cair'. Maka akan ditampilkan seabrek website, artikel dll mengenai pupuk ini, mulai dari berbagai merek, berbagai komposisi, kehebatan hingga pupuk yang bisa diminum segala!Jadi kalau Anda jualan pupuk cair juga, maka Anda harus bersaing dengan mereka, bersaing pula dengan pak Anung... :-)

Salam manis dari Yogyakarta,

Malna R. Syarief

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home