8/20/07

Go to Pupuk Organik !


Berikut adalah info dari Pak Anung Rey dari NASA Pupuk Organik, mudah-mudahan bisa membawa pencerahan buat anda, apa itu Pupuk Organik dan bagaimana manfaatnya untuk memperbesar hasil produksi dan meningkatkan mutu hasil produksi.

Selamat menikmati artikelnya.
jika butuh bantuan bagaimana mendapatkan produknya dan informasi lainnya seputar pupuk organik bisa hubungi:
info@cikalmart.com

Insya Allah saya bisa bantu.

Ardicikalmart
Skype: cikalmart2020
For Blog Komunitas Usaha di Rumah!
Dapatkan Info Usaha, Peluang Usaha, Kiat Usaha, Inspirasi Usaha di: cikalmart@yahoogroups.com




APA ITU "PUPUK ORGANIK" ?

By. Anung Rey


Sebelumnya kami akan mengemukakan tujuan kami bergabung di NASA, yaitu ingin mengajak Anda semua untuk menuju suatu pertanian yang ekonomis, praktis dan ramah lingkungan.

Ekonomis maksudnya adalah, disini petani diuntungkan secara ekonomis yang berarti dari segi budidaya lebih hemat, hasil panen meningkat, kualitas panen ditingkatkan sehingga harganya lebih baik dan lebih berkualitas sehingga lebih berguna bagi yang mengkonsumsinya, jadi secara garis besarnya adalah petani lebih diuntungkan daripada tidak memakai teknologi NASA.

Praktis karena teknologi yang akan kami sampaikan itu sangat praktis dan gampang, seperti yang telah Anda ketahui, yang perlu Anda lakukan hanya semprot dan kocor, itu merupakan teknologi yang sederhana dan sangat gampang sekali dan itu dilakukan oleh petani yang paling sederhana sekalipun mampu melakukan. Ramah Lingkungan karena teknologi yang dipakai oleh NASA adalah organik dan tidak memberikan efek samping negative dari mulai lahan, tanaman, petani sampai pada orang yang mengkonsumsi hasil pertanian tersebut. Karena 100% organik.

Selama ini petani kondisinya sangat terpuruk. Hasilnya menurun, harganya hancur, harga pupuk meningkat dan akhirnya petani menderita. Jeritan petani ini siapa yang peduli? Kami mencoba, walaupun masih kecil, kami mempunyai idealisme, punya visi dan misi untuk membantu petani.

Sebelumnya kami mengajak Anda sekalian untuk berpikir secara sederhana. Misalnya Anda menanam tanaman, tanaman ini tumbuh dan membutuhkan makanan, kalo manusia makan ada 4 sehat 5 sempurna.

Tanaman juga membutuhkan makanan, tumbuhan membutuhkan 90 unsur, sering disebut dengan unsur hara. Semua itu diambil dari dalam tanah. Dari 90 unsur hara, 13 unsur wajib ada, kalau tidak ada 1 saja, tanaman ini akan protes atau bermasalah. 13 unsur hara ini terkenal dengan 13 unsur hara essensial, dan terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu unsur hara makro (sebagai nasinya tanaman) ini ada 6, kemudian unsur hara mikro (sebagai lauk-pauk) ini ada 7. Semua itu wajib ada. Unsur makro ini ada 6, yaitu Nitrogen (Urea) 6%, Fosfor (TSP) 36%, Kalium (KCL), Kalsium (Dolomit), Sulfur, Belerang dan Magnesium (biasanya ada di Pupuk Berimbang). Unsur hara mikro itu ada 7, yaitu Ferum, Natrium, Boron, Cobalt, Mangan, Kiprum dan ZA, 7 unsur hara mikro ini banyak terdapat pada pupuk organik. Pupuk organik yang dikenal oleh petani adalah pupuk kandang dan pupuk kompos. Kalau petani menginginkan hasil panen yang luar biasa kedua unsur itu harus cukup.

Sebelum tahun 1969, petani tidak mengenal Urea, TSP dan KCL. Mereka hanya mengenal pupuk kandang atau kompos yang notabene kaya akan unsur mikro tapi miskin unsur makro, sehingga kondisi lahan pertanian Indonesia kurang memenuhi syarat dan hanya menghasilkan kurang-lebih 5 ton per hektar untuk padi.
Tahun 1969, petani mulai dikenalkan dengan Panca Usaha Tani dan mulai dikenalkan dengan Urea, TSP dan KCL yang notabene merupakan unsur makro. Waktu itu susah mengenalkan itu semua, karena petani percaya dengan pupuk kandang. Begitu ada 1, 2 orang mencoba dan hasilnya luar biasa, misal dari 5 ton jadi 9 ton, petani mulai pada ikutan memakai.

