7/30/07

[Kiat Bisnis] Bagaimana Membangun Merk

Saya jadi ingat kembali buku bagus yang pernah saya baca sebelumnya,
"The Building Brandwidth" bagaimana menutup penjualan online dengan
tepat dan cepat karangan-nya Zyman.

Brand harus dibangun, meski kadang kita harus pintar-pintar mensiasati
-nya.
Yang sudah kami lakukan di cikalmart sendiri adalah salahsatunya adalah
membangun webstore di www.cikalmart.com , melakukan guerilla marketing versus online, bisa dari mailing list, bisa dari forum2 chat, bisa dari blogging dan lain-lain.

Hanya dari sini saja, ternyata respon kepercayaan dari para mitra di seluruh Indonesia selama ini sangat baik, hanya dari bermodalkan kepercayaan, kedekatan hati dan berusaha selalu melakukan yang terbaik.

Tentu saja hal ini tidak lah cukup untuk lebih mengembangkan sebuah usaha dengan goal setting retailer world class sekelas WAL*MART misalnya, perlu terus dikembangkan sistem2 baru yang sangat BERBEDA dari jaringan ritel yang sudah ada sekarang ini, Jaringan Ritel yang besar-besar itu layaknya bak Gurita yang siap "mencaplok" ikan-ikan teri yang bersebaran di pasaran, kapan saja dan dimana saja.

Perlu Kecerdasan dan Kejelian agar bisa tetap EXIST dan terus berkembang memperbaiki diri. Kita harus terus OPTIMIS, bahwa usaha-usaha ini kelak akan membuahkan hasil seperti apa yang dicita2kan, Entah hari ini, Esok, mungkin Bulan Depan, Bisa Tahun Depan, bahkan mungkin 100 tahun yang akan datang, Kita tidak pernah tahu EXACT-nya. Yang pasti, kita semua harus mengusahakannya, bukan HASIL tujuan kita, tapi PROSES itu sendiri yang harus kita nikmati. Enjoy with the Process!

Soal Cita2, saya jadi ingat kembali, buku-nya Richard Koch: Prinsip Pareto 80/20, Singkatnya, untuk mencapai cita-cita, langkah pertama adalah kita harus tentukan terlebih dahulu secara jelas apa TUJUAN 80/20 (GOAL) kita, Selanjutnya kita tentukan RUTE 80/20 (PLAN) kita menuju tujuan dan yang tidak kalah pentingnya adalah lakukan LANGKAH 80/20 (ACTION) kita sesuai dengan RUTE 80/20 yang telah kita tentukan sebelumnya.

(Insya Allah, jika saya punya waktu sharing, saya akan sharingkan kembali soal Pareto ini)

ada ide bagaimana membangun BRAND yang murah meriah dan tepat sasaran?

wah ini menarik sekali untuk bisa dibahas bersama.


Salam,@rd.
www.cikalmart.com

ardicikalmart.
Skype: cikalmart2020
Email: info@cikalmart.com
Mobile: 08881207190
http://www.cikalmart.blogspot.com
Blog Forum Komunitas Ritel & Usaha di Rumah CikalMArt
*Abah Rama: Fokus dgn Kekuatan Siasati Kelemahan!
*Anungrey's Law: Setiap Jengkal adalah ASET!
*@rd CikalMart: Jangan hanya ikuti ARUS, Ciptakan ARUS-MU sendiri!


Agar Merek Terus Perkasa dan Abadi
Kamis, 26 Juli 2007
Oleh : Teguh Poeradisastra

A brand is no different than us, human beings. It has a body, a name,
an appearance, thoughts, and a soul. But most importantly, it has a
DNA, a genetic code which makes it different, even when it is twin.”
(C Plus, Identity+Design Company)

Di Jl. Cipete Raya, Jakarta Selatan, yang panjangnya lebih-kurang
hanya satu kilometer, terdapat empat rumah makan masakan Sunda: Dapur
Sunda, Sambara, Saung Kuring, dan Ikan Bakar Cianjur. Namun simaklah,
halaman parkir Dapur Sunda selalu dijejali mobil pengunjung hingga
melimpah ke jalanan, sementara yang lainnya tidak â€" bahkan ada yang
lengang. Pertanyaannya, mengapa bisa demikian? Bukankah menu yang
disediakan praktis sama saja, menu tradisional khas Parahyangan.
Sajian semua resto itu sama enaknya. Harganya pun bersaing.

