3/18/08

Sinergi Usaha => Berubah !


Masih seputar sabtu kemarin. Sepulang dari Tanah abang jakarta, langsung tancap gas dengan gelar tikar di lapangan terbuka, ingin belajar 'berkorban' seperti pak haji ali (tangandiatas.com) contohkan dan ajarkan bagaimana kita harus membuat 'gula' agar 'semut-semut' berdatangan dengan hati yang riang memperebutkan 'gula-gula' yang kita bangun sebelumnya.

Perjalanan yang sungguh menyenangkan, apalagi selama diperjalanan kenyang ditraktir Pak Haji Purnomo (Owner Basho TUKUL GL), sering-sering pak haji! hehe, mulai dari coba basho unik di Serang, makan-makan di Basho tembak senayan sampai terakhir makan-makan di Basho Paun dikebayoran baru.

Ini sekaligus sebagai studi perbandingan buat pak haji pur yang mau membagi ilmu dan pengalamannya dengan membuka kesempatan luas bagi masyarakat umum yang ingin berusaha di bidang kuliner. ada kemungkinan, akan dibuka terlebih dahulu diwilayah terdekat, seputar cilegon, serang, banten dan sekitarnya. kalau penasaran gimana rasa bashonya pak haji iki, bisa datangi salahsatu show room nya di depan alfamart, temuputih, cilegon. terutama basho gunung merapinya, dahsyatttt man!

Pak haji pur ini tidak mau buat asal jadi konsep kemitraan atau model franchise asal jadi, tanpa perhitungan matang mulai dari konsep tempat, lokasi yang cocok, sistem operasional, sistem marketing dan sistem distribusi agar terjamin kualitas layanan yang sama. ini soal moral dan tanggung jawab, mana kala tidak dapat memenuhi 'janji-janji' diatas kertas.

Kasihan kata pak haji, banyak orang yang tidak tahu menahu hitung-hitungan bisnis, asal kelihatan bagus diatas kertas, banyak yang lambat menyadari bahwa usaha yang sedang dilakoni itu sudah rugi dari awal.

Itu soal usahanya pak haji pur, saya hanya bisa bantu (sinergi) dengan pengetahuan, pengalaman yang saya sudah tahu. Di satu sisi pak haji pur punya kelebihan di penguasaan produk dan marketing ala jalanan (Street Marketing), sementara saya paling senang untuk buat sistem operating ala mcdonald, ala starbuck, ala amazon atau ala walmart.

Saya seringkali salut dengan ide-ide marketing jalanan yang pak haji pur berikan, salahsatunya saja ini: kirim SMS ke penyiar-penyiar radio, yang isinya kirim-kirim salam dengan tidak lupa dengan sebutkan nama warung bashonya, haha (aya-aya wae).

Namun ada benarnya, cara jalanan seperti ini, disamping murah meriah, hanya modal SMS, promo semacam ini tanpa di 'sadari' sendiri oleh calon customer, bisa lebih 'mengena' dibanding dengan promo konvensional berbiaya besar.

Menarik juga untuk terapkan "marketing ala jalanan" -nya pak haji pur ini di cikalmart.com, tunggu tanggal mainnya rilis hari minggu besok 23 maret di cikalmart.com/Busana.htm, mumpung lagi banyak libur, bisa dipakai mulai dari foto-foto jilbab keluaran baru (jilbab evi tamala, jilbab motif, jilbab kaos , jilbab robbani) sampai dengan setting baru website untuk kemudahan para pelanggan diseantero indonesia dalam memilih produk, kemudahan & kecepatan pemesanan, sampai dengan kelengkapan produk & stock.

Ini masih dilengkapi dengan sinergi dengan divisi lain di cikalmart.com, yakni divisi pulsa elektrik. Khusus paket promo di cikalmart.com/Pemesanan.htm mitra bisa otomatis terdaftar sebagai agen pulsa elektrik. Enak bukan? ada sampingan lain, paling tidak bisa beli pulsa lebih murah di cikalmart.com/hargadeposit.htm


Ternyata enak loh bersinergi itu, tidak capek energi, waktu, modal untuk mengalami sendiri. Mau?
mau, mau, mau.


Wassalam,ardi.
cikalmart.blogspot.com

Dapatkan Info Usaha, Peluang Usaha, Ide Usaha, Inspirasi Usaha, Profil Pengusaha di cikalmart@yahoogroups.com
Jilbab muslim, Kerudung Muslim, Busana Muslim di www.cikalmart.com/Busana.htm
Agen Pulsa Elektrik, Voucher Elektrik, Voucher M-Kios, Deposit Voucher Elektrik di www.cikalmart.com/Deposit.htm

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home