Pada waktu terjadi kenaikan hasil panen, petani tidak sadar perubahan budaya pemupukan, setelah panen dan terjadi penanaman kembali petani hanya memakai pupuk pabrik dan mulai meninggalkan pupuk kandang dengan hasil 8,95 ton, ini luar biasa bagusnya walaupun terjadi penurunan hasil panen tetapi petani tidak merasa. Tanam lagi dan tetap hanya memakai pupuk pabrik dan terus-menerus memakainya dan makin lama terus terjadi juga penurunan hasil pertanian. Pemakaian pupuk pabrik yang tidak diimbangi oleh pupuk organik, tidak mudah terurai oleh tanah sehingga residu ini akan mengakibatkan tanah menjadi keras dan bantat. Tanah yang keras ini menyebabkan akar susah menembus sehingga perkembangan akar akan berkurang, padahal akar merupakan mulut tanaman yang digunakan untuk menyerap makanan. Tanah yang keras juga membuat mikroorganisme yang menguntungkan tidak bisa berkembang. Dan akhirnya kondisi lahan terbalik, dimana sebelum tahun 1969 tanah kaya raya akan unsur mikro tetapi miskin unsur makro, tetapi sekarang kaya raya unsur makro tetapi miskin unsur mikro. Bahkan di harian KOMPAS pada bulan September tahun 2000, 80% lahan pertanian di Indonesia mengalami kemiskinan unsur hara mikro.

Kalau penggunaan pupuk pabrik saja tanpa diimbangi pupuk organik dan hal ini dilakukan terus menerus saya yakin hasil pertanian ini tidak akan dapat mencapai 10 ton bahkan akan terus mengalami penurunan.

Pemerintah lewat dinas pertanian menyarankan kepada para petani untuk mengembalikan kesuburan tanah seperti tahun 1969 dengan syarat Anda harus memupuk lahan Anda dengan pupuk kandang 20 – 40 ton per hektar setiap tanam. Kira-kira Anda sanggup tidak?

Anjurannya bagus, tetapi susah untuk dilaksanakan. Jangankan 20 – 40 ton, 5 ton saja susah untuk dilaksanakan, Sapi, kambing atau ayamnya mau cari dimana? Pupuk kandang merupakan pupuk terbaik di dunia dan tidak ada yang mampu mengalahkan kualitas dari pupuk kandang. Tetapi bukan berarti pupuk kandang tidak mempunyai kelemahan, banyak kelemahannya! Secara kualitas memang yang terbaik, tetapi secara teknis banyak kelemahannya. Salah satu contohnya adalah ongkos angkut dan juga tidak seragamnya jumlah unsure hara yang terkandung. Terkadang pupuk kandang juga membawa bibit penyakit yang dapat menular ke manusia maupun ke hewan serta tumbuhan.

Keprihatinan ini menggelitik ilmuwan pertanian NASA, yaitu Bapak Ir. Soemarno. Keprihatinan unsure hara mikro jelas butuh disuplai pupuk kandang, tetapi tidak mungkin. Akhirnya setelah melakukan penelitian yang cukup lama, sekitar 15 tahun lebih beliau meneliti, akhirnya beliau menemukan pupuk organik cair multiguna yaitu NASA. 1 botol atau 0.5L POC NASA setara dengan 0.5 ton pupuk kandang dalam hal unsure mikro bagi tanaman.

Sangat unik. POC NASA tetap memerlukan pupuk pabrik, tetapi dengan dosis yang dikurangi sampai 25% sesuai anjuran pabrik, bukan sesuai dengan kebiasaan petani. POC NASA juga dilengkapi dengan asam organik humat fulfat, ini berfungsi untuk menguraikan sisa-sisa pupuk kimia di lahan dan menyebabkan tanah menjadi keras sehingga menjadi terurai dan lahan menjadi gembur dan bisa dikonsumsi oleh tanaman lagi. Pupuk ini juga dapat meningkatkan senyawa Polysenol didalam tumbuhan. Senyawa polysenol ini adalah semacam sel darah putih dalam manusia. Ini merupakan pertahanan tumbuhan atau daya tahan tumbuhan meningkat terhadap serangan hama dan penyakit. Pupuk ini juga dilengkapi dengan asam amino, protein, mineral, multi vitamin dan sebagainya sehingga bersifat multi guna. Jadi selain untuk tanaman juga dapat digunakan untuk ternak hewan, unggas dan juga perikanan/pertambakan.

Pupuk NASA juga sudah dilengkapi dengan perangsang tumbuh, yaitu sitonin, auksin, jiodil, ataupun akzit. Tanaman selain butuh air, nutrisi dan unsure hara tadi butuh oksigen, karbondioksida, sinar matahari, juga membutuhkan zat perangsang tumbuh. Maka di dalam pupuk NASA terdapat zat perangsang tumbuh. Tetapi jika Anda ingin lebih memaksimalkan, NASA mempunyai hormone 100% organik, dan murni yaitu Hormonik.

Aplikasinya tetap sederhana yaitu kocor dan semprot saja. Bahkan bisa juga ditambahkan pada saat perendaman benih. Apabila perendaman ini dilakukan maka pada saat pencambahan akan seragam dan lebih cepat tumbuhnya.

