3/17/08

Sabtu Minggu => "Keringat Dingin"


Assalamu 'alaikum. Warga AC & Cikalmart.

Sabtu minggu seperti biasa jadwal selalu lebih padat dibandingkan hari normal senin sampai jumat.

Sabtu janjian untuk mengantarkan pak haji purnomo (owner basho tukul cilegon) ke jakarta menemui pak haji ali di tanah abang, salahsatu tokoh di TDA (tangandiatas.com), selain silaturahmi juga mengajukan proposal untuk lokasi mall seluas 20.000 m2 di lampung tengah yang barangkali ada jodoh untuk bisa disinergikan.

ada yang menarik seperti biasa kalau ketemuan sama pak haji ali , selain kagum penguasaan berbagai bahasa nusantara dengan 'fasih' dan dengan intonasi yang nyaris perfect, ketemu orang sunda, pak haji iki kayak orang sunda, ketemu orang jawa yah pak haji seperti orang solo saja, tidak beda dengan om anung (rumahagrobisnis.com) ..he..he...

Pak haji cuman pesan satu saja:" Buat 'Gula' nya untuk menarik banyak 'Semut', filosofis seperti biasa, penjabarannya luas, kalau mau usaha maju ya berkorban dulu, ciptakan 'gula' nya, sukses usaha itu ketika banyak semut yang berdatangan dengan automatically pada 'gula' yang sudah kita bangun.
tambahan dari saya adalah untuk berkorban kita harus mengukur seberapa besar kemampuan kita untuk berkorban, makin besar pengorbanan makin besar pula kemungkinan untuk berhasil, ada yang mau sukses tapi begitu diminta untuk berkorban, mundur teratur...:)

berkorban maknanya banyak, bisa korban pikiran untuk menemukan ide yang brillian, bisa dengan modal uang, asal jangan korban perasaan...he..he (nah ada yang bilang begini kalau saat lebaran haji, saya mah cuman bisa korban perasaan saja lah)

ada teman yang punya rumusan seperti ini E=MCkuadrat, E bisa diartikan sebahai hasil usaha, M bisa diartikan sebagai modal, sementara C bisa diartikan Creativity alias Kreativitas atau Ide, kalau punya modal 100 idenya cuman 1 hasilnya 100, lalu kita cuman punya modal 1 tapi idenya 10, hasilnya bisa sama 100, jadi tidak perlu takut kalau hanya punya modal 1. Yang penting harus berkorban dengan memikirkan sebuah IDE yang brillian.

sebagai test case dalam berkorban, hari minggu pagi-pagi subuh saya coba nongkrong di kompleks BONA Cilegon, gelar tikar jualan Jilbab, Jeans, Baju-baju muslim disana (cikalmart.com/Busana.htm), setiap minggu pagi dikompleks Bona ini banyak orang kumpul untuk berolahraga pagi, kalau dibandung, seperti di Gedung Sate Gasibu Minggu pagi, atau seperti di Monas jakarta.

Niat saya bukan untuk berhasil menjual barang dengan banyak atau tidak, melainkan disamping sarana belajar bagaimana menghadapi langsung pelanggan, juga sebagai sarana untuk tes pasar, kira-kira seperti apa komentar-komentar dari masyarakat luas, ternyata saya baru tahu juga kalau jeans yang dijual ini sangat diminati, Jilbab Smok paling diminati, malah yang saya pikir tidak laku, seperti jilbab evi tamala malah laku keras dibalikpapan (Agen Cikalmart: Ibu Pia, Balikpapan).

ya itulah, hal-hal yang bisa jadi saran pembelajaran di 'lapangan'.
"Selera Pribadi belum tentu sama dengan Selera Pasar".

Minggu pagi itu awalnya saya keringat dingin dilihat banyak ibu-ibu yang lewat sambil 'lirik' barang dagangan, barangkali mereka pikir, ini koq yah ada orang 'gendeng' jualan jilbab subuh-subuh..hehe... memang saya tahu dan saya sadar se sadar-sadarnya, istri juga sudah nasehati, orang lari pagi itu jarang yang bawa duit banyak untuk beli barang-barang jualan seperti jeans, jilbab dkk, paling banter bawa duit 5000 perak untuk beli lontong sayur atawa beli bubur cirebon.

Ya saya cuek saja, lah wong iki hanya buat sarana belajar saja, bukan harus jualan setiap hari disana (its not my type, lebih senang untuk buat system, orang lain yang operasikan). Ternyata lagi2 dugaan kita salah, eh diujung2 mau bubaran barang dagangan, diserbu ibu-ibu beneran, ditanya harga jeansnya berapa, harga jilbabnya berapa, sayang saya tidak bawa foto hari itu, padahal awalnya seperti tidak ada yang mau sejenak menghampiri untuk sekadar tanya-tanya, keringat dingin berangsur2 hilang ketika ibu-ibu datang untuk tanya-tanya barang.

Ada yang tanya tokonya dimana pak? toko saya online mba, ini alamatnya (cikalmart.com) tunjuk stiker yang ada di mobil, mampir saja kesana, kalau memang penasaran... saya bilang saya ada rencana buka dimayofield cilegon, tapi itupun saya masih hitung2 dulu, cost sewa dll dengan asumsi omsetnya, saya ga mau bikin asal2an, saya mau detail! Retail is Detail. kalau belum detail lebih baik tes pasar saja dulu, bergerilya terlebih dahulu sebelum mencapai Detail.

Minggu itu saya nilai sukses, selain sarana belajar untuk pribadi agar bisa lebih sabar dan bisa melayani sepenuh hati pelanggan (peangggan adalah raja), juga sebagai sarana belajar buat keluarga, istri dan kedua puteri saya yang masih kecil-kecil itu, barangkali mereka bisa belajar langsung di alam terbuka.

Kurang lebihnya mohon dimaafkan, mudah-mudahan ada manfaatnya. Wallahu 'alam.


Wassalam,ardi.
cikalmart.blogspot.com

Dapatkan Info Usaha, Peluang Usaha, Ide Usaha, Inspirasi Usaha, Profil Pengusaha di cikalmart@yahoogroups.com
Jilbab muslim, Kerudung Muslim, Busana Muslim di www.cikalmart.com/Busana.htm
Agen Pulsa Elektrik, Voucher Elektrik, Voucher M-Kios, Deposit Voucher Elektrik di www.cikalmart.com/Deposit.htm