Faktor pembedanya adalah brand atau merek. Brand Dapur Sunda sudah
lebih melekat di benak konsumen, karena hadir jauh lebih dulu di
kawasan tersebut, dan cabangnya tersebar di beberapa lokasi strategis
di Jakarta. Tak kalah penting, brand Dapur Sunda langsung mengaitkan
produknya dengan makanan Sunda. Ketika konsumen tak punya banyak waktu
untuk merenung-renung, asosiasi merek ini menjadi sangat penting dalam
mengambil keputusan. Dan, ketika jajaran produk, layanan dan suasana
yang nyaris sama ditawarkan, maka faktor pembedanya tinggallah merek.
Merek yang mudah diingat, serta berasosiasi dengan produk dan
kualitasnya. Di situlah pentingnya merek. Era komoditas telah lewat.
Kini orang membeli merek, bukan produk.

Itu sebabnya kami tak pernah bosan menyelenggarakan survei ini setiap
tahun. Tahun ini merupakan yang keenam kalinya Majalah SWA dan MARS
Marketing & Research menyelenggarakan sigi merek-merek terbaik. Lewat
sigi ini kita bisa mengetahui kekuatan, posisi, perubahan, dan
persaingan setiap merek dengan merek lainnya pada setiap elemen merek
yang diukur. Dengan sigi berkelanjutan seperti ini kita bisa mengikuti
perkembangan dan pergeseran-pergeseran yang terjadi dari tahun ke
tahun, kemudian menarik pelajaran dari sana. Sigi ini bisa menjadi
cermin tempat kita berkaca seperti apa dan bagaimana kekuatan merek
kita di pasar.

Harus diakui, membangun merek bukanlah upaya mudah. Merek bukan saja
harus mudah diingat sehingga menancap di benak konsumen, mudah
diucapkan sehingga tak terjadi kerancuan, tetapi sekaligus berasosiasi
dengan produk dan kualitas produknya. Dengan pendekatan ekuitas merek
(brand equity), maka merek terbaik (best brand) kami artikan sebagai
merek yang dikenal secara luas, memiliki persepsi jaminan atas
kualitas dan asosiasi positif, sehingga memiliki kekuatan untuk
menarik konsumen sekaligus dipercaya mampu memenuhi harapannya, dan
menyebabkan konsumen bergantung padanya.

Untuk membangun merek yang seperti ini tentu perlu upaya promosi yang
biayanya tak jarang mencapai miliaran rupiah, sehingga masih ada juga
pengusaha yang setengah hati mengembangkan mereknya.

Namun satu hal yang harus disadari benar: upaya membangun merek adalah
upaya meraih keberhasilan. Merek yang kuat akan membuat produk Anda
menonjol walaupun berada di belantara ribuan produk sejenis yang
saling berebut perhatian. Merek yang baik akan mampu membangun
persepsi istimewa, yang membuat harga produk dengan bahan baku dan
kualitas yang sama terdongkrak puluhan bahkan ratusan kali lipat.
Singkatnya, upaya membangun merek adalah investasi, bukan sekadar
biaya apalagi pemborosan.

...
selengkapnya di:
http://www.swa.co.id

Butuh pupuk? (rekomendasi ardicikalmart):
http://www.youtube.com/watch?v=Tb01vt4KOZ0
http://www.rumahagrobisnis.bravehost.com/brg/DEPAN.HTM
Hub: Pak Anung Rey di 0811122045
Butuh biofir? (rekomendasi ardicikalmart):
http://www.biofir-shop.com/
Hub: Pak Heru di 021-7872033
Butuh Konsultan Rumah/Bangunan?(rekomendasi ardicikalmart):
http://fullcreativity.blogspot.com/
Hubungi: Pak Fauzi
Butuh Beras? (rekomendasi ardicikalmart):
Hub: Ibu Malna
http://www.nanaberas.com


==============================================================
Ingin Usaha Pulsa Elektrik? Lihat di http://www.cikalmart.com
Grosir Pulsa Elektrik, Deposit Pulsa Elektrik, Chip M-Kios
hanya di CikalMArt
Belanja Lebih Dekat, Lebih Menyenangkan
Customer Service: (0254) 399767
Email: info@cikalmart.com
==============================================================
Dapatkan Info Usaha, Peluang Usaha, Kiat Usaha, Inspirasi Usaha di milist komunitas CikalMart : cikalmart@yahoogroups.com

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home