Ada juga supernasa, ini khusus untuk pengolahan lahan, ini setara dengan 1 ton pupuk kandang per kilogramnya. Dibandingkan dengan pupuk kandang, kandungan pupuk makro yang terdapat di suppernasa lebih tinggi. Sehingga dalam pengolahan lahan apabila memakai supernasa, penggunaan pupuk pabrik bisa dikurangi sampai 50%.

Ada juga Tambak Organik (TON), ini khusus untuk tambak atau perikanan yang berfungsi untuk pembentukan pakan alami bagi ikan atau udang. Pakan alami itu berupa plankton, zooplankton dan pitoplankton. Fungsi yang kedua sebagai recovery atau menyembuhkan lahan-lahan yang sudah polusif oleh limbah-limbah.

Ada juga Viterna, ini merupakan vitamin untuk ternak dan khusus digunakan untuk ternak. Terutama untuk sapi. Ayam potong. Viterna dapat mempercepat panen sehingga akan memperhemat pemakaian pakan hewan. Bobot hewan waktu panen juga lebih berat dan kualitas ayam potong yang memakai produk NASA, kualitasnya mendekati ayam kampung.

Selain itu NASA juga mempunyai perekat yaitu Aero 810, yang berfungsi sebagai perekat sehingga pada waktu penyemprotan lebih efektif sehingga optimal dalam proses penyemprotan.
NASA juga mempunyai pestisida yang bersifat organik, contoh vitura dan virexi, ini merupakan pestisida alami yang digunakan untuk membasmi ulat grayak. Terus Gliocadium, ini bisa untuk membasmi jamur yang mengganggu pertumbuhan tanaman dan digunakan pada saat pengolahan lahan. Ada juga obat untuk membasmi wereng, yaitu Beveria Bassiana, ini digunakan dengan cara disemprotkan dan wereng akan mati mengering karena disedot cairannya. Juga Pestona, bersifat sebagai pengendali hama, ini organik 100%. Ini semua organik murni 100% sehingga tidak merusak lingkungan, tidak merusak petani dan tidak merusak yang mengkonsumsi hasil pertanian.

Di bidang pertanian NASA, juga menyediakan benih, yaitu benih semangka non biji, semangka biji, benih cabe, dan benih kobis.

NASA sebagai perusahaan distribusi tidak hanya memasarkan produk-produk pertanian, tetapi juga memasarkan produk-produk kesehatan. Seperti kita ketahui akhir-akhir ini muncul berbagai macam penyakit yang mengerikan dan tidak mengenal batasan umur dalam serangannya. Hal ini dikarenakan kualitas lingkungan dimana kita hidup ini betul-betul menurun kualitasnya.
Coba Anda bayangkan, mulai dari udara yang kita hirup yang saat ini telah penuh dengan polusi, makanan yang kita makan juga penuh dengan zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh kita, dan air juga banyak mengandung racun. Selain hal diatas juga disebabkan oleh segi psikis yaitu emosi, dimana dimasa krisis ini, kita ini banyak yang stress.
Stress ini membuat kita membutuhkan oksigen sebanyak 100-200 X lipat, padahal dalam udara yang kita hirup itu terdapat racun dan radikal bebas yang berbahaya masuk kedalam tubuh kita. Olahraga yang berlebihan juga tidak sehat, karena dipacu, denyut jantungnya keras tetapi pembuluh darah tidak kuat, pecah diotak, stroke. Kemudian tidur dengan posisi yang tidak tepat, ini juga sering kali membawa sumber penyakit. Enam factor itu yang menyebabkan kita sakit, intinya kualitas lingkungan disekitar kita menurun.

Di NASA ada konsep namanya B I A, yaitu Bersihkan, Imbangkan, Aktifkan. Dengan produk Clorophyl, digunakan atau bersifat untuk membersihkan, sama dengan fungsi Hwangtea, terjadi sekresi dimana racun-racun dikeluarkan melalui tubuh. Juga dengan Lechityn, berfungsi mengeluarkan, ini Bersihkan. Imbangkan, artinya diberi nutrisi sehingga kebutuhan-kebutuhan nutrisi tubuh itu terpenuhi, jadi diimbangkan dengan Lechityn dan Enbepe, terutama Lechityn. Enbepe itu khusus untuk otak. Kemudian Aktifkan, ini dengan yang namanya Asam Amino, disini artinya regenerasi sel, aktifkan enzim dan hormone, dimana berfungsi untuk mengendalikan pencernaan adalah enzim, dan yang mengendalikan hidup adalah hormone. Dengan produk Lechityn dan Asam Amino ini diaktifkan. Maka dengan konsep Bersihkan, Imbangkan, Aktifkan tubuh ini menyembuhkan dirinya sendiri. Sebetulnya rumah sakit yang paling murah dan paling pinter adalah tubuhnya sendiri. Dengan catatan diberi nutrisi yang cukup.

1 Comments:

Anonymous muebles baratos said...

Thank you for this article, quite effective data.

12:29 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home