7/12/07

Perencanaan Bangunan => Rumah Idaman

Melakukan Perencanaan itu Sangat Penting, ada pepatah:
"Jika anda gagal merencanakan, itu artinya anda merencanakan untuk gagal".

dan perencanaan adalah pekerjaan spesialisasi, yang membutuhkan peran para Consultant dalam merencanakan sebuah pembangunan project, mulai dari detail design drawing-nya, calculation-nya sampai ke cost estimation-nya. Jadi diharapkan, ekpektasi client secara garis besar mengenai keinginannya seperti rumahnya ingin model mediterania, atau model bergaya bali, dll bisa lebih di detailkan dulu dengan gambar. Setelah gambar selesai dibuat dan berapa biaya yang dibutuhkan sampai bangunan selesai diwujudkan, dapat terlihat di cost estimation yang di siapkan oleh Consultant, maka Client dapat meneruskannya untuk diserahkan ke Contractor untuk pekerjaan konstruksinya sesuai dengan harga yang sudah di estimasi tersebut, dengan begitu Client tidak mudah dibohongi oleh Contractor, karena sudah punya acuan Detail Drawing & Cost Estimation-nya.

Jadi, enak kan kalau punya Consultant sendiri?

mas anung, mau buat rumah bergaya bali?, hubungi pak fauzi kalau begitu.

Salam,@rd.
Profesional di sebuah Oil & Gas Engineering Consultant di Jakarta.
ardicikalmart.
Skype: cikalmart2020
Email: info@cikalmart.com
Mobile: 08881207190
http://www.cikalmart.blogspot.com
Blog Forum Komunitas Ritel CikalMArt
*Abah Rama: Fokus dgn Kekuatan Siasati Kelemahan!
*Anungrey's Law: Setiap Jengkal adalah ASET!
*@rd CikalMart: Jangan hanya ikuti ARUS, Ciptakan ARUS-MU sendiri!

- In Anak-Cilegon@yahoogroups.com,

Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia, sudah jelas berfungsi sebagai tempat berlindung atau berteduh dari teriknya matahari dan derasnya hujan serta tempat berkumpulnya sebuah keluarga.

Oleh karena itu kondisi rumah yang layak untuk sebuah keluarga haruslah diperhatikan agar anggota keluarga akan terjalin suatu komunikasi yang baik.

Umumnya rumah yang dibangun disetiap perumahan memiliki tipe dan bentuk yang sama dalam satu lingkungan komplek, luas tanah pun sudah ditentukan sedemikian luasnya. Berbagai jenis dan tipe yang umum terdapt diperumahan mulai dari tipe 21/60, 36/60, 36/72, 45/96, 45/120 dan masih banyak lagi. Sebagai misal, tipe rumah 36/60 berarti luas lahan yang tersisa dalah 60 - 36 = 24M2, itu pun harus dikurangi dengan batas sepadan jalan. Sudah jelas dengan lahan terbatas tersebut si pemilik bingung untuk mengembangkan rumah tersebut.

Nah disini pentingnya perencanaan, walaupun sisa lahan yang kita miliki minimal, dengan melakukan perencanaan yang matang maka lahan minimal tersebut akan menjadi maksiman secara fungsi dan estetika. Kenapa tidak maksimal secara fungsi saja?, mmm kalau memaksimalkan fungsi sudah jelas kita setiap orang dapat melakukan pekerjaan tersebut, hanya menganalisa kebutuhan ruang, maka fungsi pun terpenuhi.

Selain fungsi tentu saja estetika juga harus diperhatikan, karena ini menyangkut kenyamanan si pemilik rumah.

Kenapa Rumah Perlu dikembangkan...?
Oke, kita lihat dirumah kita sendiri, tempat tinggal kita atau tetangga kita. Umumnya sebuah keluarga memiliki anggota minimal Ayah, Ibu dan 2 anak, mungkin bisa lebih dari 2 anak, betul...Nah semua anggota keluarga tersebut membutuhkan tempat yang nyaman dan menyenangkan serta layak. Coba kita pikir, mungkin bagi keluarga yang baru memiliki anak usia balita, atau mungkin keluarga yang baru menikah enjoy saja dengan rumah yang memiliki 1 kamar tidur, 1 KM, 1 ruang serbaguna (ruang tamu+ruang makan+ruang keluarga). Bagaimana jika kelak anak bertambah usia dan menjadi dewasa baik secara usia maupun secara fisik, tentu mereka harus memiliki ruang privasi mereka sendiri terlebih lagi anak perempuan yang memiliki privasi yang lebih dari anak laki-laki.

Nah dengan kebutuhan tersebut, maka pengembangan rumah sangat diperlukan, tapi ingat bukan hanya penambahan ruangan saja, akan tetapi perhatikan faktor-faktor berikut ini :

1. Faktor Kesehatan, ditinjau dari kesehatan, cahaya matahari diusahakan harus masuk ke semua ruangan yang ada. selain faktor kesehatan hal ini juga berpengaruh terhadap efeisiensi pemakaian energi listrik.

2. Penataan ruangan, mebel dan aksesoris ruangan lainnya harus disimpan dan diatur serapih mungkin sehinggan tidak menganggu aktifitas keseharian penghuni.

3. Estetika (keindahan), pada point ini berhubungan dengan warna, ukuran dan bentuk ruangan.

Dari ketiga faktor diatas, memerlukan analisa yang cukup tepat, sehingga tiga point tersebut tercapai.

Bagaimana mencapai tiga point tersebut, sudah jelas Anda memerlukan konsultasi kepada ahlinya, saat ini sudah banyak penyedia jasa untuk pekrejaan tersebut diatas, so tinggal Anda yang menentukan.

So, sudah tahu kenapa kita perlu mengembangkan rumah kita..?
Jadikan rumah kita tempat istirahat dan berkumpul bersama keluarga dengan kenyamanan dan kemanan yang kita impikan.

Fauzi Affandi
www.fullcreativity.blogspot.com
Pulsa : www.cikalmart.com
Pupuk : http://www.rumahagrobisnis.bravehost.com/brg/DEPAN.HTM

::Ps:: Pada postingan berikutnya akan kami jelaskan jenis struktur yang akan kita gunakan untuk pengembangan rumah kita.



Butuh pupuk? (rekomendasi ardicikalmart):
http://www.youtube.com/watch?v=Tb01vt4KOZ0
Dapatkan VCD Mengelola Agrobisnis Hubungi saya di: 08881207190
==============================================================
Ingin Usaha Pulsa Elektrik? Lihat di http://www.cikalmart.com
Grosir Pulsa Elektrik, Deposit Pulsa Elektrik, Chip M-Kios
hanya di CikalMArt
Belanja Lebih Dekat, Lebih Menyenangkan
Customer Service: (0254) 399767
Email: info@cikalmart.com
==============================================================
Dapatkan Info Usaha, Peluang Usaha, Kiat Usaha, Inspirasi Usaha di milist komunitas CikalMart : cikalmart@yahoogroups.com