3/17/08

Laporan Keuangan=>Wealth Profile



Budi Rachmat in cikalmart@yahoogroups.com

Bentuk/format laporan KEU saya seperti apa sich...???

sesuai dengan pemahaman saya terhadap buku2/kiat2
KIYOSAKI, bentuk Lap KEU-nya simpel aja.

Yang penting pemahamannya, yaitu;
- HARTA yang bersifat ASSET, menghasilkan INCOME
- HARTA yang bersifat LIABILITI, menghasilkan
EXPENSES.

bentuknya sich simpel aja.... seperti ini;

Catatan CASHFLOW;
INCOME...... ......... .. |........... ... EXPENSES
a. hasil Alfa ke-1..... |A. Maintenance, bensin dsb.
b. hasil Alfa ke-2..... |B. Maintenance, bensin dsb.
c. hasil Properti ke-1. |C. Pendidikan,bimbel dsb.
d. hasil Properti ke-2. |D. Pendidikan,balet dsb.
............ ......... .. |E. Pendidikan,balet dsb.
............ ......... .. |F. Sandang,pangan dsb.
............ ......... .. |G. Listrik,telp, kebersihan. .
............ ......... .. |H. Biaya (investasi) dsb...

Catatan HARTA;
ASSET....... ......... .. |........... ... LIABILITI.
a. Alfa ke-1........ ... |A. Mobil ke-1
b. Alfa ke-2........ ... |B. Mobil ke-2
c. Properti ke-1....... |C. Anak ke-1
d. Properti ke-2....... |D. Anak ke-2
............ ......... .. |E. Anak ke-3
............ ......... .. |F. Keluarga
............ ......... .. |G. Rumah
............ ......... .. |H. Bisnis (Investasi)

Jadi:

- HARTA yang bersifat ASSET (item a,b,c,d), hasilnya
dikolom INCOME (a,b,c,d).

- HARTA yang bersifat LIABILITI (item
A,B,C,D,E,F, G,H), hasilnya dikolom EXPENSES
(A,B,C,D,E,F, G,H).

Keterangan:

- kenapa saya punya Bisnis (H), tapi hasilnya Biaya
(H)... karena bisnis ini masih belum memberikan hasil
positif.
Nanti, klo sudah menghasilkan, akan saya pindahkan ke
Asset. Hasilnya dikolom Income.

- klo saya berinvestasi dengan membeli rumah yang
belum jadi dengan mencicil/KPR (misalnya). Maka
investasi tsb berada dikolom HARTA yang sifatnya
LIABILITI, hasilnya dikolom EXPENSES berupa
cicilan/KPR.
Investasi seperti ini menyebabkan saya bertambah
MISKIN, karena hasil investasinya hanya memperbesar
EXPENSES, bukan menambah INCOME.

- klo Properti saya tidak tersewa, maka properti
tersebut langsung pindah ke kolom LIABILITI yang
hasilnya adalah EXPENSES (biaya service charge). Klo
tersewa, pindah lagi ke ASSET, hasilnya INCOME
(hasil-sewa)

JADI, yang PENTING adalah pemahamannya. ...!!!

yang juga lebih MENARIK....! !!

- bahwa sumber Income-nya ada 4 (2 Alfa + 2 Properti).
Ini lebih "secure" daripada hanya 1 sumber income
(misalnya hanya dari Gaji doang).

- klo sumber ke-4 sumber income tsb saya "masukan"
dalam konsep CASHFLOW QUADRANT (ingat buku KIYOSAKI),
yaitu konsep E,S,B,I atau 4 kuadran-nya Kiyosaki, sbb;

Income dari;
a. kuadran E (= Employee)... ... = nol/nil/zero
b. kuadran S (= Self-employee) . = nol/nil/zero
c. kuadran B (= Biz owner)..... = Alfa ke-1 + ke-2
d. kuadran I (= Investor)... ... = Properti ke-1 + ke-2

Sedangkan kuadran E dan S adalah ACTIVE INCOME, yaitu
income yang diperoleh dengan menukar waktu yang kita
miliki.
Kita semua memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam dalam
sehari.

Sedangkan kuadran B dan I adalah PASSIVE INCOME, yaitu
income yang diperoleh tanpa menukarkan waktu yang kita
miliki.

JADI, ke-4 income tsb adalah PASSIVE INCOME buat saya.
Artinya, klo saya mo tidur2an terus tiap hari income
tsb tetap masuk.

Tapi saya ngak tidur2an terus koq.... bahkan kerja
keras.... saya ber-ichtiar, mencoba Bisnis (H) yang
jika berhasil akan menciptakan MASSIVE INCOME buat
saya. Jika tidak berhasil (sampai dengan waktu yang
saya tetapkan), maka saya akan cut-loss. Karena
ichtiar Bisnis ini hanya menghasilkan EXPENSES.

Klo kita lihat dari CASHFLOW GAME (CFG 101 - Permainan
Cashflow dari KIYOSAKI) maka posisi KEU saya, sbb;

- bukan di RATE RACE, yaitu kejar2an antara Income
yang dihasilkan dengan Expenses yang harus keluar.

- tapi sudah di SMALL INVESTOR, karena Income sudah
lebih besar daripada Expenses. Kelebihannya
diinvestasikan.

- klo ichtiar bisnis saya berhasil (dan menghasilkan
MASSIVE INCOME), maka saya akan masuk ke FAST TRACK
untuk menuju/menjadi ULTRA RICH.

Inilah GAME saya....!!!

"Your wish is my command", kata si Jin-nya Alladin.

semoga bermanfaat.

salam,
budi_rachmat

Dapatkan Info Usaha, Peluang Usaha, Ide Usaha, Inspirasi Usaha, Profil Pengusaha di cikalmart@yahoogroups.com
Jilbab muslim, Kerudung Muslim, Busana Muslim di www.cikalmart.com/Busana.htm
Agen Pulsa Elektrik, Voucher Elektrik, Voucher M-Kios, Deposit Voucher Elektrik di www.cikalmart.com/Deposit.htm

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home