3/17/08

Contoh Laporan Keuangan

From: Budi Rachmat in cikalmart@yahoogroups.com


rekan sekalian....,

saya tidak memiliki latar belakang (ilmu) keuangan....
karena saya adalah lulusan Fakultas Sastra...

TAPI saya mo sharing mengenai PRINSIP perencanaan
KEU.....
yang saya pahami dari buku2 Robert T.KIYOSAKI......

Dengan memiliki pemahaman seperti di bawah ini.....
saya berhasil meningkatkan Income 500% dalam 3 tahun.

Inilah manfaat dari memahami Prinsip2 Dasar KEU....
dimana catatan KEU bukan hanya menjadi catatan tok...
tapi merupakan segalanya....
... tempat untuk "melihat" kondisi KEU...
... tempat untuk merencanakan kondisi KEU yad....
... tempat untuk mengukur keberhasilan rencana yg
sudah dilakukan...
... tempat untuk ambil ancang2 dalam berinvestasi...

akhirnya catatan KEU menjadi sesuatu yang "hidup" dan
dinamis....

PRINSIP Perencanaan KEU adalah mengetahui;
- uang masuk dari mana, karena apa...?
- uang keluar karena apa, untuk apa...?
- klo suatu tindakan terjadi/dilakukan, akibatnya uang
masuk atau uang keluar...?

untuk itu diperlukan Catatan KEU....

Catatan KEU.... adalah potret dari kondisi KEU pada
satu saat...
harus terdiri dari minimal 2 catatan, yaitu;
- catatan HARTA, dan
- catatan CASHFLOW / ARUS KAS.

catatan HARTA terdiri dari;
- LIABILITI, membebani, menjadi beban, menyebabkan
kewajiban.
- ASSET, menghasilkan, menyebabkan pemasukan.

catatan CASHFLOW terdiri dari:
- INCOME atau pemasukan.
- EXPENSES atau pengeluaran.

NAH.... ini adalah bagian yang paling PENTING.....
yaitu pemahamannya....

bahwa...,
... semua HARTA memiliki hubungan dengan CASHFLOW...

... HARTA yang menyebabkan uang keluar adalah
LIABILITI...
... HARTA yang mengakibatkan uang masuk adalah
ASSET....

contoh soal....

>> Dulu, waktu saya masih bekerja sebagai karyawan,
HARTA yang mengakibatnya UANG MASUK hanyalah
PEKERJAAN. Jadi ASSET saya waktu itu hanyalah
pekerjaan, yang menyebabkan saya memiliki INCOME.

Lho.... bagaimana dengan properti, mobil
dsb.dsb.dsb....???
bukan kah itu ASSET.....???

BUKAN....., bukan asset....!!!

Dulu saya punya properti yang siap huni, tanpa beban
hutang, tapi tidak pernah ditinggali.

Properti tsb adalah HARTA, tapi harta yang sifatnya
LIABILITI. Karena harta/propeti tsb saya harus
MENGELUARKAN UANG untuk bayar maintenance, listrik,
telp, kebersihan, keamanan, lingkungan dsb.dsb.dsb.

TAPI sekarang properti tsb telah menjadi HARTA yang
sifatnya ASSET, yang menyebabkan UANG MASUK. Karena
properti tsb saya sewakan, yang menghasilkan uang sewa
atau INCOME.

NAH inilah PRINSIP DASAR-nya, yaitu memahami HARTA
mana yang disebut...
... ASSET, yaitu yang mengakibatkan UANG MASUK /
INCOME.
... LIABILITI, yaitu yang mengakibatkan UANG KELUAR /
EXPENSES.

Jadi properti (rumah) bisa menjadi;
- ASSET, jika disewakan dan menghasilkan INCOME,
atau bisa menjadi.....
- LIABILITI, jika tidak menghasilkan malah menyebabkan
banyak kewajiban / UANG KELUAR.

