8/6/07

Basho SERDANG => What's Customer Want?

ada cerita menarik saat pulang dari luar kota
kembali ke cilegon sabtu kemarin, mumpung keluar gerbang cilegon
timur sebelum meluncur ke arah rumah di kebon dalem, mampir dulu ke
arah serdang cari warung basho yang oenakkkk dan mak nyessss
disana...saya lupa nama warungnya...yang menarik nama2 menunya...
ada basho gunung merapi => basho segede2 bola tenis, yang ini favorit
saya...

ada basho otot atlet (CMIIW) => basho urat
basho bulan merindu, dll...

dan yang menariknya, sang pemilik langsung menghampiri dan bertegur
sapa sambil menanyakan "bagaimana mas, bashonya? apa ada kritikan
buat kami?"
wah, saya terhenyak sebentar, iki jarang2 ada orang yang punya usaha
minta "dikritik" tentang usahanya langsung ke pelanggan...
"bashonya enak pak, hanya sayang kenapa tempatnya terpencil?
(maksudnya jauhhhhh dari rumah, pak ris jangan "tersungging" ya :-),
yang kebetulan rumahnya di serdang)

"kenapa tidak dibuka di simpang tiga, di mayofield mall misalnya,
yang lalulintas orangnya cukup padat..."
"dilihat dari kualitasnya, cukup layak untuk bisa ditampilkan dijalan
utama cilegon, kalau perlu investor tambahan saya barangkali bisa
bantu pak pur (Pak haji purnomo SE -red), cuman yah saya iki ga mau
ambil "pusing" urus SDM, urus quality control, urus tetek bengek yang
lain2 itu, pokoknya diatur saja lah..."

Pak haji pur iki emang low profile sekaliiii, meski beliau iki cerita
omset bashonya di lampung cukup besar, berupa ruko segala, masih
sempat bantu parkir keluar mobil...gileeee....high quality services,
lah...saya jadi mikir apa saya bisa kayak beliau iki ya, yang masih
mau untuk turun ke lapangan dan men-service langsung para
pelanggan...hal yang jarang saya lakukan sendiri langsung kepada
pelanggan...karena lebih banyak menjadi "otak" dibelakang layar....
jarang sekali langsung bersentuhan dengan para pelanggan....

padahal dari pelanggan lah kita bisa BELAJAR...bagaimana memajukan
usaha kita....bagaimana usaha menjadi LUAR BIASA....bagaimana usaha
terus menerus BERKEMBANG...

jadi, sekali-kali barangkali kita harus turun "gunung" untuk bisa
tahu apa yang Pelanggan RASAKAN & apa yang Pelanggan INGINKAN...

Pak ade, mas anung, pak anam, kang fauzi, dkk lainnya barangkali
kapan-kapan kita bisa meluncur bareng ke serdang untuk bisa belajar
bareng disana, sambil menyantap bashonya yang mak nyessss...santaii
tapi banyak ilmu aplikasi yang bisa diperoleh...catat!: saya yang
traktir daghhhhhh.....hehe...



ardicikalmart.
Skype: cikalmart2020
Email: info@cikalmart.com
Mobile: 08881207190
http://www.cikalmart.blogspot.com
Blog Forum Komunitas Ritel & Usaha di Rumah CikalMArt
*Abah Rama: Fokus dgn Kekuatan Siasati Kelemahan!
*Anungrey's Law: Setiap Jengkal adalah ASET!
*@rd CikalMart: Jangan hanya ikuti ARUS, Ciptakan ARUS-MU sendiri!

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home