JADI sifat dari HARTA sangat dinamis, bisa sebagai
ASSET bisa juga sebagai LIABILITI........ bergantung
pada MEMASUKAN UANG atau MENGELUARKAN UANG.....

Nah.... mengacu pada pemahaman Kiyosaki seperti tsb di
atas bisa anda bayangkan ngak bagaimana posisi KEU
anda sendiri saat ini. Mana yang Asset dan mana yang
Liabiliti.

SEKARANG..... di atas saya menyebutkan bahwa saya
berhasil/bisa meningkatkan INCOME sebesar 500% dalam
waktu 3 tahun.....

Gimana caranya....???

yaitu dengan per-lahan2 dan satu per satu saya
pindahkan sebanyak mungkin HARTA yang bersifat
LIABILITI menjadi yang bersifat ASSET.

misalnya,

yaitu dengan menjual properti (LIABILITI) yang tidak
saya tinggali tsb....
... karena properti tsb dijual maka semua beban yang
ditimbulkan (listrik, telp, kebersihan, keamanan,
lingkungan dsb.dsb.dsb) juga hilang... akibatnya
pengeluaranpun berkurang....

lalu membeli apartemen dan langsung disewakan....
... akibatnya saya menerima hasil-sewa (INCOME)....
karena beban listrik, lingkungan dsb.dsb.dsb. lebih
kecil dari Hasil Sewa.... maka INCOME saya bertambah
dari selisih hasil sewa dikurangi beban yang ada....

NAH.... bagaimana dengan Catatan KEU anda....????

Silahkan list-down semua HARTA yang anda miliki....
lalu.... satu per satu anda masukan kedalam Catatan
HARTA anda....

JIKA karena harta tsb anda menerima uang masuk...
catat harta tsb dalam kolom ASSET, dan hasilnya
dicatat di Catatan Cashflow dalam kolom INCOME.

JIKA karena harta tsb anda harus mengeluarkan uang...
catat harta tsb dalam kolom LIABILITI, dan hasilnya
dicatat di Catatan Cashflow dalam kolom EXPENSES.

Bagaimana posisi HARTA anda....???
sebagai ASSET.......??? atau...
sebagai LIABILITI...???

LALU.... setelah memahami hal tsb di atas.... ketika
saya berinvestasi saya segera mengetahui akibat dari
investasi tsb.... apakah investasi tsb menyebabkan
saya menerima uang atau menyebabkan saya harus
mengeluarkan uang.... klo menerima uang maka investasi
ini menyebabkan saya bertambah kaya.... klo
mengeluarkan uang maka investasi ini menyebabkan saya
bertambah miskin.

contohnya;

banyak orang berinvestasi dengan membeli properti yang
belum jadi.... mereka berharap bahwa nanti harga
properti tsb akan meningkat berlipat kali.

apa yang terjadi pada laporan KEU mereka....???

- ber-INVESTASI / cashout membeli properti....
hasilnya adalah cicilan / cash-out....

Jadi.... investasi tsb pada saat ini menyebabkan
investor bertambah miskin...!!!

Hal ini bukan berarti bahwa investasi seperti tsb di
atas adalah investasi yang salah....????

ini bukan masalah SALAH atau BENAR...!!!!

semoga bermanfaat... dan mohon maaf klo tulisannya
kepanjangan.

salam,
budi_rachmat@yahoo.com

Dapatkan Info Usaha, Peluang Usaha, Ide Usaha, Inspirasi Usaha, Profil Pengusaha di cikalmart@yahoogroups.com
Jilbab muslim, Kerudung Muslim, Busana Muslim di www.cikalmart.com/Busana.htm
Agen Pulsa Elektrik, Voucher Elektrik, Voucher M-Kios, Deposit Voucher Elektrik di www.cikalmart.com/Deposit.htm

2 Comments:

Anonymous www.la-rioja-3d.com said...

Really effective data, thanks so much for this article.

2:41 AM  
Anonymous Tips Keuangan said...

artikel yang sangat bagus dan mendetail

2:26 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home